5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggelar Wedding Outdoor

20 Nov 2020 | By Wedding Market | Viewers: 57
5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggelar Wedding Outdoor
Foto: Pexels

Melangsungkan pernikahan dengan konsep impian dan juga di lokasi yang sudah dipilih dengan seksama tentu menjadi sebuah harapan bagi banyak calon mempelai di Indonesia. Dan salah satu konsep pernikahan yang cukup popular adalah Wedding Outdoor. 

Pernikahan outdoor atau konsep diluar ruangan sendiri menjadi favorit lantaran dipercaya dapat menimbulkan suasana yang santai dan lebih intim antara kedua mempelai dengan para tamu undangan. Selain itu, pemilihan lokasi yang bernuansa alami pun kerap menjadi nilai lebih tersendiri bagi pelaksanaan pernikahan dengan konsep yang satu ini. 

Namun, dengan kondisi alam Indonesia yang dikenal memiliki suhu dan cuaca tropis, pernikahan outdoor sendiri seringkali membawa kekhawatiran yang cukup besar bagi para calon mempelai. Nah, agar pernikahan dengan tema diluar ruangan yang kalian susun berjalan dengan baik, perhatikan beberapa hal berikut ini ya dears!

Tips Menggelar Pernikahan Wedding Outdoor

Tips Menggelar Pernikahan Wedding Outdoor
Foto: Pexels

1. Cuaca

Memiliki musim penghujan dan juga panas di Indonesia menjadi polemic tersendiri bagi para calon pengantin yang ingin menggelar perayaan pernikahan dengan konsep outdoor. Oleh karena itu, lebih baik jika kalian menggelar Wedding Outdoor kalian di kisaran bulan Februari – September yang lazimnya menjadi musim panas di Indonesia. 

Meski demikian, sebagai langkah antisipasi, kalian pun dapat mempersiapkan tambahan spot yang beratap apabila terjadi hujan local yang diluar perkiraan ya dears! 

2. Waktu Pelaksanaan

Pemilihan waktu pelaksanaan dari perayaan pernikahan sendiri, harus kalian pastikan ya dears! Hal ini akan berpengaruh terhadap banyak hal, seperti jenis busana yang akan kalian kenakan, hingga besaran biaya listrik tambahan yang harus kalian persiapkan untuk lampu-lampu pendukung acara nantinya. 

Selain itu, perhatikan juga kondisi alam di sekitar lokasi acara pernikahan kalian ya dears, bila kalian melangsungkan pernikahan di sekitar pegunungan, maka akan lebih baik untuk menggelar acara pernikahan kalian di pagi hingga sore hari untuk menghindari curah hujan local ya!

3. Dress Code 

Salah satu keutamaan dari Wedding Outdoor yang dilangsungkan adalah dress code yang terbilang cukup kasual dan santai bagi para tamu undangan. Selain menjaga kenyamanan dari para tamu, pemilihan dress code yang sesuai dengan lokasi acara pun dapat membangun suasana yang lebih hidup dalam acara pernikahan kalian lho, dears!

Selain drees code untuk tamu, pemilihan busana untuk kedua mempelai sendiri merupakan satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan ya! Dengan jenis busana yang seusai, maka nuansa yang diinginkan pun dapat diwujudkan. Madaka dari itu, ketahui model gaun pernikahan outdoor yang cocok denganmu.

4. Alokasi Dana Cadangan

Menyelenggarakan Wedding Outdoor memang dipercaya dapat memangkas beberapa biaya, seperti budget untuk dekorasi yang dapat diminimalisir karena venue diluar ruangan biasanya sudah menawarkan kondisi alam yang cukup indah. Namun, jangan lupa untuk mengalokasikan dana lebih bila kalian memilih lokasi dengan jarak tempuh yang cukup jauh. 

Biaya transportasi tambahan biasanya akan kalian dapatkan apabila menggelar acara dengan jarak tempuh yang cukup jauh, sehingga kemungkinan dibutuhkannya biaya transportasi tambahan untuk tim dekorasi, catering, hingga MUA kalian ya, dears!

5. Dekorasi

Memilih konsep dekorasi pernikahan, harus kalian landaskan pada kondisi venue pernikahan yang telah kalian pilih. Selain itu, hindari penggunaan ornament berlebihan di lokasi wedding outdoor kalian, hal ini dimaksudkan agar keindahan alami dari lokasi yang telah kalian pilih tetap dapat dinikmati secara maksimal ya. Sebagai bagian dari dekorasi, kamu pun harus memerhatikan background foto wedding outdoor untuk pernikahanmu.

Selain itu, pemilihan dekorasi yang sesuai dan tidak berlebihan pun dapat menjadi satu siasat untuk kalian dalam meminimalisir budget, bukan? 

Nah, dengan artikel ini, apakah kalian masih khawatir untuk menggelar Wedding Outdoor dears? Untuk kamu yang berada di Surabaya, ketahui juga nih rekomendasi tempat wedding outdoor di Surabaya yang menghemat biaya pernikahanmu.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket