Pilih Kategori Artikel

Tips Memilih Kebaya Pengantin Modern yang Cantik dan Istimewa
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pengantin wanita umumnya kebingungan saat dihadapkan pada pilihan busana pengantin yang akan digunakan, apakah memilih kebaya pengantin modern atau tradisional. Meski sudah menentukan pilihan ke kebaya bergaya modern, tentunya masih harus memilih lagi model dan jenis kebaya pengantin. Kebingungan dalam menentukan pilihan mengenai busana pengantin memang wajar dialami oleh para calon pengantin karena setiap pengantin tentunya ingin terlihat spesial dan cantik di hari pernikahan, bukan?

Bagi calon pengantin wanita yang memutuskan untuk mengenakan kebaya pengantin modern pada hari pernikahannya, mencari informasi mengenai kebaya pengantin yang diinginkan sejak awal adalah langkah yang tepat. Selanjutnya, ikuti beberapa tips berikut sebagai bahan pertimbangan dalam memilih kebaya pengantin modern:

 1. Perkiraan Waktu

Calon pengantin yang ingin mengenakan kebaya pengantin modern dalam upacara pernikahannya wajib meluangkan cukup waktu untuk proses pemilihan kebaya. Proses pembuatan atau penjahitan kebaya pengantin umumnya memerlukan waktu yang cukup lama. Selain itu, masih ada juga proses pengukuran yang tidak bisa dilakukan hanya sekali saja.

Jika kebaya pengantin modern sudah diukur dan dipesan sejak jauh hari, ada kemungkinan perubahan berat serta ukuran tubuh pengantin. Setiap calon pengantin tentunya tidak ingin kebaya pengantin yang dikenakan terlihat kebesaran atau kekecilan di hari pernikahan. Oleh sebab itu, sebaiknya persiapkan kebaya pengantin dari jauh hari, sehingga kebaya bisa selesai tepat waktu dan masih ada waktu untuk melakukan pengukuran agar benar-benar pas saat dikenakan pada hari H.

 2. Alokasi Biaya

Sebelum melangkah dan memutuskan memilih jenis kebaya pengantin modern yang diinginkan, alangkah baiknya persiapkan anggaran terlebih dahulu. Diskusikan bersama pasangan, berapa dana yang akan disiapkan untuk busana pengantin. Jangan memaksakan diri untuk memesan kebaya pengantin di luar dana yang sudah dialokasikan.

Sebagai saran, jika alokasi dana yang dipersiapkan untuk kebaya pengantin modern tidak terlalu besar, pertimbangkan untuk menyewa. Meski harga sewa kebaya pengantin modern juga bervariasi dan tentunya bergantung pada model serta bahannya, tetapi biaya yang dikeluarkan cenderung lebih sedikit dibanding harus membeli atau menjahit kebaya baru.

 3. Model

Jika dana dan waktu sudah dipersiapkan, kamu bisa melangkah lebih jauh dengan memilih dan menentukan model kebaya modern yang diinginkan. Banyaknya ragam dan pilihan model kebaya pengantin modern tentunya akan membuat kamu merasa bingung dalam memilih. Apalagi kini ada semakin banyak opsi dalam memilih model kebaya pengantin modern. Kamu bisa berdiskusi dengan toko pakaian yang memang sudah sering merancang kebaya pengantin. Selain itu, vendor wedding planner atau wedding organizer juga bisa membantumu memberikan rekomendasi toko atau vendor busana pengantin yang sesuai dengan keinginan serta dana yang kamu miliki.

Jika kamu ingin menyewa kebaya pengantin modern, sekarang ini juga sudah banyak toko yang membantu menyewakan baju pengantin. Pilih toko pakaian yang memiliki banyak stok dan pilihan, serta juga memiliki reputasi yang cukup baik. Toko-toko pakaian yang menyewakan kebaya pengantin biasanya juga akan membantu melakukan pengukuran tubuh dan melakukan modifikasi kebaya pengantin sesuai dengan ukuran tubuhmu. Jadi, kebaya pengantin modern yang kamu pilih tetap bisa terlihat pas dan cantik meski sesungguhnya hanya kebaya pengantin sewaan.

 4. Ukuran Tubuh

Ukuran merupakan salah satu bagian yang paling sering menjadi sumber masalah dalam proses pemilihan kebaya pengantin modern. Banyak calon pengantin wanita keliru menentukan ukuran kebaya yang sesuai dengan bentuk tubuhnya.

Banyak juga calon pengantin yang gagal dalam manajemen waktu sehingga kebaya pengantin yang dipesan memiliki ukuran yang tidak pas akibat tidak ada waktu untuk mengecilkan atau memperbesar kebaya. Oleh sebab itu, sebaiknya ketahui dan pelajari dulu ukuran tubuhmu sehingga kamu bisa lebih jelas dalam memilih kebaya pengantin modern.

  • Tubuh Mungil

Jika kamu memiliki tubuh yang mungil dan cenderung pendek, pilihlah kebaya pengantin modern dengan model yang agak terbuka di bagian leher.

Selain itu, kebaya pengantin yang memiliki ukuran lebih panjang di bagian belakang akan membuat tubuhmu terlihat lebih tinggi dan langsing. Sebaiknya, jangan memilih kebaya dengan desain di bagian leher yang berlebih atau menumpuk karena akan membuat kesan tubuh semakin terlihat pendek.

  • Tubuh berisi

Bagi calon pengantin wanita dengan bentuk tubuh yang berisi, sebaiknya hindari kebaya pengantin modern dengan detail yang terlalu penuh, khususnya di daerah sekitar dada, pinggul, dan pinggang.

Selain itu, pilihlah warna-warna yang cenderung gelap. Warna yang agak gelap akan memberikan kesan langsing pada tubuh karena dapat menutupi lipatan lemak atau bagian-bagian tubuh yang terlihat besar.

  • Tubuh tomboy/boyish

Untuk calon pengantin wanita yang memiliki bentuk tubuh yang sedikit maskulin, disarankan untuk memilih kebaya pengantin modern dengan model yang pas badan. Kebaya pengantin dengan ukuran pas badan akan lebih mempertegas lekuk tubuh sehingga dapat memberi kesan anggun serta feminim.

Aksesori berukuran kecil bisa ditambahkan di bagian kebaya sehingga akan memberi kesan manis. Selain itu, pilihlah warna kebaya pengantin yang cerah atau warna-warna pastel yang dapat menambah kesan feminin. Hindari memilih kebaya dengan kerah leher yang tinggi dan detail yang terlalu mencolok karena akan memperkuat kesan tomboy dan boyish.

5. Warna Kebaya

Warna yang digunakan pada kebaya pengantin modern sebaiknya disesuaikan dengan warna yang diusung pada tema pernikahan. Misalkan, jika tema warna pada tempat resepsi didominasi warna putih atau merah, pilihlah warna kebaya pengantin yang juga mengandung unsur putih atau merah.

Pada konsep pernikahan tradisional biasanya sudah ada warna-warna khusus yang menjadi ciri khas. Sebagai contoh, pernikahan yang mengusung adat Minangkabau didomininasi oleh warna merah dan emas. Kebaya pengantin yang digunakan biasanya memadukan antara konsep modern dan tradisional, dan warna yang digunakan pada kebaya pengantin juga akan mengikuti warna khas tersebut, yakni merah dan emas.

Jika kamu tidak mengangkat tema pernikahan adat, warna khas yang paling sering digunakan untuk kebaya pengantin adalah warna putih. Namun, kamu juga bisa mengikuti tren warna-warna yang sedang banyak diminati.

Semoga tips-tips di atas bermanfaat dalam membantumu memilih kebaya pengantin modern yang pas, sehingga kamu akan terlihat sangat cantik dan memukau di hari pernikahan.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...