Pilih Kategori Artikel

Pilihan Lokasi yang Bisa Menjadi Venue Pernikahan dan Tips Memilihnya
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Venue memiliki pengertian sebagai tempat kejadian. Sedangkan pengertian venue pernikahan adalah tempat untuk menyelenggarakan suatu gelaran pernikahan. Sebelum kamu memilih venue pernikahan, ada baiknya kamu tau apa itu venue pernikahan dan dimana saja kamu bisa menyelenggerakannya.

Venue pernikahan ini perlu dipikirkan jauh-jauh hari karena akan dipergunakan untuk berkumpulnya tamu. Terutama jika pernikahan diselenggarakan di tanggal unik dan hari libur panjang.  Ada beberapa pilihan tempat dan tips yang tepat dalam memilih venue pernikahan.

  • Halaman Rumah

Kamu memiliki rumah yang cukup besar atau halaman yang cukup besar? Kamu bisa menggunakan halaman tersebut untuk mengadakan pernikahan. Jadi kamu bisa mengalokasikan budget yang awalnya digunakan untuk sewa venue ke keperluan lain, misalnya makanan.

  • Hotel

Saat ini sudah banyak hotel yang tidak hanya menyediakan tempat untuk pernikahan namun juga paketnya. Misalnya catering, hiburan, dekorasi bahkan makeup. Jadi, jika kamu ingin yang lebih murah, kamu bisa memilih paket yang diselenggarakan di hotel.

  • Gedung

Gedung menjadi lokasi yang paling banyak dipilih untuk menikah. Jika dilihat harganya, sewa gedung pernikahan lebih murah dibandingkan hotel dan bisa menampung jumlah yang cukup banyak.

Umumnya, sewa gedung memiliki waktu yang tidak fleksibel. Jadi, kamu harus mempertimbangkan berapa lama resepsi akan diselenggarakan. Bisa jadi, pernikahan impian batal terjadi.

  • Taman dan Pantai

Taman ataupun pantai dapat menjadi tempat pernikahan di luar ruangan yang bisa kamu pertimbangkan. Keuntungannya, kamu tidak perlu banyak dekorasi dan menggunakan lampu untuk pencahayaannya. Namun, kamu harus mempertimbangkan cuaca dan anginnya, terutama di pantai.

Harga sewa  tempat berbeda-beda, tergantung apakah tempat tersebut memang dikelola oleh pihak resmi, misalnya hotel, ataupun tidak. Jadi, sewanya bisa lebih murah ataupun lebih mahal daripada sewa gedung.

  • Restoran atau Kafe

Resepsi pernikahan yang diselenggarakan di kafe dan restoran biasanya untuk undangan khusus. Jika dibandingkan berdasarkan harganya, budget yang harus kamu persiapkan akan jauh lebih murah. Namun, tamu undangan juga bisa sangat terbatas, misalnya hanya keluarga besar dan teman dekat.

Selain itu, restoran dan kafe biasanya memiliki paket pernikahan atau makanan yang bisa kamu pilih sesuai selera. Jika kamu memilih restoran atau kafe, pertimbangkan interior, kapasitas dan makananya ya agar kamu tidak perlu bingung lagi tentang makanan yang disajikan.

Tips Memilih Venue Pernikahan

wm_article_img
Foto: Bali Moon Wedding

Banyaknya tempat yang bisa menjadi venue resepsi pernikahan, bisa membuat kamu bingung. Daripada bingung, ada tips memilih venue pernikahan yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Konsep dan Budget

Sebelum memilih venue pernikahan, tentukan dahulu konsep dan budget yang dimiliki. Karena masing-masing konsep memiliki budget yang berbeda. Misalnya kamu memilih menggunakan konsep rustic, lokasi semi outdoor dan outdoor bisa menjadi pilihan utama. Namun, budget sewa venue pernikahan rustic lebih mahal karena umumnya menggunakan dekorasi bunga asli.

Jika dibandingkan, pada dasarnya ada 2 jenis tempat untuk resepsi pernikahan yaitu:

  • Indoor

Ruangan indoor dapat dipergunakan untuk menampung banyak tamu, riasan lebih lama, pencahayaan yang bisa diatur. Namun, kamu perlu memikirkan dekorasi agar tidak terlalu monoton dan bisa sirkulasi udara kurang baik, akan membuat tamu kegerahan.

  • Outdoor

Venue outdoor memungkinkan kamu menggelar pesta pernikahan dengan konsep informal dengan tamu lebih sedikit. Namun, kamu harus mempertimbangkan tentang cuaca sehingga perlu tenda agar riasan tidak cepat luntur dan tamu tidak kehujanan/kepanasan.

Perbandingan tersebut dapat membantu kamu memikirkan konsepnya seperti apa. Jika ternyata budget mepet, kamu bisa memilih venue yang lebih kecil.

Dengan mengetahui berapa budget dan konsep pernikahan yang akan digelar tersebut, kamu bisa lebih mudah menentukan list venue yang tepat. Jadi, kamu tidak perlu lagi pergi ke tempat lain yang tidak sesuai budget dan konsep yang dibuat.

2. Lokasi Venue dan Arus Lalu Lintas

Pilih lokasi yang strategis sehingga dapat diakses oleh tamu undangan. Jikapun lokasi resepsi pernikahan cukup jauh, maka perkirakan waktu perjalanannya. Dengan begitu, resiko tamu datang telat ke tempat pernikahan kamu juga semakin kecil.

Ketika memilih lokasi, kamu juga harus mempertimbangkan arus lalu lintas di sekitar venue. Misalnya apakah sering macet atau tidak dan akses jalannya sempit atau lebar.

Jangan sampai kamu sendiri terjebak kemacetan saat akan ke venue atau karena pernikahan kamu, terjadi kemacetan yang panjang. Jikapun lokasi yang kamu pilih cukup rawan terjadi kemacetan, kamu bisa mempertimbangkan jalur alternatif.

Jalur alternatif tersebut bisa diinformasikan di undangan. Jadi, dengan adanya jalur tersebut selain bisa membantu mengurangi kemacetan di jalan utama, juga akan membantu tamu agar tidak terjebak macet.

3. Fasilitas Venue Pernikahan

Pertimbangkan fasilitas apa yang ada di venue pernikahan tersebut. Beberapa fasilitas venue pernikahan yang wajib kamu cek adalah parkir dan kamar mandi. Parkir yang luas akan membuat tamu lebih leluasa saat memarkirkan kendaraan sehingga tidak perlu berdesak-desakan ataupun berebut. Sedangkan kamar mandi yang bersih akan membuat tamu nyaman saat menggunakannya.

Bisa saja di website ataupun di internet fasilitas tersebut disediakan dan bisa menampung 50 mobil. Namun, saat dicek sendiri, kondisi kamar mandi kotor dan parkiran hanya muat 30 mobil. Jadi, daripada kamu kecewa saat hari H, sebelum memutuskan menggunakan venue, sebaiknya kamu cek sendiri secara langsung.  

4. Paket Venue

Ada beberapa venue untuk pernikahan yang menyediakan paket tertentu. Misalnya paket catering dan dekorasi. Jika menyertakan paket, ada baiknya jika kamu cek. Misalnya, apakah makanannya enak atau tidak.

Jika kamu menganggap makanan tersebut enak atau dekorasinya bagus, dengan harga yang lebih murah, kamu bisa memilihnya. Namun, jika ternyata kamu menyukai makanan dari vendor lain, lebih baik memilih vendor yang lainnya.

5. Cek Tanggal

Pertimbangkan tanggal resepsi pernikahan kamu. Untuk tanggal unik, biasanya venue pernikahan akan full. Bahkan kamu harus memesan venue tersebut jauh-jauh hari sebelum pernikahan kamu terlaksana.

Tanggal juga akan berpengaruh dengan harga sewa venue. Jadi, tanyakan ke pihak penyedia venue mengenai perbandingan harga, termasuk harga saat ini dan harga mendatang, misalnya tahun mendatang. Ini karena harga sewa venue bisa berubah kapan saja.

6. Jumlah Tamu

Pertimbangkan berapa jumlah undangan. Tempat yang terlalu sempit untuk tamu yang banyak akan menyebabkan tamu menjadi kurang nyaman. Sedangkan tempat yang terlalu besar akan menyebabkan resepsi menjadi kurang terasa intim dan budget juga membesar

Tanyakan ke pihak penyewaan venue, berapa kapasitas venue pernikahan tersebut. Dengan begitu perlengkapan seperti meja, kursi bahkan kipas angin/AC dan lampu dapat disesuaikan.

Setelah mengetahui apa itu venue pernikahan dan tips memilih venue pernikahan yang tepat. Apakah kamu ingin langsung menemukan venue pernikahan yang cocok untuk kamu? Yuk temukan venue yang tepat dan profesional di Wedding Market, klik disini: Direktori Venue Pernikahan Wedding Market

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...