Pilih Kategori Artikel

Menu untuk Akad Nikah yang Enak dan Disukai
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Melangsungkan acara akad nikah menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin melangsungkan pernikahan tanpa atau dengan resepsi. Meskipun lebih sederhana, kamu bisa menyajikan menu makanan yang lezat untuk teman dan keluarga yang datang. Menu untuk akad nikah tidak sulit untuk dicari, baik dengan harga terjangkau atau mahal. 

Kalau kamu masih bingung memilih menu makanan yang cocok untuk hari akadmu, berikut ini adalah rekomendasi yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa menyajikan semua menu catering pernikahan yang menjadi rekomendasi secara penuh atau menggabungkannya dengan menu makanan yang lain. 

Rekomendasi Menu Makanan Enak untuk Akad Nikah

wm_article_img

Foto: Latest Buffet Ideas

1. Nasi Goreng

Nasi goreng selain mudah untuk dibuat, ia juga tidak membutuhkan biaya yang besar untuk membuat atanpau menyajikannya. Nasi goreng juga disukai oleh banyak orang, sehingga menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang tertarik untuk menyajikannya di hari akad. 

Kamu bisa menyajikannya bersama dengan menu yang lain, dari telur orek hingga sosis. Nasi goreng juga enak disandingkan dengan berbagai makanan lain, misalnya capcay ataupun sayur sop. Kamu dapat menyajikan menu untuk akad nikah ini dengan kerupuk atau sambal. 

2. Ayam Goreng 

Selanjutnya adalah ayam goreng, sebagai menu favorit banyak orang, dari anak-anak hingga orang dewasa. Kamu bisa menyajikan ayam goreng bersama dengan nasi ataupun menyajikannya secara mandiri sebagai menu yang utuh. Kamu bisa menggoreng ayam dengan tepung atau mencampurkannya dengan bahan lainnya. 

Agar lebih mudah disajikan, kamu bisa menggunakan ayam goreng tanpa tulang, dengan begitu tamu undangan bisa makan dengan lebih mudah. Tidak hanya sebagai makanan utama, ayam goreng bisa kamu sajikan sebagai makanan pembuka atau sampingan. 

3. Rawon

Kalau ingin menyajikan makanan tradisional, kamu bisa menyajikan rawon sebagai menu makanan di hari akad nikah. Rawon bisa dimasak dengan kuah seperti soto, namun dengan warna yang lebih pekat dan rasa yang enak. Kamu bisa menyajikan menu untuk akad nikah ini baik di siang hari maupun malam hari. 

Meskipun sederhana, rawon ternyata cukup enak jika disajikan di acara resmi seperti akad nikah. Rawon akan lebih nikmat jika disajikan dengan campuran tauge, telur dan daging bersama dengan nasi putih hangat. 

4. Pecel 

Kamu ingin menyajikan makanan dengan konsep yang tradisional, kenapa tidak menyertakan pecel sebagai menu untuk akad nikah. Kamu bisa menyajikan pecel dengan berbagai varian, baik dengan lontong ataupun dengan lele. Untuk membuat pecel, kamu hanya membutuhkan sayuran segar yang dimasak, kemudian disiram dengan sambal kacang. 

Proses membuat pecel tidak membutuhkan waktu yang lama, ia bisa dibuat satu hari sebelum hari pernikahan. Perpaduan rasanya yang manis dan pedas memberikan sensasi nagih yang sulit untuk ditolak. Untuk berjaga-jaga, kamu bisa menyiapkan sambal kacang dengan tingkat kepedasan yang berbeda untuk menu untuk akad nikah ini. 

5. Mie Goreng

Jangan menganggap bahwa mi goreng tidak tepat jika disajikan di hari akad pernikahan yang sakral. Kamu bisa menyajikan mie goreng di menu prasmanan karena ia mudah dibuat dan cocok untuk tamu undangan yang tidak ingin makan makanan berat di hari bahagiamu. 

Mie goreng yang bisa kamu sajikan cukup beragam, mulai dari mie aceh atau mie bihun goreng. Ia juga dapat disajikan dengan campuran daging atau sayuran, sesuai dengan minat dan selera yang kamu inginkan. 

Tips Menyajikan Makanan di Hari Akad

Karena akad nikah tidak memerlukan waktu yang panjang, kamu tidak perlu menyajikan banyak makanan. Memilih menu makanan yang simpel bisa menjadi pilihan yang tepat karena bisa meminimalisir budget yang dimiliki. Berikut ini adalah beberapa tips yang kamu lakukan untuk menghidangkan menu makanan di hari akad, diantaranya:

  • Makanan yang Enak dan Mudah Dimasak 

Menu untuk akad nikah tidak harus lengkap sebagaimana menu di hari resepsi pernikahan, sebab akad nikah tidak membutuhkan waktu yang lama. Agar tidak membuang-buang makanan, kamu bisa menyediakan makanan dengan variasi makanan yang  enak dan sederhana.

  • Makanan yang Tahan Lama

Meskipun dilakukan dalam waktu singkat, kamu tetap harus menyediakan makanan yang tahan lama, sehingga tidak mudah basi. Makanan yang awet bisa berupa makanan kering yang tidak memiliki banyak kuah. Jika menggunakan makanan kuah, beri pemanas agar tetap hangat dan enak disantap.

  • Sertakan Cemilan

Tidak semua orang ingin makan di hari akad pernikahan, bisa jadi mereka hanya ingin makan camilan yang tersedia. Untuk itu, kamu bisa memberikan camilan untuk tipe tamu undangan seperti ini.

Demikianlah beberapa rekomendasi menu untuk akad nikah yang bisa kamu pertimbangkan. Jadikan hari bahagiamu semakin tak terlupakan dengan menyajikan makanan pernikahan mewah yang enak, sehingga tamu undangan tidak kecewa ketika datang di hari akad nikahmu.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...