Jenis Makanan Catering Pernikahan Padang yang Khas dan Selalu Ada di Pernikahan Minang

17 Oct 2020 | By Wedding Market | Viewers: 103
Jenis Makanan Catering Pernikahan Padang yang Khas dan Selalu Ada di Pernikahan Minang

Makanan catering pernikahan Padang menjadi salah satu pilihan untuk dihadirkan dalam sebuah acara pernikahan terutama yang mengusung adat Minang. Diantara banyaknya jenis hidangan untuk penyelenggaraan acara ini terdapat beberapa jenis makanan yang cukup khas dan selalu bisa ditemukan dalam acara pernikahan. 

Jenis hidangan tersebut akan selalu kamu temukan dalam pergelaran acara pernikahan adat Minang. pergelaran acara tersebut akan menghadirkan jenis hidangan tersebut baik saat diadakan di luar kota Padang maupun di daerah Padang itu sendiri. Rasanya kurang lengkap jika makanan tersebut tidak dihadirkan dalam pergelaran besar tersebut. 

Setiap catering yang beroperasi di kota Padang tentu akan mampu membuat hidangan tersebut. Jika kamu atau calon pasanganmu merupakan warga asli Minang, maka makanan catering pernikahan Padang ingin dihadirkan sebagai ciri khas. Kehadiran jenis hidangan tersebut bisa menjadi identitas keluarga penyelenggar acara. 

Jika acara diselenggarakan di kota Padang maka menu menu tersebut perlu dihadirkan karena mengandung filosofi serta cerita tersendiri untuk masyarakat Padang. Jika kamu masih bingung dengan tema yang ingin diusung, kamu bisa menggunakan jenis hidangan dari Minang ini. Terlebih jika kamu atau calon pasanganmu merupakan warga asli Minang. 

Meskipun konsep umum dari pernikahan tersebut merupakan konsep modern, namun tidak ada salahnya untuk menu catering yang dihidangkan menggunakan menu khas dari Padang. Penggunaan menu khas tersebut bisa membuat konsep pernikahan menjadi lebih unik dan memadukan dua konsep sekaligus dalam satu acara.

5 Pilihan Makanan Catering Pernikahan Padang

5 Pilihan Makanan Catering Pernikahan Padang

Nah, jika kamu masih bingung kamu bisa menghadirkan beberapa jenis makanan catering pernikahan Padang yang selalu ditemukan di pernikahan adat Minang. 

1. Rendang

Hampir seluruh masyarakat Indonesia pasti sudah mengetahui bahkan sudah mencoba jenis hidangan khas Padang ini. Tak hanya di Indonesia, makanan ini sudah terkenal di seluruh dunia. Rendang merupakan jenis makanan nomor satu di antara 50 jenis makanan terenak di dunia versi CNN internasional. 

Karena kelezatannya, beberapa konsep pernikahan sering menggunakan menu yang satu ini sebagai menu utama dari catering pernikahan. Akan tetapi, pada umumnya rasa serta cara pengolahan yang digunakan lebih disederhanakan dan sedikit berbeda dari rasa aslinya. Selain itu, daging yang digunakan kini tak hanya daging sapi saja. 

Kamu bisa meminta pihak catering untuk membuat menu rendang yang memiliki rasa yang lebih asli. Setiap vendor catering pernikahan yang ada di Padang tentunya akan mampu menghadirkan makanan catering pernikahan Padang yang satu ini dengan rasa yang lebih asli. 

2. Sate Padang

Menu berikutnya yang sangat khas dan cukup terkenal di Indonesia ialah sate Padang. Sate ini bisa dijadikan hidangan pada menu utama maupun pada gubukan. Penggemar dari jenis hidangan ini cukup banyak dan berasal dari berbagai kalangan. Tak hanya orang asli dari Padang saja yang biasanya menyukai jenis sate yang satu ini.

Umumnya sate Padang ini dikenal terdiri dari bahan yang berasal dari jeroan sapi. Jeroan sapi ini akan diberi bumbu sedemikian rupa sehingga rasanya menjadi lebih khas dan enak saat dimakan. Makanan catering pernikahan Padang ini sebenarnya terdiri dari 2 macam berdasarkan asalnya. 

Sate ini terdiri dari sate Pariaman dan sate Padang Panjang. Jika kamu berasal dari kota Padang maka kamu pasti sudah paham mengenai kedua jenis sate ini. Sate padang ini lebih diminati pada acara pernikahan karena lebih mudah untuk memakannya tanpa harus menggunakan alat lain seperti sendok atau garpu. 

3. Cancang

Pada setiap acara pernikahan adat Minang, kamu bisa menemukan salah satu menu yang tak kalah enak dan khas yaitu Cancang. Makanan ini terbuat dari daging sapi atau kambing yang dipotong kecil-kecil kemudian diberi bumbu khusus. Teksturnya hampir mirip dengan rendang. Perbedaannya ukuran dari makanan ini lebih kecil dibanding rendang. 

Selain itu, makanan catering pernikahan Padang yang satu ini juga menggunakan bagian lain dari sapi atau kambing yang digunakan. Kamu tak hanya bisa memakan bagian dagingnya saja. Namun terdapat bagian tetelan, jeroan dan bagian lainnya yang bisa kamu rasakan. di setiap rumah makan Padang pun kamu bisa dengan mudah menemukannya. 

Kamu bisa memasukkan menu Cancang ini ke dalam daftar menu utama pada acara pernikahanmu. Tak mungkin rasanya jika tamu undangan tidak menyukai jenis menu ini. Jadi, meskipun berbeda lidah semua tamu undangan pasti akan menyukai makanan ini. Kamu tak perlu khawatir jika banyak tamu undangan yang tidak menyentuh hidangan ini. 

4. Gulai Cubadak

Untuk hidangan yang berasal dari sayurannya, kamu bisa menggunakan menu gulai Cubadak. Makanan catering pernikahan Padang ini pasti bisa selalu dihadirkan dalam pernikahan di kota Padang atau pernikahan adat Minang di luar kota tersebut. Gulai ini jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti nangka. 

Biasanya kita menemukan salah satu makanan yang mirip dengan hidangan ini yaitu Gudeg dari Yogyakarta. Perbedaannya ialah pada jenis bumbu yang digunakan serta jumlah kuah yang ditambahkan didalamnya. Gudeg lebih cenderung termasuk ke dalam tumisan. Sementara gulai Cubadak merupakan jenis gulai sehingga memiliki kuah yang cukup banyak. 

Rasa khas Padang yang cenderung dengan kuah yang mengental dan pedas akan sangat cocok dengan lidah setiap orang Indonesia. Menu ini mudah ditemukan meskipun di luar kota Padang. Jika kamu menghidangkan makanan catering pernikahan Padang ini pasti akan dicoba oleh setiap tamu undangan. 

Jika tidak menghadirkan jenis menu yang satu ini maka acara pernikahanmu akan terasa kurang lengkap. setiap acara pernikahan di kota Padang pasti akan selalu menghadirkan jenis hidangan catering yang satu ini. Jika tidak ada maka setiap tamu undangan akan bertanya dan cukup menyayangkan karena tidak dihadirkan. 

5. Gulai Tauco

Berikutnya, makanan catering pernikahan Padang yang bisa kamu temukan di setiap acara pernikahan adat Minang ialah gulai Tauco. Seperti namanya, menu catering pernikahan yang satu ini terbuat dari tauco yang dimasak dengan santan kelapa hingga mengental. Kemudian, kuah tersebut akan dicampur kan dengan bahan lain seperti tahu, udang, atau buncis.

Untuk bumbu yang digunakan biasanya menggunakan rempah-rempah khas Padang yang memiliki ciri khas. Rasa gurih serta aroma yang kuat mendominasi dari rasa gulai Tauco ini. jenis hidangan ini biasanya hanya akan sering ditemukan pada acara pernikahan yang digelar di kota Padang. 

Vendor catering asli dari Padang pastinya akan mampu membuat jenis hidangan ini dengan rasa yang sangat asli. Kamu bisa menggunakan jasa mereka agar bisa menghadirkan rasa khas adat Minang yang asli dan otentik. Makanan yang satu ini bisa melengkapi konsep pernikahan adat yang cukup kental. 

Dengan menggunakan makanan catering pernikahan Padang, kamu bisa membuat konsep pernikahan dengan adat Minang yang sangat kental. Kamu perlu menggunakan jasa vendor catering yang berpengalaman menyajikan makanan khas kota Padang. Sebab, mereka akan mampu membuat makanan-makanan tersebut dengan cita rasa yang asli dan dan tetap enak.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket