Inilah Sebenarnya Makna di Balik Seserahan Pernikahan - Wedding Market

Inilah Sebenarnya Makna di Balik Seserahan Pernikahan

21 Jul 2021 | By WeddingMarket | Viewers: 81
Inilah Sebenarnya Makna di Balik Seserahan Pernikahan
Foto: Cepet Nikah

Dalam sebuah acara pernikahan pasti kamu akan menemukan yang namanya seserahan. Seserahan ini seolah-olah sudah menjadi sebuah tradisi yang memang harus diikuti oleh masyarakat saat melakukan pernikahan. Seserahan pernikahan biasanya berisi berbagai hal, khususnya keperluan yang dibutuhkan oleh sang pengantin wanita mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki.

Meskipun sudah menjadi tradisi, tak jarang masih ada saja anak muda yang tidak tahu mengenai seserahan ini. Untuk itu, di bawah ini akan disebutkan beberapa hal mengenai seserahan dalam pernikahan agar kamu bisa tahu lebih dalam mengenai seserahan ini. Adapun penjelasan lebih jelas mengenai seserahan adalah sebagai berikut.

Sejarah Adanya Seserahan

Seperti yang kita ketahui bahwa segala sesuatu pasti ada asal usul atau sejarahnya begitu pula dengan seserahan dalam acara pernikahan. Namun sayangnya hingga kini tidak ada yang tahu pasti mengenai kapan dan siapa yang pertama kali mengadakan seserahan untuk pernikahan ini.

Yang jelas tradisi seserahan ini sudah ada sejak zaman dahulu. Berdasarkan cerita dari mulut ke mulut, seserahan pertama kali dilakukan oleh orang-orang di Suku Bugis saat melangsungkan pernikahan. Sehingga lambat laun tradisi seserahan pernikahan berkembang luas dan dilakukan oleh mayoritas suku di Indonesia salah satunya seperti di daerah Jawa.

Terlepas dari sejarah seserahan di acara pernikahan yang hilang ditelan bumi tersebut. Namun, yang jelas fakta yang ada mengenai seserahan dalam pernikahan ini lebih berupa memberikan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh mempelai wanita seperti perhiasan, pakaian, alat salat, make up dan lain sebagainya.

Terkadang seserahan dalam pernikahan ini juga dijadikan sebagai salah satu persyaratan sehingga menjadi sebuah beban bagi sang mempelai lelaki. 

Jadi, jika melihat fakta yang ada saat ini, maka kamu bisa mengurangi sedikit beban dari calon suamimu dengan tidak mau menuntut hal-hal yang terlalu berat kepadanya agar tujuanmu menikah dengannya lebih lebih mudah.

Temukan Perhiasan dan Barang Seserahan Pernikahan di WeddingMarket



Jenis-Jenis Seserahan Pernikahan

Jenis-Jenis Seserahan Pernikahan

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa seserahan memiliki banyak sekali isi atau jenis-jenisnya. Bisa dikatakan semua kebutuhan mempelai wanita mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki harus diberikan saat seserahan dilangsungkan.

Untuk itu, agar lebih jelas di bawah ini akan disebutkan beberapa jenis seserahan pernikahan yang biasa diberikan oleh pengantin laki-laki.

1. Seperangkat Alat Sholat

Biasanya seperangkat alat salat akan digunakan sebagai mahar pernikahan. Namun, tak jarang seseorang memilih mahar pernikahan selain seperangkat alat sholat, Misalnya menggunakan uang dan lain sebagainya.

Jika pasanganmu juga tidak menggunakan seperangkat alat sholat sebagai mahar maka kamu bisa mendapatkan perangkat alat sholat darinya sebagai salah satu seserahan pernikahan.

2. Cincin Nikah

Cincin nikah bukan hanya digunakan sebagai simbol bahwa seseorang sudah melakukan pernikahan, melainkan cincin nikah juga digunakan sebagai seserahan dalam pernikahan. 

Cincin nikah ini memiliki makna yang sangat dalam bahwa cinta pasangan yang sudah menikah tidak akan putus hingga ajal menjemput. Di Indonesia memberikan cincin nikah di hari pernikahan seolah-olah sudah menjadi tradisi yang wajib dilakukan.

3. Perhiasan

Berbeda dengan cincin nikah perhiasan ini bisa kamu dapatkan dalam bentuk satu paket dari pengantin laki-laki bisa dipastikan bahwa calon suamimu akan memberikan perhiasan yang bagus, mulai dari kalung, anting hingga gelang.

Saat ini perhiasan tidak harus selalu berupa emas, melainkan bisa juga dalam bentuk berlian, permata atau lainnya yang memiliki nilai yang cukup fantastis.

4. Pakaian Lengkap

Seserahan pernikahan selanjutnya yaitu berupa pakaian lengkap seorang wanita, mulai dari pakaian bagian luar hingga pakaian dalam. Jangan lupa sebelum pengantin laki-laki membelikan seperangkat pakaian untukmu, kamu harus memberitahukan tentang ukuran dari masing-masing pakaianmu. Hal ini dilakukan agar pakaian yang diberikan oleh calon suamimu memiliki ukuran yang pas untukmu.

5. Make Up dan Seperangkat Kebutuhan Mandi

Wanita memang sangat dekat dengan make up atau riasan wajah. Maka tak heran jika make up ini menjadi salah satu itu bagian dari seserahan pernikahan yang memang harus diberikan oleh pengantin laki-laki kepada pengantin wanita.

Selain make up kamu juga akan mendapatkan seperangkat kebutuhan untuk mandi, mulai dari sabun, handuk, sampo, odol, sikat gigi dan lain sebagainya.

6. Sepatu Atau Alas Kaki

Seserahan selanjutnya yang akan diberikan oleh pengantin laki-laki untuk pengantin wanita yaitu berupa sepatu atau alas kaki. Penggunaan sepatu sebagai salah satu hal penting dalam seserahan ini tentu tidak terlepas dari makna yang terkandung di dalamnya.

Tercatat bahwa adanya sepatu dalam seserahan ini bermakna bahwa kedua mempelai sudah siap untuk melangkah maju dalam mengarungi bahtera rumah tangga.

7. Tas

Terkadang tas juga menjadi salah satu bagian dari seserahan pernikahan yang sering diberikan oleh pengantin laki-laki untuk pengantin wanita. Tas yang diberikan tersebut pun beragam Maknatergantung dari kemampuan dari sang mempelai laki-laki.

8. Makanan Tradisional Dan Buah-Buahan

Salah satu dari bagian seserahan dalam pernikahan yaitu berupa makanan tradisional. Biasanya  makanan tradisional yang dimaksud adalah yang memiliki tekstur bahasa hingga lengket.

Hal ini memiliki harapan tersendiri yaitu agar kedua mempelai selalu lengket hingga akhir hayatnya serta terjalin hubungan silaturahmi yang baik antara kedua keluarga. Selain makanan tradisional biasanya juga ada buah-buahan sebagai seserahan yang bisa kamu dapatkan dari calon suamimu nanti.

9. Daun Sirih

Meskipun daun sirih bukan termasuk sebagai kebutuhan sehari-hari seorang perempuan tetapi daun sirih ini memiliki makna yang sangat dalam dalam seserahan pernikahan yaitu doa untuk keselamatan serta Kebahagiaan dari kedua mempelai di kehidupan baru yang akan dijalaninya.

Makna Seserahan yang Jarang Diketahui

Seserahan dalam acara pernikahan maupun lamaran dilakukan tentu bukan tanpa alasan. Seserahan sendiri dilakukan karena memang memiliki makna yang sangat dalam.

Sebenarnya seserahan dalam pernikahan maupun lamaran merupakan sebuah simbol dari kesanggupan seorang laki-laki untuk nanti mencukupi berbagai kebutuhan dari perempuan yang akan dijadikan istrinya tersebut.

Berbagai jenis atau barang seserahan yang diberikan tentunya memiliki makna serta doa yang baik untuk kelangsungan kehidupan kedua mempelai nantinya saat sudah menikah.

​Meskipun seserahan pernikahan ini bukanlah hal yang wajib, tetapi kamu bisa meminta agar pasanganmu memberikan seserahan pada saat acara pernikahan agar acara pernikahanmu jauh lebih sakral dan penuh dengan kebaikan. 

Namun jika memang kondisi pengantin laki-laki atau calon suamimu sedang kurang baik dari segi finansial, lebih baik kamu tidak membebaninya dengan permintaan seserahan dalam pernikahan ini agar kamu tidak mempersulit acara pernikahanmu.

Nah itulah tadi beberapa informasi mengenai seserahan dalam pernikahan. Berbicara seserahan dalam pernikahan merupakan sebuah tradisi yang baik untuk dilakukan. Tetapi jika memang tidak sanggup secara finansial lebih baik tidak usah saja, sebab seserahan bukanlah hal yang wajib untuk dilakukan.

Jika kamu bingung mengenai seserahan pernikahan ini, maka kamu bisa membelinya secara langsung di berbagai toko. Sebab saat ini sudah ada banyak sekali toko-toko atau vendor yang menjual barang-barang khusus untuk seserahan dalam pernikahan.

Temukan Perhiasan dan Barang Seserahan Pernikahan di WeddingMarket

Silahkan Klik Disini


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket