11 Hal yang Wajib Diperhatikan Pengantin Muslimah - Wedding Market

11 Hal yang Wajib Diperhatikan Pengantin Muslimah

14 Jul 2021 | By WeddingMarket | Viewers: 211
11 Hal yang Wajib Diperhatikan Pengantin Muslimah
Foto: Styles at life

Bagi muslimah memperhatikan dan menjalankan segala sesuatu sesuai syariat-Nya sudah menjadi kewajiban tersendiri. Untuk itu saat calon pengantin muslimah ingin menyelenggarakan pernikahan harus sesuai syariat juga, mulai dari prosesi penyelenggaraan, makeup baju pengantin, kerudung sampai aksesoris yang digunakannya.

Memperhatikan beberapa hal penting di atas tentu bukan suatu yang mudah apalagi bagi muslimah yang baru mendalami islam atau baru hijrah. Beberapa referensi dan inspirasi tentu harus dimilikinya.. Jika kamu berada di posisi ini tentu tidak perlu khawatir di bawah ini ada beberapa referensi terkait hal yang perlu diperhatikan bagi kamu yang mau melangsungkan pernikahan. 

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Makeup Pengantin Hijab

Makeup merupakan salah satu hal yang sering terjadi kesalahan pengaplikasian pada wajah calon pengantin hijab. Masalah ini tentu menyebabkan pernikahan menjadi tidak syar'i. Oleh sebab itu sebagai calon pengantin harus mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengaplikasian makeup pengantin yang di antaranya: 

1. Tidak Berlebihan dalam Pemakaian Bedak dan Contour Wajah

Dalam memakai makeup membentuk wajah tentu diperbolehkan dengan cara tidak Mengubah bentuk wajah yang sudah ada. Menggunakan Contour wajah merupakan cara untuk membentuk wajah tersebut. Tetapi tetap tidak diperbolehkan apabila berlebihan.

Pada bagian kening bisa kamu berikan polesan shadow. Supaya dapat menghasilkan bentuk wajah atau contouring lebih flawless. Selain kening kamu juga bisa mengaplikasikan touring ini ini pada bagian rahang dan tulang pipi. 

Untuk bedaknya kamu bisa menggunakan compact powder atau loose powder supaya lebih tahan lama. Yang paling penting kamu harus menyesuaikan penggunaan keduanya dengan jenis dan warna kulit wajahmu. 

2. Sesuaikan Pemilihan Make-up sesuai Bentuk Hijab

Tidak sembarang memilih ih model makeup kamu harus menyesuaikan pemilihan model makeup sesuai dengan bentuk hijab yang ingin dikenakan. Oleh sebab itu bagi kamu yang kurang begitu paham mengenai pengaplikasian makeup untuk hari pernikahanmu kamu bisa menggunakan jasa vendor makeup atau MUA. Tentu mereka lebih paham mengenai penyesuaian makeup dengan pemilihan hijab.

3. Harus Sederhana Walau Menggunakan Pakaian Adat

Biasanya melaksanakan pernikahan adat menggunakan riasan makeup dekorasi pernikahan dan aksesoris yang berlebihan dan mencolok. Bagi pengantin muslimah hal ini bukan sesuatu yang benar. Oleh karena itu menyederhanakan segala hal di pernikahan adat terutama makeup nya sangat diprioritaskan agar pernikahan tetap syar'i. Pastikan kamu tidak memakai riasan makeup yang terlalu mencolok dan aksesoris yang berlebihan. 

4. Pastikan Kosmetik yang Digunakan Halal

Kehalalan kosmetik tentu menjadi pertimbangan utama bagi muslimah yang ingin makeup pengantin. Sebab kalau tidak tentu akan berakibat fatal pada kehikmatan pernikahan. 

Pada beberapa produk kosmetik yang memang tidak mendapatkan sertifikat halal maka dari itu pastikan kamu mau memeriksanya terlebih dahulu sebelum digunakan. Kalau kamu menggunakan jasa MUA pengantin atau vendor makeup baiknya kamu menanyakan terlebih dahulu merk dari kosmetik yang digunakan supaya kamu bisa memastikan kehalalannya.

Konsultasi Lebih Lanjut Seputar Pengantin Muslimah Bersama MUA Profesional



Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pemilihan Baju Pengantin Muslimah


Foto: yukepo

1. Pastikan Menutup Aurat

Aurat merupakan hal utama yang wajib diketahui dan diperhatikan oleh seorang muslimah, terutama dalam keseharian dan di momen istimewa seperti pernikahan. Seorang pengantin muslimah harus memahami aurat yang harus ditutupi saat pemilihan gaun. 

Hal utama yang perlu dipastikan adalah gaun yang dipilih bisa menutupi aurat secara sempurna dan tidak membentuk tubuh. Ada banyak referensi terkait gaun pengantin khusus muslimah ini, seperti model gamis, ball gown dan lain sebagainya. 

2. Gunakan Model Gaun Sederhana

Berlebih-lebihan dalam islam tentu tidak diperbolehkan apalagi masalah baju pengantin wanita yang cenderung terlalu berlebihan baik dari segi ukuran maupun pernak-perniknya. Bagi seorang muslimah tentu saja menggunakan gaun sederhana sudah menjadi kewajiban.

Lagi pula penggunaan gaun dengan model yang terlalu berlebihan seperti rok yang terlalu menjuntai ke belakang tentu sangat merepotkanmu bukan? Jadi, tentu tidak ada herannya kalau islam mengatur pakaian muslimah yang simple dan pastinya tidak merepotkan mu sendiri dalam mengaturnya baik saat berjalan ataupun duduk dan berdiri. 

3. Memilih Bahan yang Ringan dan Menyerap Keringat

Acara pesta pernikahan tentu akan dipadati oleh tamu undangan sehingga membuat suhu di lokasi pernikahan menjadi meningkat, terlebih saat cuaca panas. Selain karena alasan ini seperti yang sudah kita ketahui sendiri bahwa pakaian seorang muslimah itu menutup seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Tentu saja kalau salah memilih bahan akan membuat kamu gerah dan merasa tidak nyaman.

Masalah ini tentu sangat mengganggu momen spesialmu ini bukan? Oleh sebab itu bagi kamu yang ingin memilih baju pengantin ada baiknya untuk memilih inner atau dalaman baju pengantin yang mudah menyerap keringat dan ringan agar kamu bisa menyambut tamu dengan baik. Apalagi acara pernikahan mu bisa mencapai 2 sampai 3 jam atau bahkan seharian. Jadi penting sekali bagi kamu untuk memperhatikan pemilihan bahan baju pengantinmu ini. 

4. Hindari Warna Mencolok

Bukan hanya modelnya saja yang perlu disederhanakan. Calon pengantin muslimah harus mengetahui bawa warna yang mencolok untuk dipakai seorang muslimah merupakan suatu hal yang berlebihan sehingga pemilihan warna juga harus diperhatikan. 

Hindari warna-warna menyala seperti kuning, merah menyala, orange warna-warna mencolok lainnya.Saran dari kami, bisa memilih warna gaun sederhana dan soft seperti putih,  peach, pink dan warna-warna sederhana lainnya. 

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pemakaian Kerudung dan Aksesoris


Foto: Family Wisher on Youtube

1. Pastikan Kerudung Menutup Dada

Cara menutup aurat yang benar yaitu dengan memilih kerudung menutup dada. Belakangan ini banyak pengantin muslimah yang kurang mengetahui bahwasanya kerudung yang tidak menutupi dada itu bukan cara seorang muslimah menutup aurat. 

Demikian juga ketika di acara pernikahan, kerudung yang menutupi dada seakan bukan lagi pilihan bagi mereka. Untuk itulah supaya pernikahanmu tetap syar'i pastikan kamu memilih kerudung yang menutup dada. 

2. Model Simple

Calon pengantin muslimah juga harus memperhatikan model kerudung yang dipilih selain menutup dada. Sebab kalaupun menutup dada tetapi modelnya terlalu norak dan berlebihan terkesan juga tidak syar'i. Terlebih terdapat detail manik-manik atau tile yang berlebihan. 

Disarankan bagi calon pengantin muslimah yang ingin memilih kerudung pengantin sebaiknya memilih kerudung dengan model polos atau kalau ingin ada sedikit hiasannya pastikan itu minim dan tidak memenuhi kerudung. 

3. Pilih Aksesoris Sederhana dan Minim

Penggunaan aksesoris seperti headpiece, mahkota, flower crown dan lain sebagainya merupakan hiasan calon pengantin wanita seakan tidak boleh terlupakan. Hal tersebut bertujuan supaya pengantin wanita terlihat lebih elegan dan menawan. 

Walaupun diperbolehkan tentu penggunaannya juga harus minim tidak berlebihan. Cukup 1 aksesoris saja sudah cukup mempercantik tampilan pengantin hijab. 

Bagaimana, sudah bisa dipahami bukan beberapa hal yang harus diperhatikan bagi calon pengantin muslimah ketika ingin menggelar pesta pernikahan?

Konsultasi Lebih Lanjut Seputar Pengantin Muslimah Bersama Vendor-mu!

Silahkan Klik Disini


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket