Rangkaian Acara Pesta Pernikahan dan Panduan Naskahnya untuk MC - Wedding Market

Rangkaian Acara Pesta Pernikahan dan Panduan Naskahnya untuk MC

13 Jul 2021 | By WeddingMarket | Viewers: 100
Rangkaian Acara Pesta Pernikahan dan Panduan Naskahnya untuk MC
Foto: Wedding Venture

Pernikahan tidak hanya mengenai dekorasi, undangan maupun santapan buffet semata, terdapat rangkaian acara pesta pernikahan yang harus kamu lakukan. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan MC agar setiap acara dapat berlangsung sesuai dengan rencana. Kini sudah banyak ditemukan contoh MC pernikahan berupa teks ataupun gambar di internet.

MC biasanya disediakan oleh vendor pernikahan yang sudah kamu sewa jasanya, namun bisa pula kamu pilih dari teman atau keluarga dekat. Meski sederhana, namun kamu tetap harus memberikan informasi bagaimana rangkaian acara pernikahan hendak dilangsungkan. Karena itu berdiskusi dengan MC tetap harus dilakukan.

Untuk membantu kamu yang belum terbiasa menjadi MC atau calon pengantin yang bingung dengan susunan acara yang hendak dilangsungkan di pesta pernikahan, penjelasan dan rangkaian acara ini bisa membantumu.

Temukan MC Pernikahan Profesional di WeddingMarket



Rangkaian Acara dalam Pesta Pernikahan

Foto: Kahootz Entertainment

1. Salam Pembukaan

Susunan acara pernikahan biasanya dimulai dengan melakukan salam pembukaan. Salam pembukaan bisa disesuaikan sesuai dengan adat, agama, atau tema pernikahan pengantin yang dilakukan. Namun secara umum, kamu bisa menggunakan salam pembukaan berikut ini:

“Assalamualaikum, selamat pagi kepada tamu undangan, bapak, ibu dan keluarga yang terhormat. Di hari yang cerah ini, mari kita panjatkan pujian kepada Tuhan karena sudah memberikan rahmat-Nya. Sehingga kita bisa datang di tempat yang mulia ini dalam keadaan sehat wal afiat, yakni pernikahan saudara (masukkan nama mempelai pria) dan saudari (masukkan nama mempelai wanita).”

Setelah mengucapkan salam pembukaan, kamu bisa mulai dengan memberitahukan susunan acara yang hendak dilangsungkan, mulai dari pembukaan, acara inti berupa penyerahan dan penerimaan mempelai, hingga penutup.

2. Pembacaan Doa Pembukaan 

Selanjutnya, kamu tidak boleh lupa dengan doa pembukaan, biasanya berupa bacaan ayat suci al-Quran. Untuk kamu yang tidak beragam Islam, kamu bisa langsung menuju ke rangkaian acara selanjutnya, yakni sambutan sambutan.

Untuk pembacaan ayat suci al-Quran, berikut adalah kalimat pembukaan dan penutup yang perlu disampaikan oleh MC:

“Acara selanjutnya adalah pembacaan ayat suci al-Quran, yang akan dibacakan oleh saudara (masukkan nama yang bertugas), waktu dan tempat kami persilahkan.”

Setelah pembacaan ayat suci al-Quran, kamu bisa menambahkan dengan kalmiat penutup sebagai berikut:

“Demikianlah pembacaan ayat suci al-Quran, semoga dengan pembacaan ayat suci tersebut sebagai doa pembuka, maka acara pada hari ini dapat berjalan dengan lancar tanpa halangan suatu apapun.”

3. Acara Inti

Acara selanjutnya dalam contoh teks MC pernikahan adalah proses penyerahan pihak wanita kepada pihak keluarga mempelai pria. Inilah susunan kalimat yang bisa kamu gunakan untuk mengawali acara inti tersebut.

“Masuk ke acara inti selanjutnya, yakni penyerahan pihak perempuan kepada keluarga laki-laki. Untuk Bapak (masukkan nama pihak perempuan sebagai perwakilan keluarga) kami persilahkan untuk mengambil tempat dan memberikan sambutan.”

Setelah acara sambutan selesai, kamu bisa melanjutkan ke rangkaian selanjutnya, yakni penerimaan pihak keluarga terhadap mempelai perempuan. Kamu bisa memulainya dengan ucapan sebagai berikut:

“Demikianlah sambutan mengenai penyerahan pihak mempelai perempuan kepada keluarga laki-laki. Selanjutnya adalah sambutan mengenai penerimaan keluarga laki laki terhadap pihak perempuan, yang akan disampaikan oleh Bapak (masukkan nama perwakilan keluarga laki-laki), kami persilahkan.”

Contoh MC pernikahan tetap masih bisa kamu sambung setelah prosesi tersebut, yakni dengan mendoakan yang terbaik untuk keluarga pihak laki-laki maupun pihak perempuan serta mempelai yang melangsungkan pernikahan.

4. Nasehat dan Siraman Rohani

Rasanya tidak lengkap jika tidak memberikan siraman rohani di acara pernikahan, kamu bisa memandu acara ini dengan memberikan kalimat pembukaan sebagai berikut:

“Acara selanjutnya adalah siraman rohani, yang akan disampaikan oleh Bapak (masukkan nama pihak yang hendak memberikan siraman rohani). Kepadanya, kami persilahkan untuk menuju tempat yang telah dipersiapkan.”

Setelah siraman rohani selesai dilakukan, jangan lupa untuk memberikan ucapan penutup sebagai akhir dari acara siraman rohani, berikut adalah kalimat penutup yang bisa kamu gunakan.

“Demikianlah nasehat dan siraman rohani mengenai kehidupan pernikahan. Dengan nasehat tersebut, semoga setiap pihak dapat mengambil makna dan manfaat darinya. Kepada Bapak (masukkan nama orang yang memberikan siraman rohani) dipersilahkan untuk duduk kembali.

5. Acara Penutup

Setelah rangkaian acara pesta pernikahan utama dilangsungkan, kamu bisa memberikan acara tambahan. Biasanya acara ini berupa sesi foto bersama antar keluarga kedua belah pihak. Bisa juga dengan acara hiburan yang disediakan oleh pihak keluarga.

Kamu bisa bertanya kepada mempelai pernikahan mengenai acara tersebut, dengan meminta rincian apa saja yang perlu dipersiapkan untuk dikatakan kepada tamu undangan. Namun jika tidak ada acara tambahan, kamu bisa menutup rangkaian acara pernikahan tersebut.

Demikianlah contoh dan rangkaian acara pesta pernikahan yang bisa kamu gunakan untuk resepsinya. Semoga berbaga informasi tersebut dapat membantu kamu, terutama yang masih bimbang seperti apa acara pernikahan hendak dilangsungkan.

Temukan MC, Band, dan Entertainment Lainnya di WeddingMarket

Silahkan Klik Disini


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket