Pilih Kategori Artikel

Tips Menciptakan Dekorasi Pernikahan Hemat Budget
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Menggelar acara pesta pernikahan dan menggunakan dekorasi yang indah merupakan hal yang sangat penting bagi sebagian orang, tetapi kamu tidak perlu banyak menghabiskan dana yang terlalu banyak. Namun, bagaimana kalau memiliki dana terbatas? Kamu bisa melakukan dekorasi pernikahan hemat budget, kok!

Bijaklah dalam mengelola keuangan, terutama jika kamu dan pasanganmu memiliki dana yang sangat terbatas. Alangkah baiknya kamu harus mendahulukan kebutuhan yang sifatnya untuk jangka panjang bagi masa depan rumah tangga kamu dan pasanganmu.

Dari sekian banyak detail dalam acara pesta pernikahan, dekorasi memang menjadi salah satu elemen yang tak luput dari perhatian bahkan sangat penting sekali. Dekorasi pernikahan yang cantik dan indah tidak hanya di desain untuk terlihat menarik secara visual saja, akan tetapi juga bisa menciptakan kenangan yang sangat indah dan manis dalam momen istimewa kamu dan pasanganmu.

Nah, bagaimana cara membuat dekorasi pernikahan hemat budget supaya kamu bisa menyisihkan sisa dananya untuk keperluan yang lain?

Pertimbangan dalam Menciptakan Dekorasi Pernikahan

wm_article_img
Foto: WedPew

Mengetahui Elemen yang Dibutuhkan untuk Dekorasi Pernikahan

Perlu kamu ketahui elemen untuk dekorasi pernikahan yang paling penting dan wajib ada dalam setiap acara pesta pernikahan, salah satunya ialah pelaminan. Semudah atau sesimpel apapun konsep acara pesta pernikahanmu yang ingin diselenggarakan, akan sangat terasa kurang lengkap sekali jika tidak ada pelaminan.

Karena area dari pelaminan itu sendiri yaitu tempat atau spot yang paling penting dan sangat diutamakan sekali untuk dihias dengan beragam aksesoris dan dekorasi yang menarik.

Karena area ini akan menjadi panggung istimewa kamu dan pasanganmu sebagai pengantin yang sedang berbahagia. Dekorasi pelaminan perlu sekali dihias dengan indah agar menjadi daya tarik utama pada acara pesta pernikahanmu nanti.

Tidak hanya itu selain pelaminan, elemen dekorasi pernikahan lainya yaitu area prosesi saat akad nikah atau bisa dibilang pemberkatan pernikahan yang dinilai sangat sakral sekali, sehingga sangat perlu sekali diberi dekorasi agar terlihat lebih menarik saat di dokumentasikan. Sementara itu, area pintu masuk dapat dihiasi juga dengan beberapa foto prewedding kamu dan pasanganmu.

Yang terpenting lagi yaitu rangkaian bunga cantik bisa menjadi salah satu bagian yang terpenting dalam mendekorasi ruangan acara pesta pernikahan agar terkesan lebih romantis. Karena bunga itu sendiri memberikan kesan yang indah dan sangat menyegarkan mata tentunya bagi para tamu undangan yang hadir.

Mempertimbangkan Penggunaan Dekorasi Pernikahan yang Mewah

Alangkah baiknya sebelum menentukan dekorasi pernikahan, kamu dan pasanganmu harus memiliki konsep atau tema pernikahan yang kamu inginkan. Karena konsep pernikahan akan menjadi ide dasar atau inspirasi dalam menentukan dekorasi pernikahan.

Kamu dan pasanganmu juga harus menyesuaikan pula tema yang kamu inginkan dengan gaya pernikahan yang sudah kamu tentunkan dengan pasanganmu, yaitu mengenai pemilihan gaya tradisional atau internasional.

Dan tidak hanya itu saja menentukan pilihan venue pernikahan atau lokasi tempat pernikahan juga memberikan pengaruh terhadap pilihan dekorasi pernikahan secara keseluruhan. Jika kamu dan pasanganmu berniat menggelar acara resepsi pernikahan di dalam gedung atau ballroom hotel, sangat disarankan sekali jika kamu menggunakan dekorasi pernikahan bergaya sedikit klasik, elegan, atau glamour karena akan memberikan kesan yang megah sesuai dengan tempatnya yang sudah kamu tentukan.

Begitu pun sebaliknya, jika kamu dan pasanganmu lebih memilih membuat acara resepsi pernikahan outdoor dengan gaya konsep pool ataupun garden party, alangkah baiknya jika kamu dan pasanganmu untuk menghindari pemakaian dekorasi pernikahan yang terlalu ramai dan meriah.

Karena dekorasi pernikahan bergaya minimalis, natural, ataupun rustic ini sangat direkomendasikan agar tidak terkesan sangat berlebihan. Pentingnya pemilihan venue atau lokasi tempat pernikahan sangat berpengaruh sekali, pasalnya jika kamu dan pasanganmu menggunakan konsep atau gaya pesta pernikahan yang mewah akan terlalu banyak mengeluarkan dana yang dibutuhkan.

Menentukan Budget Dekorasi Pernikahan          

Ketika kamu dan pasanganmu berencana menggelar sebuah acara pesta pernikahan, tentunya kamu akan disibukan mengenai berapa dana yang dibutuhkan, terutama dalam menentukan desain dari dekorasi pernikahanmu tentunya. Maka dari itu, penting sekali untuk menentukan budget, karena biaya dari dekorasi pernikahan itu tidak sedikit.

1 Kamu dan pasanganmu wajib untuk menghitung estimasi jumlah tamu yang akan kamu undangan dan luas ruangan yang akan digunakan sebagai lokasi acara pesta pernikahan tentunya.

Karena jika semakin banyak tamu yang akan kamu dan pasanganmu undang dan semakin luas ruangannya, maka besar kemungkinan pula biaya yang akan dibutuhkan untuk mendekorasi ruangan tersebut lebih banyak. Jika kamu dan pasanganmu mempunyai budget yang minim atau sekedar untuk berhemat, mintalah pada vendor pernikahanmu untuk memaksimalkan dekorasi pernikahanmu nanti sesuai budget yang kamu punya saja dan tidak berlebihan.

2Usahakan dalam menentukan pemilihan vendor pernikahan yaitu rekan dari tempat kamu dan pasanganmu melaksanakan resepsi pernikahan. Karena biasanya, vendor pernikahan dapat memberikan penewaran yang spesial dan mungkin harga yang lebih murah.

Jika kamu dan pasanganmu memang ingin benar-benar untuk menghemat biaya dekorasi pernikahan, mungkin kamu bisa memilih bahan baku dekorasi pernikahan yang bisa dipakai ulang. Dan sangat disarankan sekali untuk memilih bunga asli usahakan memilih bunga yang lokal dan sedang tumbuh subur supaya lebih mudah untuk di dapatkanya.

Memperkirakan Harga Dekorasi Pernikahan

Khususnya di Indonesia, biasanya kisaran biaya untuk dekorasi pernikahan dimulai dari harga Rp.3.000.000- Rp.10.000.000 itu untuk dekorasi yang minimalis. Dan sementara itu, untuk biaya dekorasi pernikahan yang mewah bisa mencapai puluhan juta Rupiah dan tergantung pada skala acara pesta pernikahanmu.

Karena sebenarnya, tingkat kerumitan serta jumlah dan jenis bahan dekorasi pernikahan yang akan digunakan juga menentukan keseluruhan biaya untuk dekorasi pernikahanmu nantinya.

3 Langkah Menciptakan Dekorasi Pernikahan Hemat Budget

wm_article_img
Foto: The Bridal Box

Pasti kamu dan pasanganmu ingin sekali dekorasi pernikahanya tampak cantik dan bisa menghidupkan suasana pesta pernikahan, kan? Namun, harus perlu kamu ketahui untuk mewujudkan pesta pernikahan dengan dekorasi yang indah dan cantik itu ternyata tidak perlu mengeluarkan atau menghabiskan banyak uang. Lakukan 3 Langkah Berikut!

  • Menentukan venue yang simpel

Jika kamu dan pasanganmu jika ingin menghemat biaya dekorasi pernikahan, alangkah baiknya jika menentukan venue pernikahan yang tidak membutuhkan banyak dekorasi tambahan. Karena sekarang ini sudah banyak sekali restoran ataupun tempat wisata yang memiliki interior yang cantik dengan tema yang menarik juga.

  • Menggunakan bahan daur ulang

Kamu bisa menggunakan kembali botol kaca kemasan air mineral contohnya sebagai vas bunga untuk menghiasi meja para tamu undangan yang hadir. Cukup tambahkan saja satu bunga ke setiap botol dan kamu akan mendapatkan tampilan yang keren dan minimalis sekali.

  • Menggunakan tempat akad nikah dan resepsi di lokasi yang sama

Mungkin kamu dan pasanganmu bisa mempertimbangkanya kembali untuk mengadakan akad nikah dan resepsi di beda tempat, alangkah baiknya jika kamu ingin menghemat biaya untuk dekorasi pernikahan gunakan tempat yang sama, karena kamu akan menggunakan dekorasi yang sama dapat digunakan untuk akad nikah dan pesta pernikahan.

Semoga referensi di atas bisa membantumu untuk menentukan dekorasi pernikahan hemat budget untuk pesta pernikahanmu nantinya. Semoga bermanfaat ya Ladies!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...