Lagu-Lagu Pernikahan Adat, Modern, Hingga Islami - Wedding Market

Lagu-Lagu Pernikahan Adat, Modern, Hingga Islami

13 Jul 2021 | By WeddingMarket | Viewers: 86
Lagu-Lagu Pernikahan Adat, Modern, Hingga Islami
Foto: Wedding Point

Bukan rahasia lagi bahwa acara pernikahan pasti akan dilangsungkan semeriah mungkin. Mengingat bahwa pernikahan merupakan acara yang sangat membahagiakan, baik untuk sang mempelai, keluarga atau bahkan teman-teman. Maka dari itu, dalam acara pernikahan tentu akan ada yang namanya lagu-lagu pernikahan yang akan diputar untuk memeriahkan acara.

Lagu-lagu yang bisa digunakan dalam acara pernikahan sangatlah beragam. Misalnya kamu bisa menggunakan lagu dengan bahasa daerah sesuai dengan konsep pernikahan adat yang diinginkan atau kamu juga bisa menggunakan lagu-lagu Islami untuk pernikahan syari atau versi Islam.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan lagu-lagu modern untuk pernikahan yang mengusung tema modern. Agar lebih jelas, di bawah ini akan disebutkan beberapa lagu untuk acara pernikahan yang bisa kamu pilih.

Lagu Pernikahan Berbahasa Adat

Lagu-Lagu Pernikahan Adat, Modern, Hingga Islami

Foto: Chaka Music

Lagu yang menggunakan bahasa adat memang memberikan ketenangan tersendiri karena ada keunikan yang tidak bisa kamu temukan pada lagu-lagu umum lainnya. Tak jarang lagu-lagu yang berbahasa saat ini digunakan dalam sebuah acara pernikahan.

Adapun beberapa contoh lagu-lagu yang berbahasa adat dan kemudian dijadikan sebagai salah satu lagu pernikahan versi adat tersebut adalah sebagai berikut.

1. Ho Di Ahu, Ahu Di Ho (Batak)

Lagu pernikahan pertama berasal dari adat Batak. uku yang satu ini memang sangat dikenal dengan rangkaian acara pernikahan yang cukup panjang. Salah satu rangkaian acaranya adalah menyanyi yang cukup menyita perhatian masyarakat.

Lagu pernikahan Batak yang memiliki makna yang sangat unik adalah Ho Di Ahu, Ahu Di Ho. Lagu yang satu ini berisi seolah-olah kedua mempelai sedang berbicara satu sama lain tentang sebuah lagu. Sehingga membuat lagu ini terlihat semakin unik karena kamu akan saling berbalas lirik dengan pasanganmu. 

Selain lagu-lagu pernikahan Ho Di Ahu, Ahu Di Ho, suku Batak juga masih memiliki banyak sekali lagu-lagu yang bisa dinyanyikan dalam acara pernikahan. Salah satunya seperti Dongan Matua yang liriknya sangat mudah untuk dihafal, Dongani Ma Au yang terkenal memiliki nada-nada yang cukup sulit, Boan Au yang sering dipilih oleh banyak orang saat acara pernikahan adat Batak.

Kemudian lagu-lagu pernikahan yang terakhir dari adat Batak yaitu lagu Holan Au Do Mangantusi Ho yang memiliki lirik yang sangat seru dan banyak dipilih masyarakat.

2. Pamer Bojo (Jawa)

Suku Jawa memang dikenal dengan bahasanya yang medok, tetapi lagu-lagu mereka cukuplah enak untuk didengarkan. Apalagi lagu-lagu yang cocok untuk dilantunkan di acara pernikahan. Ada banyak lagu Jawa yang bisa kamu gunakan untuk acara pernikahanmu nantinya.

Misalnya pamer bojo, Banyu Langit, dan Lungiting Asmoro yang ketiga lagu tersebut dipopulerkan oleh Didi Kempot. Selain itu, ada lagu Kartonyono Medot Janji yang dipopulerkan oleh Denny Caknan.Lagu yang berjudul Lewung juga bagus untuk dinyanyikan pada saat acara pernikahan adat Jawa, karena menceritakan sepasang kekasih yang sedang kasmaran. Jika kamu ingin terbawa dalam suasana romantis yang sangat kental kamu bisa menyuruh penyanyi mu untuk menyanyikan lagu Kadung Tresno yang sangat indah itu.

Temukan MC, Band, dan Entertainment Lainnya di WeddingMarket



Lagu Pernikahan Islami

Sebenarnya di dalam agama Islam tidak mengenal lagu, melainkan di dalam Islam hanya ada sholawat dan juga nasyid. Namun seiring berkembangnya zaman kini mulai muncul trend musik gambus yang cukup diminati oleh kaum muslimin.

Maka tak heran jika saat ini kamu juga akan mendengar lagu-lagu pernikahan Islam di dalam sebuah acara pernikahan. Agar kamu tidak penasaran, di bawah ini akan disebutkan beberapa lagu, sholawat ataupun nasyid yang biasa digunakan dalam acara pernikahan Islam yaitu sebagai berikut

1. Barakallahu Lakuma (Maher Zein)

Lagu yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi di pendengarmu. Musik ini merupakan kutipan dari doa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam ketika putrinya yang bernama Sayyidah Fatimah menikah dengan Ali Bin Abi Thalib.

Maka dari itu, Maher Zain kemudian menyanyikan doa tersebut dan bisa kamu gunakan sesuka hati untuk acara pernikahan. Salah satu dari lagu-lagu pernikahan dari Maher Zain ini akan membuat pernikahanmu jauh lebih meriah dengan musik yang khas dari Timur Tengah.

2. Ketika Cinta Bertasbih (Melly Goeslow)

Lagu ini untuk orang Indonesia tentu sudah tidak asing lagi, pasalnya lagu yang dipopulerkan oleh Melly Goeslaw ini merupakan salah satu lagu yang mampu membuat hati melayang-layang ketika mendengarnya. Lagu ini memiliki makna yang sangat dalam dan pastinya sangat cocok untuk kamu gunakan di acara pernikahan.

3. Ya Asyiqol Mustafa (Sabyan)

Meskipun kamu sedang merayakan pernikahan, tentu jangan sampai kamu melupakan untuk selalu bershalawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam. Cara yang pas untuk mengingatkan dan mengajak para tamu undangan untuk selalu bershalawat adalah dengan meminta penyanyi untuk melantunkan sholawat.

Salah satu sholawat yang bisa kamu gunakan sebagai pengganti lagu-lagu pernikahan yang tepat yaitu sholawat yang berjudul Ya Asyiqol Musthofa. Hatimu akan jauh lebih tenang dan damai ketika mendengar lantunan Sholawat ini di acara pernikahan.

Lagu-Lagu Pernikahan Modern Berbahasa Indonesia

Foto: Orquestra Imperial

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki penyanyi-penyanyi hebat dengan suara yang sangat merdu serta karya-karyanya yang juga memukau pendengar setianya. Kalau ditanya siapakah yang akan menjadi penyanyi favorit atau bahkan lagu apakah yang akan menjadi lagu favorit, tentu pilihan ini sangat sulit.

Sebab lagu-lagu di Indonesia sangat enak untuk didengar, begitu pula dengan lagu-lagu yang sering digunakan sebagai lagu-lagu pernikahan. Selain memberikan suasana yang semakin romantis, lagu-lagu ini akan membuat para tamu undangan terbawa suasana atau bahkan malah menyanyi bersama dengan penyanyi di acara pernikahan.

Jika kamu tertarik untuk hadirkan lagu pernikahan romantis di acara pernikahanmu nantinya. Maka di bawah ini akan disebutkan beberapa lagu yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Adapun beberapa lagu yang dimaksud adalah sebagai berikut.

1. Akad (Payung Teduh)

Lagu yang pertama ini merupakan lagu yang dipopulerkan oleh Payung Teduh dan mampu menyita perhatian dari pecinta lagu. Kamu bisa menghadirkan salah satu dari lagu-lagu pernikahan ini di acara pernikahan karena akan sangat romantis.

2. Dia (Anji/Drive)

Lagu yang dipopulerkan oleh Anji ini berhasil membuat para pendengarnya baper dan pastinya ini bisa kamu jadikan sebagai lagu khusus dalam acara pernikahanmu. Kamu bisa memberikan kejutan kepada pasanganmu dengan cara menyanyikan lagu ini untuknya. Bisa dipastikan pasanganmu akan jauh lebih cinta kepadamu.

3. Kesempurnaan Cinta (Rizky Febian)

Tentu seseorang akan menikah karena memang sudah merasa cocok atau bahkan rasa cintanya yang sudah menggebu-gebu terhadap pasangannya. Agar semakin meningkatkan suasana romantis di acara pernikahan, kamu bisa memutar lagu yang dipopulerkan oleh anak salah satu dari komedian Indonesia yaitu Sule yang bernama Rizky Febian. Pastinya, jika kamu menghadirkan lagu ini di acara pernikahanmu, maka pasanganmu akan semakin cinta denganmu.

Demikianlah beberapa lagu-lagu pernikahan yang bisa kamu putar di acara pernikahanmu nantinya. Kamu bisa meminta bantuan dari vendor atau penyanyi yang profesional untuk menyanyikan lagunya atau bahkan kamu bisa menyanyikan nya sendiri untuk pasangan dan tamu undangan. Tentu ini akan sangat menarik, bukan?

Temukan MC, Band, dan Entertainment Lainnya di WeddingMarket

Silahkan Klik Disini


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket