Pilih Kategori Artikel

7 Hal Yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Fotografer Pernikahan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Memilih fotografer pernikahan dinilai cukup penting dalam acara pernikahan. Hal ini karena sang fotografer ikut andil dalam mengabadikan setiap momen berharga yang hanya terjadi sekali dalam seumur hidup ini. Tentu kamu tidak ingin menyia-nyiakannya, bukan?

Kamu dan pasangan yang sedang berbahagia menikmati acara pernikahan tentunya tidak ingin kecewa dengan kinerja fotografer pernikahan yang kamu pilih. Padahal kamu sudah yakin dan percaya diri bahwa semua susunan acara pernikahan yang kamu jalani bersama keluarga telah diabadikan dalam kolase foto yang indah dan menakjubkan. 

Banyak sekali fotografer yang menawarkan jasa pemotretan untuk acara pernikahan. Mulai dari prewedding, sesi lamaran, akad nikah, hingga resepsi pernikahan. Memilih jasa fotografer pernikahan tidak bisa asal pilih hanya karena foto yang mereka hasilkan menarik perhatian kamu. Ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan dalam memilih fotografer pernikahan.

Hal tersebut berguna untuk mengantisipasi hal-hal diluar ekspektasi kamu seperti hasil foto yang terlalu buram atau gelap, kinerja yang lambat, sampai dengan penyerahan hasil foto yang molor terlalu lama. Kamu dan pasangan pasti tidak ingin hal tersebut terjadi dalam pernikahanmu nanti. Berikut ini kami akan menjabarkan 7 hal yang harus diperhatikan dalam memilih fotografer pernikahan.

7 Tips Memilih Fotografer Pernikahan

wm_article_img

  1. Batas budget

Menentukan batas budget untuk mendokumentasikan foto adalah hal yang paling utama. Hal ini karena masih banyak sekali item pernikahan lainnya yang harus kamu pikirkan pula anggarannya, seperti sewa gedung, katering, make up, hingga dekorasi pernikahan. Menyiapkan anggaran untuk membayar jasa fotografer pernikahan tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Anggaran tersebut harus dibatasi agar tidak berlebihan sehingga terpaksa harus mengambil jatah anggaran item pernikahan yang lain.

Zaman sekarang banyak sekali fotografer yang ditugaskan khusus untuk mendokumentasikan acara pernikahan. Mulai dari personal hingga perusahaan besar yang memiliki banyak kru/tim, semuanya telah disiapkan dengan skill yang mumpuni untuk kamu. Pilihlah fotografer pernikahan yang menyediakan paket dengan harga yang sesuai dengan kantongmu. Dalam hal ini, kamu dan pasangan harus pintar-pintar mencari harga yang pas. Perlu diingat bahwa harga yang murah belum tentu murahan. Masih banyak fotografer pernikahan yang menghasilkan foto-foto indah dengan harga yang masih affordable.

  1. Rekomendasi / testimoni

Bicara tentang pernikahan, tentu kamu punya kerabat dan teman-teman yang lebih dulu menikah sebelum kamu, bukan? Nah, kamu perlu meminta saran mereka dalam menentukan fotografer yang ideal untuk pernikahan kamu. Kamu dan pasangan dapat menggali informasi sebanyak-banyaknya dari mereka tentang daftar fotografer pernikahan terbaik yang ada di kotamu.

Sebagus apapun nama dan reputasi yang dimiliki fotografer pernikahan, pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kualitas foto yang tinggi belum tentu bisa memberikan pelayanan terbaik. Begitu pula dengan harga yang tinggi, belum tentu pula bisa menghasilkan foto dan kinerja yang sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Jika kamu ingin menggunakan jasa fotografer yang sama dengan kerabat/temanmu, kami sarankan untuk menanyakan kelebihan dan kekurangan fotografer tersebut. Biasanya, testimoni seperti ini lebih terpercaya karena mereka mengalami sendiri dalam bekerja sama langsung dengan fotografer yang sudah mereka pilih. Tanyakan pula kepada mereka apakah kira-kira vendor fotografer tersebut dapat memenuhi kebutuhan kamu secara spesifik. 

  1. Hasil foto

Hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan dalam memilih fotografer pernikahan adalah melihat langsung hasil foto yang dihasilkan. Dalam hal ini, kamu dan pasangan dapat mengunjungi portofolio mereka di situs website atau di akun sosial media instagram. Dengan mengunjungi portofolio, kamu dapat mempertimbangkan apakah foto yang mereka hasilkan sesuai dengan selera kamu. Biasanya, setiap fotografer pernikahan memiliki ciri khas keunikan tersendiri dalam foto-foto yang mereka hasilkan.

Lalu, apa saja yang harus diperhatikan untuk menganalisa hasil foto? Pertama, lighting atau pencahayaan. Kamu yang memiliki konsep pernikahan indoor atau di dalam gedung tentu saja harus memperhatikan hal ini, karena sumber cahaya foto yang dihasilkan bukanlah alami dari sinar matahari. Kamu yang memiliki tema adat tradisional atau tema tertentu yang menggunakan warna-warna gelap sebagai dekorasi juga perlu memperhatikan hasil pencahayaan karena dikhawatirkan akan menghasilkan foto yang gelap dan kurang tajam. Hasil foto dengan kualitas rendah tentu saja akan mengacaukan momen pernikahanmu yang sakral.

Selain itu, foto dapat disebut sempurna jika fotografer pernikahan berhasil memfokuskan pada objek tertentu yang menjadi pusat perhatian. Komposisi dan angle yang diambil sangat berperan disini. Misal, gaun busana pernikahan, tangan pasangan yang sudah tersemat cincin kawin, dan sebagainya. Jangan sampai elemen terpenting yang harus muncul pada sebuah foto malah tidak terlihat, tertutupi dengan benda lain, atau buram dan kehilangan detail pesonanya. Kamu yang sudah menyewa gaun pernikahan dengan harga yang cukup tinggi pasti ingin menjadi objek utama dalam foto, bukan?  

  1. Kecakapan khusus fotografer

Mengapa hasil foto setiap fotografer berbeda-beda? Hal ini karena setiap fotografer memiliki skill atau kecakapan khusus yang berbeda dengan yang lainnya. Teknik memegang kamera, kelengkapan peralatan yang digunakan, fitur kamera yang dimiliki, dan kualitas lensa kamera sangat mempengaruhi hasil foto. Namun, hal yang paling penting yang harus dimiliki oleh seorang fotografer pernikahan adalah kecakapan khusus dalam menangkap momen-momen penting dalam pernikahan. Jangan mengira bahwa acara pernikahan hanya tentang foto dengan para tamu undangan saja sambil memasang senyum ke layar kamera. 

Butuh kepekaan yang tajam dalam menilai dan memilah mana momen yang patut diabadikan dalam sebuah foto. Apalagi jika kamu ingin mendokumentasikannya dalam sebuah album besar agar bisa dikenang kembali setelah bertahun-tahun. Momen-momen mengharukan seperti ijab kabul, permintaan restu orang tua, pidato wali pernikahan, iring-iringan pengantin, sampai pelemparan bunga pernikahan tentu wajib diabadikan dalam foto yang indah oleh fotografer. Tentu saja kamu tidak ingin sang fotografer lalai dalam mengabadikan momen-momen tersebut, bukan?

  1. Kinerja kru fotografer

Semua orang pasti ingin setiap susunan acara berjalan sesuai dengan rencana dengan garis batas waktu yang telah ditentukan. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi jika kru fotografer slow response alias lambat dalam menanggapi segala sesuatu ataupun lama dalam bertindak. Untuk mengantisipasi hal ini, kamu bisa melihat testimoni/review dari vendor fotografer yang akan kamu pilih. Jika kamu memilih fotografer pernikahan yang pernah dipakai pula oleh kerabat/teman kamu, maka kamu bisa menanyakan segala keluhan yang mereka alami sewaktu bekerja sama dengan fotografer tersebut. Dengan begitu kamu dapat memilah mana kelemahan yang masih bisa ditolerir dan mana yang tidak bisa kamu terima. Jika ternyata fotografer tersebut memiliki banyak kelemahan, maka jangan sungkan untuk mengganti dengan yang lain. Kamu bisa segera membatalkan kesepakatan dengan fotografer tersebut sebelum segalanya terlambat.

Kinerja yang lambat dan asal-asalan juga akan mempengaruhi hasil foto. Kamu yang telah mengeluarkan anggaran pasti mengharapkan hasil foto yang maksimal. Pastikan bahwa fotografer pernikahan yang kamu pilih memang orang yang profesional, cepat, namun tetap hati-hati dalam bertindak. Kamu dapat menguji mereka dengan memotret objek tertentu dan melihat hasil foto yang telah mereka edit. Dari situlah kamu akan bisa menilai apakah gaya foto yang mereka gunakan sesuai dengan seleramu atau tidak.

  1. Paket yang ditawarkan

Setiap vendor fotografer pernikahan memiliki beragam paket yang menyediakan fasilitas yang berbeda-beda berikut harganya. Pilihlah paket yang sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan anggaran yang kamu miliki. Jangan memaksakan diri untuk memilih paket yang menyediakan fasilitas yang tidak terlalu kamu butuhkan, apalagi yang sifatnya hanya digunakan untuk sementara.

Pada umumnya, fotografer pernikahan menyediakan fasilitas yang meliputi album foto, CD, flashdisk, foto kanvas, termasuk juga dokumentasi prosesi pernikahan dalam bentuk video. Semakin tinggi harga paket yang ditawarkan, maka akan semakin banyak pula item/jumlah anggota kru yang akan kamu dapatkan. Jika kamu menggelar resepsi pernikahan dengan durasi yang cukup lama dan mengundang banyak tamu, maka kamu perlu memesan paket yang memiliki jumlah kru yang cukup. Namun jika kamu mengusung konsep pernikahan intim atau private, kamu hanya cukup menggunakan 1-2 orang kru saja. Kamu juga perlu mempertimbangkan mana item yang kamu butuhkan dan mana yang tidak, sehingga kamu dapat memilih mana paket yang ideal untuk kamu. Kamu dapat mendiskusikannya dengan pasangan perihal tersebut.

  1. Penyerahan hasil

Para fotografer pernikahan yang telah memotret ratusan foto atau bahkan ribuan foto tentu saja memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengolah foto-foto tersebut. Pada umumnya, mereka membutuhkan waktu sekitar 2 minggu hingga 1 bulan untuk menyerahkan hasil foto yang sudah mereka edit. Hasil-hasil foto tersebut akan dicetak ke dalam album, CD, dan disimpan pula dalam bentuk softcopy ke dalam sebuah flashdisk.

Penyerahan hasil yang lewat dari batas yang telah ditentukan pastinya akan mengecewakan kamu, walaupun foto yang dihasilkan sudah dilakukan secara maksimal. Apalagi banyak sekali anggota keluarga yang sudah tidak sabar menanti kedatangan foto-foto pernikahan kamu. Untuk mencegah hal ini, pastikan kamu dan pihak fotografer pernikahan telah menandatangani kesepakatan perjanjian yang membahas tentang hal ini. Jangan segan untuk memberikan konsekuensi kepada mereka yang terlambat memberikan hasil foto terlalu lama. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir dengan hal ini karena kamu telah memegang jaminan kesepakatan. Pastikan pula jasa delivery yang digunakan juga mengantarkan hasil fotomu sesuai dengan perkiraan jumah hari yang kamu harapkan.

Demikian 7 hal yang harus diperhatikan dalam memilih fotografer pernikahan. Pastikan tidak ada satupun dari hal tersebut yang kamu lewatkan, ya. Semoga informasi ini dapat membantu kamu dalam memilih fotografer pernikahan yang kamu dambakan. Semoga lancar menuju hari H pernikahan!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...