Tips Makeup Pengantin Tahan Lama Ini Wajib Kamu Perhatikan

27 Nov 2020 | By Wedding Market | Viewers: 72
Tips Makeup Pengantin Tahan Lama Ini Wajib Kamu Perhatikan
Foto: Pexels

Mengadakan pernikahan dengan busana dan riasan yang paripurna tentu menjadi impian semua wanita. Banyak calon pengantin yang mencari tips makeup pengantin tahan lama untuk memastikan riasan yang digunakan selama acara pernikahan tidak terganggu dan bertahan hingga akhir acara dengan sempurna.

Meski riasan pengantin biasanya disiapkan oleh MUA yang dipilih, namun tentu banyak calon pengantin yang ingin mengetahui cara untuk mempertahankan makeup ini. Bukan hanya para calon pengantin saja, masih banyak juga MUA yang terus belajar agar bisa menemukan trik mempertahankan riasan.

Riasan yang bisa bertahan lama dinilai menjadi salah satu hal yang wajib diwujudkan demi menambah kebahagiaan sang pengantin. Saat riasan pengantin bertahan lebih lama, tentu penampilan dari pengantin juga akan selalu terlihat lebih rapi dan lebih cantik. Lantas apa saja tips makeup pengantin tahan lama yang bisa kamu pelajari sebagai MUA ataupun calon pengantin ? berikut ulasannya.

1. Kondisikan Kulit dari Jauh Hari

Persiapan untuk pernikahan tentu tidak bisa dilaksanakan dalam sekejap mata. Begitu juga dengan mempersiapkan makeup yang tahan lama. Meski ada banyak produk makeup yang dibuat dengan tagline waterproof, namun tentu alangkah lebih sempurnanya jika kulit sang mempelai wanita berada dalam kondisi yang baik selama acara penikahan.

Agar produk makeup bisa bertahan dalam waktu yang lama di permukaan wajah, hal yang bisa dilakukan adalah memastikan kulit wajah dalam kondisi yang sehat. Kamu bisa melakukan perawatan kulit sejak jauh-jauh hari seperti menggunakan masker secara rutin, serta memastikan kulitmu ternutrisi. Kondisi kulit yang sehat akan mempermudah produk makeup bertahan di permukaan kulit.

2. Gunakan Base Makeup yang Tepat

Tips Makeup Pengantin Tahan Lama Ini Wajib Kamu Perhatikan
Foto: womantalk

Sebelum menggunakan produk makeup lainnya, produk makeup yang pertama kali masuk dalam tahapan rias pengantin adalah base makeup. Pemilihan base makeup yang tepat bisa dilakukan dengan menggunakan warna yang sesuai atau serupa dengan warna kulit wajah pengantin wanita.

Hal ini perlu dilakukan agar kulit wajah terlihat lebih matte dan tidak mudah berminyak. Saat kulit tidak mudah berminyak, maka produk makeup akan lebih mudah bertahan dalam permukaan kulit.

3. Gunakan Foundation High SPF

Tips makeup pengantin tahan lama selanjutnya bisa dilakukan dengan menggunakan foundation yang mengandung SPF tinggi. Foundation menjadi salah satu produk makeup yang tidak bisa terlewatkan dalam tahapan riasan pengantin

Penggunaan foundation dengan SPF yang tinggi bisa membuat wajah pengantin wanita lebih terang saat terkena flash kamera. Dengan kata lain, riasan pengantin akan tetap terlihat rapi dalam jepretan kamera meski riasan tersebut sudah digunakan seharian penuh.

4. Lakukan Makeup Trial

Tips Makeup Pengantin Tahan Lama Ini Wajib Kamu Perhatikan
Foto: urbancompany

Sebelum hari pernikahanmu digelar, kamu bisa melakukan salah satu tips makeup pengantin tahan lama yang cukup efektif yaitu dengan melakukan makeup trial. Seperti namanya, makeup trial berguna untuk menentukan look yang cocok dengan wajah pengantin wanita.

Bukan hanya bermanfaat untuk memilih look yang tepat, makeup trial juga sangat tepat digunakan sebagai moment untuk memikirkan trik agar makeup yang digunakan bertahan lama. Saat makeup trial, kamu akan bisa mengetahui jika kulitmu terlalu berminyak yang bisa membuat makeup mudah luntur.

5. Gunakan Riasan dengan Teliti

Sudah menjadi rahasia umum bahwa riasan pengantin biasanya mulai diaplikasikan sejak berjam-jam sebelum acara dimulai. Hal ini dilakukan tidak lain dengan tujuan agar riasan yang digunakan tampil dengan sempurna.

Kamu harus memastikan bahwa riasan pengantin yang digunakan tidak diaplikasikan di waktu yang mepet. Segala tips makeup pengantin tahan lama yang telah dijelaskan sebelumnya akan terasa percuma dilakukan jika kamu merias wajah pengantin dengan terburu-buru. Jika riasan dilakukan dengan terburu-buru, hal ini justru bisa membuat kulit wajah tidak nyaman sehingga berpotensi terjadi kesalahan yang membuat makeup mudah luntur.

6. Selalu Sedia Tisu

Tips Makeup Pengantin Tahan Lama Ini Wajib Kamu Perhatikan
Foto: stayathomemum.com.au

Pada dasarnya setiap persiapan yang dilakukan sebelum pernikahan akan percuma dilakukan jika tidak ada langkah antisipasi yang disiapkan selama acara berlangsung. Selama acara pernikahan mulai dari akad hingga resepsi, hal yang sering memicu lunturnya makeup pengantin adalah suhu yang panas sehingga wajah lebih mudah berkeringat dan membuat riasan luntur.

Untuk menghindari hal ini tips makeup tahan lama yang wajib dilakukan adalah menyediakan tisu di dekat pengantin wanita. Saat pengantin wanita mulai merasa panas dan berkeringat, pengantin wanita bisa menepuk-nepuk wajah menggunakan tisu untuk menghilangkan keringat pada wajah. Namun pastikan untuk tidak terlalu keras saat menepuknya untuk menghindari makeup yang justru luntur karena menempel pada tisu.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat riasan pengantin bertahan lama dan tidak luntur selama acara pernikahan berlangsung. Pada dasarnya daya tahan riasan juga tergantung pada kualitas produk makeup yang digunakan. Namun bukan berarti kamu bisa menyerahkan kualitas riasan pernikahanmu pada produk makeup yang dipilih.

Melaksanakan setiap tips makeup pengantin tahan lama di atas dengan benar bisa menjadi penentu kualitas makeup yang kamu gunakan. Semakin baik persiapan yang dilakukan, maka semakin sempurna riasan yang kamu miliki di hari bahagiamu.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket