Pilih Kategori Artikel

Contoh Rincian Naskah Teks MC Pernikahan Pada Que Card
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

MC atau pembawa acara dalam pernikahan memainkan peran yang sama pentingnya. Pelaksanaan pesta pernikahan dapat berjalan sesuai dengan rincian acara dan menjadikannya momen yang berkesan. Oleh karena itu dibutuhkan teks MC pernikahan terbaik.

Hal ini dikarenakan pada dasarnya dalam sebuah pernikahan seseorang perlu bisa memandu pesta pernikahan yang indah sebelum dapat menciptakan suasana yang rapi, elegan dan dapat menghadirkan nuansa yang berbeda. Contoh naskah berikut ini yang biasa digunakan dalam ususunan acara pernikahan:

1. Pembukaan atau Kata Pengantar

Assalamu'alaikum Wr. Wb di hari yang berbahagia ini tak ada yang bisa kami ucapkan selain puji syukur atas kehadirat Allah SWT. Berkat berkah dan karunia-Nya, kami dapat berkumpul di tempat ini untuk pernikahan (semua calon pengantin) dalam keadaan sehat jasmani dan rohani.

Salam serta shalawat kepada Nabi Muhammad SAW hingga akhir zaman. Para tamu sudah di depan mata, pada kesempatan kali ini kami diundang oleh bapak (orang tua/wali) ke pesta pernikahan putra dan putri (calon suami istri) dan keduanya agar sakina, mawadah dan waromah.

Pada acara kali ini, Saya selaku pembawa acara kiranya perlu untuk membacakan susunan teks MC pernikahan yang terdiri dari:

- Pembukaan MC

- Pembacaan Al-Qur’an

- Sambutan Dari Keluarga Pengantin Wanita

- Penerimaan Keluarga Pengantin Pria

- Ceramah Pernikahan

- Akad Nikah

- Sungkeman

- Foto Bersama

- Doa dan Penutup

Untuk memperlancar jalannya acara marilah kita buka acara ini dengan pembacaan Basmallah dan semoga acara dapat terselenggara dengan baik tanpa hambatan.

2. Pembacaan Al Qur'an

Acara selanjutnya yaitu pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh (...) waktu dan tempat dipersilahkan dan setelah membaca Al-Qur'an, untuk (...) terima kasih banyak. Pahala dan berkah dari Allah SWT bagi pembaca dan para pendengar dan tamu undangan.

3. Sambutan dari Keluarga Pengantin Wanita 

Saat memasuki acara ketiga, penyambutan rumah mempelai wanita di rumah gadis, akan dipandu dengan teks MC pernikahan dan akan melanjutkan acara. Kami mengucapkan terima kasih yang tulus dan tentu saja, jika pasangan berterima kasih kepada keluarga besar, ia dapat dan dapat menerimanya dari lubuk hatinya tanpa ada kelemahan atau kekuatan.

4. Penerimaan Keluarga Pengantin Pria 

Acara selanjutnya adalah pidato dari perwakilan keluarga pengantin pria. Kepada (.....) Tolong berikan pidato. Kemudian setelahnya disambut dan disampaikan oleh MC dengan mengambil alih acara.

Kepada Bapak (....) terima kasih yang sebesar-besarnya, dimana sudah kita saksikan bersama acara serah terima dari kedua keluarga.

Marilah bersama-sama kita iringi doa, semoga kedua semoga terus mendapatkan limpahan rahmat dan berkah dari Allah SWT, sehingga akan membina rumah tangga yang bahagia dunia dan akhirat Aamiin, Aamiin Yaa Robbal Alamin.

5. Ceramah Perkawinan 

Setelah itu untuk teks MC pernikahan berikutnya dengarkan rangkaian penyuluhan perkawinan dari Ustad (sebutkan nama Ustad). Saya harap ceramah dan nasehatnya akan bermanfaat bagi kita semua terutama pengantin baru. Terima kasih banyak atas waktu dan sarannya untuk Ustadz (sebutkan nama Ustadz).

6. Prosesi Akad Nikah 

Para hadirin yang terhormat saatnya untuk mengakhiri acara inti, akad nikah antara anak perempuan (nama pasangan), anak perempuan atau anak laki-laki (nama wali kedua belah pihak). 

Akad nikah ini berupa ikrar dan janji suci yang luar biasa antara wali dari mempelai perempuan dengan mempelai laki-laki. Ikrar untuk hubungan dua insan yang sudah bersepakat hidup bersama dan diresmikan di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dan manusia.

Sehingga langit juga turut bergema dengan malaikat yang turun untuk ikut mendo’akan sepasang insan yang mengucap ijab kabul dengan khidmat. Sebelum itu mari sejenak kita beristighfar bersama kepada Allah SWT.

Dimana mungkin selama melangkahkan kaki ada khilaf dan lupa, Astaghfirullahal’adzim. Lalu selanjutnya dengan mengucapkan hamdalah atas semua nikmat yang telah Allah beri namun kita jarang untuk mensyukurinya, Alhamdulillah.

Hadirin tamu undangan yang berbahagia dengan teks MC pernikahan ini agar prosesi akad nikah dapat berjalan dengan khidmat. Dimana akan sangat bermakna jika berkenan untuk mengkondisikan smartphonenya masing-masing.

Kemudian saat sudah ijab kabul mari bersama mengucapkan “barakallahulaka wabaraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fii khair”. Langsung saja untuk prosesi akad nikah akan langsung dipandu oleh penghulu, Bapak (...) dipersilahkan.

7. Proses Sungkeman

Prosesi akad nikah alhamdulillah berjalan dengan lancar dan khidmat, lalu selanjutnya adalah prosesi sungkeman sebagai tanda ungkapan cinta dari kedua mempelai kepada orangtua.

Namun, karena sungkeman ada yang disampaikan oleh mempelai sendiri dan ada juga yang dipandu langsung dengan menggunakan teks MC pernikahan khusus berupa ungkapan rasa terima kasih kepada kedua orang tua telah menjaga dan merawat sedari kecil.

8. Sesi Foto Bersama

Sebagai rangkaian terakhir pada acara ini, akan diadakan sesi foto bersama dengan setiap anggota keluarga inti maupun tamu undangan yang telah hadir. Dimana kemudian juga nantinya acara akan berhenti sejenak untuk persiapan acara selanjutnya yaitu proses resepsi.

Demikianlah rangkaian acara sakral dan khidmat yang telah berjalan dengan lancar tersebut. Semoga pernikahan ini langgeng sampai akhir hayat dan maut yang memisahkan juga bisa segera diberikan keturunan yang soleh dan solehah oleh Allah SWT.

9. Acara Penutup dan Do'a

Hadirin sekalian sebelum kita tutup acara ini mari bersama dengan khidmat dan penuh rasa syukur berdoa untuk pasangan pengantin agar dapat membina keluarga yang sakinah, mawadah dan warohmah kedepannya dengan tentram dan damai.

Doa ini kemudian akan dipimpin oleh Ustadz (....). Setelah selesai pembacaan doa, berucap Alhamdu lillahi rabbil ‘alamin. Terima kasih Ustadz (...) atas pembacaan doanya. Seluruh rangkaian acara dari teks MC pernikahan yang telah berlangsung dan terselenggara dengan baik juga lancar.

Mari kita tutup acara ini dengan mengucapkan hamdalah dan selaku pembawa acara mohon maaf apabila ada kesalahan yang kurang berkenan untuk semuanya. Dengan keluasan hati dan rasa syukur yang mendalam, Saya akhiri billahi taufiq wal hidayah, Wassalamu’alaikum wr. wb.

Terdapat banyak hal yang memang perlu dipersiapkan saat akan melangsungkan pernikahan. Mulai acara pertunangan berlanjut pada persiapan pernikahan dan penyebaran undangan serta undangan walimatul ursy juga pada persiapan resepsi pernikahan berikut dengan akad nikahnya.

Adapun untuk cara yang paling sakral juga cukup dinantikan yaitu prosesi akad nikah. Waktu mempelai pengantin keduanya akan mengikrarkan janji setia dihadapan penghulu dan para saksi dengan sangat khusyu dan khidmat. Dengan demikian menjadi sangat berkesan untuk seumur hidup mereka akan terkenang dengan baik.

Sekian ulasan mengenai contoh rincian naskah teks MC pernikahan untuk que card acara yang mungkin bisa kamu gunakan. Dengan demikian bisa menjadi referensi dan tambahan wawasan untuk diulik kembali agar bisa digunakan sebaik-baiknya. Sehingga dapat mendukung keberlangsungan acara semakin sukses dan lancar.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...