Menu Khas yang ada di Makanan Catering Pernikahan Sunda

17 Oct 2020 | By Wedding Market | Viewers: 90
Menu Khas yang ada di Makanan Catering Pernikahan Sunda
Foto: Fimela

Akhir-akhir ini, banyak orang melangsungkan pernikahan secara modern, karena beranggapan bahwa pernikahan adat itu terlalu ribet. Padahal, semua persiapan pernikahan itu memang ribet, tidak ada yang mudah dan instan. Justru dengan menggunakan adat tertentu, biasanya akan terasa lebih hikmad. Nah, untuk itu kamu harus mengetahui terlebih dahulu tentang makanan catering pernikahan Sunda untuk pernikahanmu nanti.

Sebelum itu, kita bicara mengenai makanan khas Sunda, makanan adat yang satu ini bisa dibilang sebagai salah satu makanan yang rasanya cocok di lidah masyarakat mana pun. Karena bumbunya yang tidak membuat 'enek', orang dari luar Sunda pun akan merasa cocok untuk menikmati makanan khasnya. Sehingga, untuk melangsungkan pernikahan dengan adat Sunda ini tidak ada salahnya untuk dicoba loh.

1. Nasi Tutug Oncom

Berbicara mengenai menu makanan, pastinya harus membahas dulu makanan pokok yang selalu kita konsumsi, yaitu nasi. Nah, dari makanan khas Sunda ini ada nasi yang berbeda loh, yaitu nasi yang dicampur dengan oncom atau lebih dikenal dengan sebutan ‘’Nasi Tutug Oncom’’ atau ‘’Nasi TO’’. 

Penyajian nasi ini yaitu nasi putih yang dicampur dengan oncom yang sudah ditumbuk atau dalam bahasa Sunda disebut dengan ‘’ditutug’’. Oncom ini biasanya sudah diberi beberapa bumbu dan rempah-rempah sebagai pelengkapnya. Sehingga, nasi tutug oncom ini sudah mempunyai rasa yang gurih walaupun dimakan tanpa menu pelengkap lainnya. Biasanya kamu bisa menemukan nasi TO ini di restoran atau rumah makan khas Sunda.

2. Gepuk Sapi

Menu khas lainnya yang harus ada di makanan catering pernikahan Sunda yaitu gepuk sapi. Dahulu, kalangan yang memakan gepuk sapi ini hanyalah kalangan bangsawan di tanah Sunda saja. Namun, seiring dengan kemajuan zaman maka menu gepuk sapi ini juga sudah marak dinikmati oleh semua kalangan.

Gepuk sapi ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu makanan catering di pernikahanmu sebagai pengganti olahan daging sapi yang biasanya ada di acara pernikahan. Gepuk sapi ini mempunyai tekstur yang sangat empuk dengan cita rasa perpaduan gurih dan manis di dalamnya, serta mempunyai rempah-rempah yang khas. 

3. Bistik Sapi Kuah Kental

Selain gepuk sapi, kamu juga bisa mengganti olahan daging di makanan catering pernikahan Sunda dengan bistik sapi. Bistik adalah salah satu menu resapan dari Barat, yang pada awalnya merujuk pada menu beef steak. Namun, saat ini sudah banyak modifikasi dari berbagai daerah di Indonesia seperti bistik Jawa, bistik Betawi, dan juga bistik Sunda, tentunya dengan kekhasan masing-masing daerahnya.

Bistik sapi dari Sunda mempunyai ciri khas kuah yang lebih kental dari bistik daerah lainnya, serta irisan dagingnya bisa dibilang lebih tebal. Meskpiun lebih tebal, kamu tidak akan kesulitan untuk memakannya, karena dagingnya tetap empuk. Kemudian, bistik Sunda ini juga banyak memasukkan rempah-rempah di dalamnya, seperti jahe, kapulaga, pala, cengkes, dan juga kayu manis, maka tidak heran akan ada sensasi hangat ketika memakannya.

4. Ayam Bumbu Lengkuas

Selain menu olahan daging, biasanya di pernikahan juga ada menu olahan ayam. Nah, salah satu menu olahan ayam yang harus ada di makanan catering pernikahan Sunda adalah ayam bumbu lengkuas. Mungkin beberapa orang belum terlalu familiar dengan hidangan menu yang satu ini.

Ayam bumbu lengkuas ini adalah ayam goreng yang mempunyai kremesan bumbu lengkuas, aroma lengkuasnya sangat khas dan wangi sehingga mengundang orang untuk langsung menyantapnya. Rasa dari ayam bumbu lengkuas ini juga sangat gurih, sangat cocok untuk dihidangkan di acara-acara besar, seperti pernikahan ini.

5. Ayam Kecap Goreng Mentega

Selain ayam bumbu lengkuas, kamu juga bisa mengganti menu olahan ayam dengan menu ayam kecap goreng mentega. Pasti semua orang juga sudah pernah mencicipi menu yang satu ini bukan? Perpaduan gurihnya ayam berbalur mentega dengan manisnya kecap ini membuat hidangan ayam yang satu ini menjadi makanan favorit banyak orang, bahkan akan membuat orang ketagihan.

6. Kakap Asam Manis

Biasanya selain dari menu olahan daging dan olahan ayam, ada juga beberapa orang yang menambahkan olahan ikan di prasmanannya. Salah satu menu makanan catering pernikahan Sunda dari ikan yang bisa kamu hadirkan di acara pernikahanmu adalah menu kakap asam manis.

Siapa yang tidak menyukai olahan ikan yang satu ini? Ikan yang terkenal gurih ini disajikan dalam balutan tepung yang digoreng krsipi dan renyah, kemudian diberi saus asam manis yang kental, sangat menggugah selera. Untuk tingkat keasamannya kamu juga bisa menyediakan jeruk limao tambahan secara terpisah, agar tamu undangan juga bisa mengatur keasaman dari hidangan yang satu ini.

7. Sayur Asem

Berbicara menu makanan rasanya belum lengkap apabila belum membahas mengenai sayurnya. Salah satu menu sayur khas Sunda yang bisa kamu hadirkan adalah sayur asem. Sayur asem ini biasanya akan menjadi olahan favorit di setiap acara, karena rasa asemnya yang khas membuat orang yang mengonsumsinya merasa lebih segar.

8. Sop Bakso Sayur

Selain sayur asem, kamu juga bisa memilih sop bakso sayur dalam makanan catering pernikahan Sunda. Sop ini bisa dibilang sama dengan sop pada umumnya, yang terdiri dari berbagai olahan sayur seperti wortel, kol, kentang, tetapi ditambah dengan olahan hewani sebagai pelengkap dan untuk menambah rasa gurih. Biasanya dipadukan dengan bakso, tetapi bisa juga dipadukan dengan sosis ataupun ceker ayam.

9. Karedok

Olahan sayur lainnya yang wajib ada dalam pernikahan adat Sunda adalah karedok. Beberapa tahun terakhir, menu catering pernikahan yang satu ini selalu menjadi favorit para tamu undangan. Karedok ini berisi campuran sayuran mentah seperti tauge, kol, kacang panjang, mentimun, dan juga terong bulat yang berwarna hijau. Campuran sayur mentah ini dipadukan dengan bumbu kacang ditambah kencur dan juga daun kemangi sehingga aroma khasnya begitu terasa.

10. Surabi

Selain menu-menu utama untuk hidangan prasmanan, untuk menu food stall juga kamu bisa meminta vendor catering pernikahan untuk menambahkan menu khas Sunda pula. Salah satunya yaitu menu surabi. Siapa yang tidak mengenal makanan melegenda yang satu ini? Makanan yang terbuat dari olahan tepung beras dan santan ini akan dimasak di kuali yang terbuat dari tanah, sehingga mengeluarkan aroma hasil bakaran yang khas.

Kemudian saat ini, surabi sudah muncul dengan berbagai variasi rasa, sehingga tidak hanya disajikan secara original atau dengan olahan oncom saja. Saat ini ada juga surabi telur, atau surabi sosis. Kemudian untuk orang yang lebih menyukai makanan catering pernikahan yang manis, bisa disediakan surabi saus dengan saus durian, susu kental manis dan keju, dan juga yang lainnya.

Nah, itulah beberapa menu yang harus bahkan wajib ada di makanan catering pernikahan Sunda. Makanannya tidak kalah lezat bukan?


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket