Pilih Kategori Artikel

Souvenir Pernikahan Tanaman: Souvenir Unik yang Ramah Lingkungan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Souvenir pernikahan merupakan ucapan calon pengantin sebagai tanda berterima kasih sekaligus kenang-kenangan yang diberikan untuk para tamu undangan yang sudah menyempatkan hadir dan memberikan doa restu. Jika kamu termasuk orang yang mencintai lingkungan, kamu bisa memilih souvenir pernikahan tanaman, lho.

Pengantin artis tanah air, Raisa dan Hamish Daud pada pesta pernikahannya memberikan souvenir pernikahan yang unik berupa tanaman kaktus mini. Pada dasarnya, kaktus banyak disebut sebagai perlambang cinta yang kuat dan abadi. 

Namun, bukan hanya kaktus saja yang memiliki makna mendalam untuk kehidupan pasangan pengantin ini. Namun masih banyak lagi jenis tanaman yang bisa dijadikan souvenir unik dan berkesan.

Di bawah ini ada lima souvenir pernikahan tanaman yang termasuk dalam kategori ramah lingkungan, lho. Sudah siap untuk berburu, dears?

1. Bibit Bunga

Souvenir pernikahan tanaman pertama adalah bibit bunga. Memang, bibit bunga ini belum menjadi tanaman seutuhnya. Namanya saja bibit, berarti baru pada tahap awal. 

Pada umumnya, sebuah bunga yang terlihat cantik telah memberikan lambang penuh cinta kasih bagi setiap pasangan yang saling mencintai. Souvenir pernikahan tanaman yang satu ini bisa di tanam di dalam pot pun bisa dijadikan souvenir pernikahan yang berkesan. 

Ketika kamu memilih jenis souvenir pernikahan yang satu ini, bibit bunga yang bisa kamu pilih pun cukup beragam. Seperti misalnya bunga mawar, anggrek, atau euphorbia yang memiliki beberapa varian warna bisa kalian pilih. 

Namun ingat, tanaman bunga yang akan dibagikan sebagai souvenir pernikahan ini diutamakan masih dalam keadaan segar dan tidak layu ya, dears. 

2. Succulent

Inilah souvenir pernikahan tanaman kedua yang bisa kamu jadikan sebagai referensi cinderamata untuk para tamu undangan di pesta pernikahanmu. Yaps, succulent sebenarnya adalah tanaman sejenis kaktus. 

Tanaman yang satu ini juga cukup tahan dengan kondisi tanah kering dan kurang air. Salah satu contoh succulent yang mudah ditemui adalah tanaman cocor bebek. 

Dalam jenis tanaman yang satu ini, memiliki bentuk yang cukup beragam. Tentunya tanaman ini bisa di kemas dan di hias untuk dijadikan souvenir pernikahan tanaman yang cantik nan indah. Seperti halnya kaktus, tanaman succulent ini juga mengandung makna ketangguhan yang dapat digambarkan dalam menjalin sebuah rumah tangga.

3. Sansevieria

Tak sedikit calon pengantin yang menjadikan sansevieria atau lidah mertua sebagai souvenir pernikahan tanaman dalam keadaan masih berupa bibit yang masih kecil. Sansevieria memiliki daun yang berwarna beragam. Mulai dari hijau tua, hijau muda, hijau abu-abu, perak, dan warna kombinasi putih kuning atau hijau kuning. 

Dalam perkembangannya, tanaman yang satu ini bisa tumbuh tinggi, tetapi juga sebagai salah satu penyerap polusi udara, lho.

4. Anthurium

Souvenir pernikahan tanaman yang berikutnya yang dapat dijadikan sebagai inspirasi cinderamata pernikahanmu. Tanaman anthurium dengan bunga dan daun hijaunya yang cantik bisa menjadi favorit untuk dijadikan souvenir pernikahan. 

Tanaman anthurium ini memiliki filosofi sebagai pembawa kejayaan dan keanggunan. Bunga ini juga dijadikan sebagai lambang percintaan kamu dan pasangan yang kokoh dan abadi.

5. Adenium

Inilah referensi souvenir pernikahan tanaman terakhir untukmu. Adenium atau kamboja Jepang juga bisa menjadi pilihan untuk dijadikan souvenir pernikahan. 

Kamu bisa lihat dari warnanya yang cantik dan bentuknya yang bermacam-macam membuat adenium banyak digemari sebagian besar orang, khususnya wanita. Tanaman ini juga bisa dibentuk menjadi bonsai atau tanaman yang dikerdilkan. 

Tanaman yang satu ini memiliki filosofi yang diyakini sebagai keabadian, jadi bunga ini dipercaya akan membawa hoki untuk bahtera pernikahan kalian.

Inilah Kesalahan Memilih Souvenir Pernikahan yang Perlu Dihindari

1. Hindarkan memilih souvenir yang begitu mahal

Inilah kesalahan memilih souvenir pernikahan pertama yang perlu kamu hindari. Dalam memilih souvenir pernikahan, tidak dianjurkan bagi kalian untuk memilih barang dengan kesan yang cantik dan mewah, karena biasanya membutuhkan biaya yang cukup besar. 

Meskipun begitu, kamu juga perlu menghindari memilih souvenir yang murah, tidak berguna, dan mudah dilupakan. Adapula alternatif lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat sendiri souvenir pernikahan, seperti misalnya kue kering dalam toples lucu agar dapat menghemat biaya.

2. Kurangi souvenir yang tidak bermakna

Kebanyakan souvenir pernikahan biasanya hanyalah suatu barang yang terlihat unik. Jika kamu ingin meninggalkan kesan pada tamu undangan, kamu dapat memberikan sesuatu yang berkaitan dengan kisah cinta kalian. 

Seperti misalnya sebuah kantong yang berisi bubuk kopi yang dapat bercerita bahwa anda berdua adalah pecinta kopi. Kopi memang memiliki cerita tersendiri bagi setiap pasangan. Kopi juga dapat memberikan makna bahwa jangan di lihat dari luar, tapi nikmatilah rasa yang akan memberikan sensasi sendiri bagi penikmatnya.

3. Kemasan yang minimalis

Inilah kesalahan memilih souvenir pernikahan yang seringkali kalian alami, kan? Karena terburu-buru dalam menyiapkan souvenir pernikahan, kamu memberikan souvenir dengan bungkus yang ala kadarnya. 

Apakah kamu ingin memberikan sebuah cinderamata pada para tamu undanganmu tanpa pengemasan yang berkualitas dan cantik? Tentu tidak kan, ladies. Untuk mengantisipasi hal tersebut kamu perlu siapkan souvenir pernikahan dengan baik jauh-jauh hari sebelum pesta pernikahan di gelar. 

Souvenir pernikahan yang akan diberikan pada tamu undangan lebih baik di kemas dengan kualitas yang baik serta menarik dengan tujuan agar kamu benar-benar menghargai tamu undangan.

4. Hindari souvenir pernikahan yang tidak efisien

Ketika kalian sudah sepakat untuk membuat souvenir pernikahan sendiri, lebih baik kamu perlu menghindarkan untuk membuat souvenir yang terlalu susah. Membuat souvenir yang terlalu susah dapat menyita banyak waktu kalian sehingga dapat mengganggu persiapan pernikahan.

Ketika lebih memilih untuk membuat souvenir pernikahan sendiri, buatlah yang dapat memberikan kesan yang sederhana namun tetap berkesan.

5. Hindari souvenir yang ambigu

Inilah kesalahan memilih souvenir pernikahan yang seringkali terjadi oleh setiap calon pengantin. Lebih baik kamu menghindari memberikan souvenir pernikahan yang membingungkan tamu undangan. 

Seperti misalnya, jika kamu menjadikan kue kering dalam toples sebagai souvenir pernikahan yang mengandung beberapa bahan yang dapat menimbulkan alergi seperti kacang, sebaiknya kamu menulis label pada toples kue tersebut.

6. Hindari menyediakan stok souvenir pernikahan yang sedikit

Hindari menyiapkan souvenir pernikahan dengan jumlah yang sangat sedikit. Terkadang banyak tamu yang menyatakan tidak dapat datang, tapi tiba-tiba hadir dalam pesta pernikahan kalian. Serta jangan lupa menyisihkan souvenir pernikahan untuk kamu dan pasangan agar dapat mengenang indahnya pesta pernikahan anda.

7. Tidak memberikan kesan yang tepat

Inilah kesalahan memilih souvenir pernikahan yang sering kali terjadi pada calon pengantin. Salah satunya adalah dengan memilih souvenir pernikahan yang mudah dilupakan oleh tamu undangan. Lebih baik kamu memberikan souvenir yang dapat berguna bagi tamu undangan agar mereka dapat menggunakan souvenir dari kalian bukan menumpuknya dalam gudang.

Itulah ulasan mengenai souvenir pernikahan tanaman yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan dengan karakter yang ramah lingkungan. Jangan salah, tanaman hias dan unik seperti ini memiliki fungsi yang baik untuk lingkungan sekitar, lho.


Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...