Pilihan Kue Seserahan Lamaran yang Manis dan Enak - Wedding Market

Pilihan Kue Seserahan Lamaran yang Manis dan Enak

09 Jun 2021 | By WeddingMarket | Viewers: 116
Pilihan Kue Seserahan Lamaran yang Manis dan Enak
Foto: Bubble Photography

Ketika seorang pria hendak melamar pasangannya, mereka tentu mempersiapkan berbagai hantaran yang akan dibawa. Salah satu jenis hantaran yang tidak boleh dilupakan adalah kue seserahan. Kue seserahan lamaran memiliki banyak jenis, kamu bisa memilih salah satu dari beberapa jenis kue ini untuk dibawa ke rumah pasangan. 

Sama pentingnya dengan pakaian, sepatu, maupun tas yang juga diberikan ketika hantaran pernikahan dilakukan, kue dan makanan juga harus terselip diantaranya. Kue yang dipilh pun harus kue yang enak, karena tanpanya bisa-bisa kamu akan digunjingkan karena tidak memberikan kue yang layak ketika lamaran.

Pilihan Kue Seserahan Lamaran yang Manis dan Enak

Pilihan Kue Seserahan Lamaran yang Manis dan Enak

Foto: Tinghoa Info

Agar hal di atas bisa diminimalisir, berikut adalah beberapa jenis pilihan kue yang bisa kamu pertimbangkan. Kamu bisa memilih mana yang sekiranya layak dan disukai oleh pasanganmu ataupun pihak keluarganya.

  • Kue Jenang

Kue ini merupakan jenis kue tradisional yang seringkali diwajibkan ada ketika hantaran lamaran hendak diberikan. Kue ini dibuat dengan tepung beras, yang campur dengan tepung ketan dan berbagai bahan lainnya. Rasanya manis dengan tekstur yang kenyal, sehingga disukai oleh banyak orang. 

Kue seserahan lamaran ini bisa kamu buat sendiri atau dibeli dengan harga yang cukup terjangkau. Pilihan membuat kue jenang belakangan banyak diurungkan oleh pasangan pengantin karena proses membuatnya yang butuh waktu berjam-jam. Karena itulah, jika memang kamu membutuhkannya secepat mungkin, kamu bisa membelinya di pasar tradisional atau pengrajin kue tradisional. 

  • Kue Jadah 

Masih merupakan kue tradisional, kue jadah identik dengan warna putih dan rasa yang gurih. Jika kamu merupakan pria yang lahir dan besar dari suku Jawa, maka kemungkinan besar kamu akan diwajibkan untuk membawa kue ini di hantaran pernikahan yang hendak kamu lakukan. Bahan utama pembuatan kue ini adalah ketan, namun ketan yang digunakan haruslah ketan yang berbentuk nasi beras. 

Ada dua rasa kue jadah ketan yang umum digunakan, yakni rasa asin dan manis. Namun saat ini sudah ditemukan banyak varian rasa ketan lain yang membuat kamu bisa memilih sesuai dengan selera. Proses pembuatan ketan memang tidak selama kue jenang, namun kamu tetap bisa membelinya jika tidak ingin repot membuatnya sendiri. 

  • Kue Wajik

Kue wajik juga menjadi pilihan kue yang bisa kamu sisipkan di nampan kue hantaran lamaran. Rasa kue wajik yang manis membuatnya tepat disantap di berbagai suasana dengan ditemani minum kopi maupun teh. Di budaya Jawa, kue wajik hanya akan dibuat ketika hendak melangsungkan kegiatan yang besar. 

Kue seserahan lamaran ini terbuat dari beras ketan, dengan campuran santan, gula merah, daun pandan dan beragam bahan tradisional lain. Proses membuatnya memang tidak panjang, namun kamu bisa dengan mudah mendapatkannya di berbagai toko kue tradisional. Kue ini bisa dihias dengan potongan daun pandan agar terlihat cantik dan beraroma wangi. 

  • Kue Lapis

Kue lapis merupakan kue yang dibuat dengan cara mendinginkan beberapa lapisan adonan tepung beras, sehingga memberikan kesan warna pelangi karena menggunakan adonan tepung beras yang sudah diberi warna. Ia mirip dengan kue pelangi, sehingga sering disebut sebagai kue pelangi tradisional. 

Bahan membuat kue lapis cukup beragam, mulai dari tepung beras dan kanji, gula pasir, garam, santan dan juga pewarna makanan. Dulunya kue lapis dibuat dengan bahan pewarna tradisional, yakni hijau dari daun pandan, putih, merah dari buah naga, dan kuning dari kunyit. Kue lapis merupakan simbol keakraban karena warnanya dekat satu sama lain. 

  • Kue Bugis Mandi

Dari nama kuenya mungkin kamu masih penasaran seperti apa bentuk dan rasanya. Kue bugis mandi merupakan kue yang berasal dari daerah Bugis dan memiliki warna yang cantik, hijau dan putih yang dibungkus dengan plastik bening ketika disajikan. 

Kue seserahan lamaran ini memiliki rasa yang manis, sehingga pasanganmu dan keluarganya tentu akan menyukainya. Untuk versi yang lebih tradisional, kue ini bisa dibungkus dengan daun pisang, namun penggunaan plastik lebih disukai karena tidak membuat kue mudah bocor. Bahan pembuat utamanya adalah kuah santan yang dikentalkan dan diberi pemanis. 

Masih banyak jenis kue yang sering digunakan untuk menghantarkan lamaran di berbagai tempat di Indonesia. Pilihan kue tradisional untuk melakukan hantaran pernikahan dianggap lebih sopan karena menjunjung tinggi norma dan tradisi yang berlaku. Namun kamu tetap bisa menggunakan jenis kue lain, misalnya kue yang lebih modern untuk diberikan jika memang pasanganmu menyukainya. 

Semoga informasi mengenai kue seserahan lamaran tersebut dapat membantu kamu memilih mana kue yang tepat untuk hantaran pernikahan. Dengan memilih vendor kue yang tepat, kamu bisa memberikan kesan yang baik kepada keluarga pasanganmu. Ini tentu akan mempermudah jalanmu untuk melamar dan meminang pasanganmu, kemudian melangsungkan pernikahan dengannya.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket