Pilih Kategori Artikel

Budget pas-pasan? Ini Trik Menghemat Budget Katering!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Banyak sekali hal yang perlu dipersiapkan dalam mengadakan acara pernikahan mulai dari make-up artist, dekorasi, katering, gaun pengantin, undangan, souvenir¸dan hal lainnya. namun, hal yang sangat konkrit dan berdampak pada tamu undangan ialah katering yang telah disediakan. Bagaimana menghemat budget katering?

Pada dasarnya katering akan menguras budget yang cukup banyak. Kembali lagi kepada jumlah tamu undangan, semakin banyak tamu undangan, porsi katering pun akan semakin banyak dan pengeluaran yang dibutuhkan pun semakin banyak.

Bagi kamu yang ingin mengadakan pesta pernikahan namun tidak ingin megeluarkan budget yang cukup banyak perihal katering, salah satu caranya dengan membatasi budget. Bagaimanakah caranya? Simak triknya, ya!

  1. Menentukan menu buffet dan stall

Dalam setiap acara pernikahan, menu buffet dan stall selalu ada untuk dihidangkan. Menu buffet itu sendiri merupakan menu untuk hidangan prasmanan yang menyajikan makanan berat seperti nasi dan lauk pauk. Menu stall merupakan pondokan untuk menyajikan hidangan menu kudapan yang berada di tepi ruangan.

Dalam menu buffet, beragam pilihan lauk pauk yang ingin disajikan berupa sayur mayur pendamping nasi. Dalam memilih menu kamu harus teliti karena akan mempengaruhi budget yang akan kamu keluarkan. Trik yang akan kami sarankan ialah hindarkan memilih menu lauk ayam atau ikan yang telah di fillet. Pada dasarnya lauk yang di sajikan berupa fillet ini tamu akan menyantap dengan mudah dan cepat, yang membuat menu ini akan cepat habis. Sebab itu harus kamu hindarkan. Pilihan lain yang bisa kamu jadikan menu prasmanan berupa ayam kecap, ayam mentega atau lainnya.

Dalam menu stall, umumnya pondokan yang menyediakan menu kudapan pengantar makan berat yang berada di tepi ruangan, di mana porsi mini yang disajikan. Perbandingannya 20% stall dan 80% buffet. Menu yang disajikan pun beragam sesuai permintaan kamu mulai dari yang mahal seperti salmon and cod, steak sampai menu yang terjangkau seperti somay, bakso, sate, soto dan lainnya. Untuk menghemat budget maka pilihlah stall dengan harga yang terjangkau namun masih nikmat untuk dinikmati. Metode ini bisa dibilang cukup berhasil bagi kamu yang menghemat budget katering.

  1. Acara resepsi diadakan pada malam hari

Siang hari adalah waktu di mana semua orang akan mengisi stamina dengan berbagai menu yang ingin di santap dengan porsi yang cukup besar karena rasa lapar yang tak tertahankan. Nah, kalau pada malam hari kebanyakan orang untuk mengurangi porsi makan ataupun tidak makan sama sekali pada jam tertentu. Terutama orang yang sedang menjalani proses diet atau memang menjaga postur tubuh. Kisaran pukul 19.00 WIB rasa lapar yang dirasakan pada tamu akan cenderung menurun, mungkin mereka akan tetap menyantap menu yang disajikan tetapi dengan jumlah porsi yang sedikit. Menghemat budget pun bisa terlaksana.

  1. Mengurangi kapasitas tamu

Apakah kamu termasuk pasangan yang ingin mengadakan acara pernikahan yang sakral serta suasana yang intim dengan hadirnya para keluarga, sahabat terdekat? Jika ya, berarti peluang besar untukmu yang menghemat budget katering. Undang tamu yang memang kamu kenal saja tanpa orang-orang yang tidak dikenal dari kedua belah pihak keluarga pengantin. Dengan dihadirkannya keluarga dan kerabat terdekat suasana yang dirasakan akan terasa hangat. Kamu harus memilah siapa saja yang akan di undang serta sesuaikan dengan jumlah porsi yang sudah kamu tentukan.

Nah, di atas beberapa pembahasan mengenai trik menghemat budget katering. Kamu sebagai calon pengantin harus apik dalam mengatur keuangan agar tidak terbuang sia-sia. Pada dasarnya acara pernikahan yang intimate itu lebih terasa bahagia daripada mengundang banyak orang yang memakan pengeluaran besar dalam hal katering. Semoga kamu lebih bijak, ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...