Pilih Kategori Artikel

Buat Venue Pernikahan Elegan dengan Dekorasi Andalan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Venue pernikahan merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan, sebab ia menjadi tempat untuk melangsungkan resepsi dan pesta pernikahan. Untuk kamu yang ingin melangsungkan konsep pernikahan yang menarik, berikut merupakan ide dekorasi venue pernikahan elegan yang bisa kamu pertimbangkan.  

Biasanya venue yang elegan menawarkan dekorasi yang tidak hanya mewah, namun juga memberikan kesan yang menarik namun tidak berlebihan. Kamu bisa melakukan pernikahan di beberapa gedung di bawah ini karena fasilitas dan tampilannya yang tidak bisa kamu temukan di tempat lain. Namun jangan lupa menyesuaikannya dengan budget yang dimiliki, sehingga kamu tidak kesusahan nantinya. 

Agar hasilnya makin maksimal, kamu bisa berdiskusi dengan pihak vendor untuk membuat tampilan venue menjadi makin cantik. Perbanyak inspirasi dengan melakukan pencarian berbagai gambar yang ada di internet, kemudian mengaplikasikannya di venue yang sudah kamu sewa sebelumnya. Jangan lupa sesuaikan dengan konsep pernikahan yang kamu miliki, sehingga tampilan venue makin pas dengan dekorasi pernikahan elegan yang kamu siapkan. 

Berikut ini merupakan rekomendasi ide untuk venue pernikahan elegan yang mungkin cocok dengan seleramu. Pastikan fasilitas yang disediakan lengkap dan menunjang pesta pernikahan yang hendak kamu langsungkan. 

Ide Dekorasi Venue Pernikahan Elegan dengan Harga Terjangkau

wm_article_img
Foto: F29 Studio

1. Venue Pernikahan Dekorasi ala Jepang

wm_article_img
Foto: L'Atelier Lumiere

Rekomendasi yang pertama adalah konsep pernikahan dengan venue yang mengadaptasi pernikahan yang diselenggarakan di Jepang. Umumnya pernikahan dengan konsep ini identik dengan bunga sakura yang berwarna putih dan merah muda. Sehingga memberikan kesan yang romantis dan manis ketika proses dokumentasi dilakukan. 

Agar memberikan kesan yang makin menarik, kamu bisa mengkombinasikan warna pink pada venue pernikahan yang hendak digunakan. Jika vendor pernikahan kamu memiliki bunga sakura palsu, kamu bisa menempatkannya di tempat duduk para tamu, di jalan menuju tempat pelaminan, dan di dekat dekorasi yang sekiranya dibutuhkan. 

2. Venue Pernikahan Dekorasi Adat Pernikahan Bali

wm_article_img
Foto: balidecorrental

Adat pernikahan yang ada di Indonesia ternyata juga memberikan pemandangan yang elegan dan menarik, salah satunya merupakan pernikahan dari pulau dewata atau Bali. Tema pernikahan di Bali umumnya tidak jauh dari penggunaan hiasan dan dekorasi yang berasal dari alam, seperti daun, pohon, bunga, serta motif kain floral. 

Venue pernikahan elegan akan semakin menarik jika kamu atau pasanganmu berasal dari suku Bali, sehingga setiap tradisi pernikahan dapat dilangsungkan sesuai dengan tradisi adat yang berlaku. Penggunaan kain hitam dan putih juga bisa digunakan sebagai hiasan yang akan membuat kamu dan pesta pernikahanmu menjadi semakin elegan. 

3. Venue Pernikahan Dekorasi dengan Tema Shabby Chic 

wm_article_img
Foto: Shabby Chic Barn

Shabby chic merupakan perpaduan venue pernikahan dengan warna pastel dan lembut, warna ini juga mudah untuk dikombinasikan dan sempat booming beberapa tahun terakhir. Untuk kamu yang menyukai venue pernikahan dengan sisi feminim dan elegan, menggunakan dekorasi dengan tema ini bisa kamu pertimbangkan. 

Warna pastel yang bisa kamu pakai antara lain warna krem, pink, putih, ataupun coklat lembut. Dengan perpaduan warna yang tepat, kamu bisa mendapatkan dekorasi pernikahan simple dan elegan. Kamu juga bisa menambahkan berbagai dekorasi pendukung agar tampilan venue makin menarik, diantaranya adalah bunga, kain dengan warna serupa, balon, hingga pernak-pernik kecil di meja tamu undangan. 

4. Desain Venue dengan Rustic Style

wm_article_img
Foto: Shea Chistine Photography

Jika dikombinasikan dengan tepat, kamu bisa mendapatkan gaya yang elegan dengan perpaduan yang cantik. Gaya rustic biasanya identik dengan gaya yang natural, minimalis, namun terlihat berseni dan artistik. Sentuhan modern juga bisa ditemukan dalam gaya rustik, sehingga memberikan konsep yang menarik dan berbeda dari yang lain. 

Untuk menampilkan kesan rustik dalam venue pernikahan elegan, kamu bisa menggunakan beberapa dekorasi berikut ini, diantaranya batu, kayu, daun dengan warna hijau dan coklat, warna besi yang sudah berkarat, serta berbagai terakota. Gaya rustik juga cocok untuk kamu yang hendak melangsungkan pesta pernikahan secara outdoor, sebab memberikan kesan yang formal namun tetap santai. 

5. Dekorasi Venue Berkonsep Garden Party 

wm_article_img
Foto: Shabby Chic Barn

Garden party merupakan dekorasi yang bisa kamu coba jika hendak melangsungkan pesta pernikahan di luar ruangan. Tema ini tidak membutuhkan banyak dekorasi, sebab ia lebih difokuskan dalam penonjolan nuansa alam dalam konsepnya. Venue pernikahan yang akan kamu gunakan juga harus memberikan kesan alami dan natural, sehingga berkaitan dengan konsep pernikahan yang digunakan. 

Venue ini memiliki warna kombinasi yang beragam, namun umumnya warna yang dipakai tidak terlalu jauh berbeda dengan warna alam. Kombinasi hijau putih merupakan warna yang sering dipakai, sebab warna tersebut melambangkan kesucian dan memberikan kesan yang fresh dan elegan. Kamu bisa menggunakan berbagai dekorasi bunga, daun, lentera, hingga lampu yang estetik. 

6. Dekorasi Venue Mewah 

wm_article_img
Foto: kehoedesigns

Venue pernikahan elegan juga identik dengan venue yang mewah, ini karena venue tersebut dipersiapkan sedemikian rupa, sehingga memberikan tampilan yang terlihat indah. Kamu yang ingin menampilkan venue mewah sebaiknya memesan gedung yang memberikan layanan dan fasilitas yang lengkap, dari listrik yang mumpuni dan vendor yang profesional. 

Jika kamu tertarik untuk menggunakan vendor yang kamu pesan sendiri, sebaiknya komunikasikan dengan pengelola gedung. Sebab mereka biasanya memiliki vendor langganan untuk menghias ruangan dan venue pernikahan. Dikhawatirkan paket yang kamu pilih untuk penyewaan sudah termasuk dalam paket dekorasi dan katering. 

Tips Menemukan Venue Pernikahan yang Tepat

Jika kamu hendak melangsungkan pesta pernikahan namun masih mencari venue yang tepat, maka tips memilih venue pernikahan ini bisa kamu terapkan. Apalagi jika venue tersebut dikhususkan untuk bentuk yang elegan dan menarik, berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa kamu simak. 

  • Tempat yang Mudah Dijangkau

Sebaiknya pilih tempat yang dapat kamu jangkau dengan mudah selama berlangsungnya pesta pernikahan. Ini akan mengurangi biaya transportasi yang nantinya perlu dikeluarkan untuk membawa dekorasi, catering, serta pihak keluarga mempelai. Jika jaraknya terlalu jauh dari tempat tinggal, ada baiknya menginap di hotel atau penginapan terdekat. 

  • Pilih Vendor yang Terpercaya

Ketika hendak membuat venue pernikahan elegan, pastikan kamu memilih vendor yang sesuai dengan konsep tema yang sudah kamu rencanakan. Merupakan nilai lebih jika vendor yang kamu pilih memang memiliki keahlian di konsep venue tersebut, sehingga hasilnya lebih memuaskan. Tanyakan mengenai detail kerja, kesepakatan, dan jangan lupa cek portofolio yang mereka miliki. 

  • Budget yang Cukup

Untuk mendapatkan tampilan venue yang elegan, kamu tentunya harus menyiapkan budget yang cukup. Sebab ia menjadi penentu bagaimana dekorasi hendak ditampilkan di pesta pernikahan yang akan kamu gelar. Jika budget yang kamu miliki terbatas, kamu juga perlu mengakalinya dengan menggunakan dekorasi dan vendor yang sesuai. 

Itulah beberapa rekomendasi ide venue pernikahan elegan yang bisa kamu coba, berikut dengan tips bagaimana memilih venue pernikahan yang tepat untuk melangsungkan pesta pernikahan. Jika ada kendala dan masalah, ingat untuk menyelesaikannya dengan kepala dingin bersama keluarga dan vendor pernikahan. 

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...