Pilih Kategori Artikel

Mengenal Veil Pengantin Kristen dan Jenisnya
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Veil merupakan salah satu bagian penting untuk menunjang penampilan seorang pengantin wanita. Penampilan seorang pengantin bisa lebih terlihat anggun terutama pada acara akad nikah ataupun pemberkatan. Veil pengantin Kristen menjadi salah satu aksesoris dan bagian yang yang sering digunakan untuk setiap acara pemberkatan. 

Lain halnya dalam pernikahan agama Islam yang bisa saja tidak menggunakan kain tersebut. Untuk pengantin Kristen penggunaan kain veil ini akan lebih banyak dan sering dipilih dibandingkan pada pernikahan Islam. Kain ini pada dasarnya memang bersifat umum dan merupakan sebuah kain penutup pada bagian kepala menyerupai kerudung. 

Kain tersebut biasanya terbuat dari bahan yang lebih tipis dan transparan yang dipasang menjuntai sebagaimana rambut yang terurai. Warna yang dipilih akan mengikuti warna yang digunakan pada pakaian yang dikenakan oleh pengantin wanita. Biasanya kain ini akan menambah aura yang lebih menarik terutama pada acara pemberkatan. 

5 Bahan dan Jenis Veil Pengantin Kristen

Kain veil pengantin Kristen sering menjadi ciri khas yang melekat pada seorang pengantin yang akan melakukan pemberkatan. Umumnya hal tersebut diadaptasi dari pernikahan ala Barat dan sudah menjadi satu kesatuan dengan gaun pengantin. Warna yang digunakan biasanya selalu warna putih kompak dengan gaun yang dikenakan.

Banyak yang tidak mengetahui bahwa veil pengantin memiliki beberapa jenis. Mereka hanya mengetahui bahwa semua kain yang disematkan pada bagian kepala pengantin wanita dinamakan Veil. Namun sebenarnya masing-masing memiliki nama dan jenis sesuai dengan cara pemakaian serta bentuknya. 

1. Flyaway

wm_article_img
Foto: Yuri C on Etsy

Jenis yang bertema ini cocok untukmu yang sederhana dan menyukai situasi pernikahan yang cukup santai. Model ini bersifat lembut dan terbuat dari material yang cukup tipis dengan panjang hingga sebatas bahu. Selain itu, ada pula yang modelnya dibuat jatuh tepat di belakang kepala. 

Model dan bahan veil pengantin seperti ini sangat cocok dengan gaun pendek ataupun panjang namun tertutup. Jika kamu menggunakan gaun untuk pemberkatan tanpa ekor maka penggunaan veil seperti ini akan sangat cocok. Meskipun kamu berambut pendek kain ini tetap bisa dipasang di atas kepala dengan rambut pendekmu dibiarkan terurai. 

Dengan menggunakan veil pengantin Kristen seperti ini kamu bisa terlihat sangat mengagumkan karena tampil sederhana serta elegan. Jika kamu melakukan pemberkatan atau pernikahan dengan konsep yang sederhana dan hanya melibatkan sedikit orang penggunaan kain seperti ini akan sangat cocok. 

2. Birdcage Veil


wm_article_img
Foto: Tania Maras

Kain ini memiliki tampilan seperti sangkar burung sehingga namanya pun diambil dari bahasa Inggris birdcage yang berarti sangkar burung. Kain ini akan menutupi wajah sehingga pada saat acara pemberkatan sudah selesai penutup wajah tersebut akan dibuka oleh pasanganmu. Ada pula kain yang hanya menutupi sebatas mata ataupun hidung saja. 

Hal tersebut bisa disesuaikan dengan keinginan atau tradisi setempat. Model seperti ini tergolong ke dalam potongan yang cukup jadul atau vintage karena terinspirasi pada pernikahan di tahun 50-an. Model kain seperti ini sangat cocok dengan gaun lengan panjang yang ditambahkan beberapa helai bulu atau bros vintage sebagai aksennya. 

Untuk bisa menggunakan kain veil pengantin Kristen ini kamu sangat disarankan untuk tidak menggunakan bulu mata palsu pada riasanmu. Hal ini dikarenakan kain tersebut akan menutupi area mata sehingga kamu akan kesulitan saat berkedip. Terlebih nantinya riasan pada area matamu bisa saja menjadi rusak akibat terlalu sering terkena dengan kain ini. 

3. Fingertip

wm_article_img
Foto: eBay

Jenis kain veil berikutnya ini sangat terlihat anggun dan pernah digunakan oleh menantu kerajaan Inggris yaitu Kate Middleton. Kain ini memiliki ciri khas dengan ukuran yang sedang dengan panjang hanya sampai ujung jari. Itulah mengapa kain ini dinamakan fingertip karena ukurannya memang sampai sebatas jari. 

Untuk bagian lainnya akan dipasang hingga mengelilingi kepala dan menutupi area bahu. Jenis kain ini pada awalnya digunakan pada tahun 40 hingga 50-an dan kemudian dipopulerkan kembali pada tahun 2011. Untuk jenis kain ini kamu sangat disarankan untuk memilih gaun yang panjang. 

Sayangnya jika kamu memiliki tubuh yang meninggal maka hindari menggunakan jenis kain ini karena hanya akan membuatmu terlihat lebih pendek dan tenggelam. Selain itu, sebaiknya kamu tidak disarankan menggunakan jenis kain veil pengantin Kristen ini jika melangsungkan acara pernikahan di malam hari. 

Biasanya pada acara pernikahan di malam hari dengan gaya Barat sering dilengkapi dengan acara berdansa. Penggunaan veil ini akan sangat mengganggu dan membuatmu tidak nyaman saat ingin berdansa dengan pasanganmu. Jika akan melangsungkan acara pada malam hari maka kain tersebut bisa digunakan untuk acara pemberkatan di siang hari saja. 

4. Elbow

wm_article_img
Foto: KCBridalBoutique on Etsy

Veil pengantin Kristen berikutnya yang cukup sering digunakan ialah jenis Elbow. ciri khas pada jenis kain ini ialah ukurannya yang cukup sedang yang dilengkapi dengan beli pakaian kerudung yang sedikit melewati bahu. Nantinya kain tersebut juga akan menutupi sepanjang lengan bagian atas. 

Bagian terpanjangnya berada pada bagian atas siku. pada tahun 50-an kain seperti ini sering menjadi favorit dan digunakan pada saat itu. Penggunaannya akan membuat penampilan menjadi terlihat lebih kasual karena ukurannya yang pendek. Dengan begitu kamu bisa merasa lebih praktis namun tidak menghilangkan kesan anggun. 

Jika kamu ingin menggunakan jenis kain ini gaun yang sangat santai dan tidak terlalu panjang. Jangan sampai kamu memilih gaun yang mempunyai ekor yang cukup panjang karena tidak begitu cocok dengan penggunaan jenis kain ini. Model rambut yang akan dipilih harus menyesuaikan dengan veil ini sehingga bisa nampak lebih serasi. 

5. Cathedral Veil

wm_article_img
Foto: Wish

Jenis kain veil pengantin Kristen berikutnya yang akan membuatnya tampil sangat berbeda yaitu cathedral veil. Ukurannya sangat panjang dan terlihat formal dibandingkan dengan jenis kain lainnya. Kain ini juga terlihat begitu dramatis karena akan membuat penampilan seorang pengantin wanita menjadi lebih menarik. 

Dengan menggunakan kain ini kamu akan terbawa oleh tampilan visual yang sangat indah dan sangat cantik. Menariknya panjang kain ini bisa mencapai 5 meter sehingga kamu harus berhati-hati saat melangkah jika menggunakan kain veil ini.

Jenis ini juga cocok untuk digunakan sebagai veil pengantin muslimah. Kamu membutuhkan pengiring pengantin untuk memegang gaun serta kain tersebut agar tidak cepat rusak dan terinjak. 

Kamu akan tampil sangat mengagumkan pada saat acara pemberkatan dengan menggunakan kain veil pengantin Kristen yang sangat panjang ini. Untuk kebutuhan dokumentasi pun hasilnya akan sangat menarik dan anggun. Sebaiknya kamu gunakan gaun yang berukuran panjang sehingga sangat cocok dan seimbang dengan menggunakan kain veil ini. 

Beberapa tipe gaun seperti gaun terompet, mermaid serta ball gown yang terbuat dari material yang halus bisa kamu pilih jika ingin menggunakan kain veil seperti ini. Hasilnya akan membuatnya tampil lebih maksimal dan memberikan kesan yang tak terlupakan untuk acara pernikahan. 

Itulah beberapa jenis kain veil pengantin Kristen beserta penjelasannya. Pastikan kamu menyesuaikan dengan jenis riasan serta gaun yang akan dikenakan agar bisa membuatmu tampil lebih maksimal. Selain itu, material yang dipilih harus tepat agar hasilnya bisa lebih sesuai dan menambah aura kecantikanmu. 

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...