Pilih Kategori Artikel

Hal yang Harus Diperhatikan saat Memilih Venue Pernikahan di Tahun 2020
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pernikahan, siapa yang tidak ingin menikah dan melaksanakannya sesuai keinginan yang merupakan impian semua orang. Namun bagaimana jika tidak memiliki lahan yang luas untuk menggelar acara di rumah? Satu-satunya jalan adalah menyewa gedung atau venue. Venue pernikahan di tahun 2020 memang sangat membantu para kaum millenials yang rumahnya semakin hari semakin padat.

Namun, bukan hanya masalah keterbatasan lahan saja yang membuat seseorang lebih memilih menyewa venue pernikahan. Beberapa hal sering membuat para calon pengantin merasakan kebimbangan dan venue pernikahan menjadi solusinya, di antaranya adalah:

1. Jumlah Undangan

Jika tamu yang ingin kamu undang dalam pesta pernikahan cukup banyak dan lahan di rumah tidak memadai tentu mau tidak mau harus memilih gedung atau venue pernikahan lain.

Itu belum ditambah dengan tetangga sekitar rumah yang tidak mendapat undangan resmi. Bukan hanya tetangga saja, tapi kerabat dari tamu yang diajak untuk menghadiri acara.

Ingat, lahan yang terlalu sempit akan menyebabkan tamu tidak nyaman karena ruang gerak terbatas. Lahan yang terlalu besar akan terlihat kosong jika tidak ada tamu yang mengisi. Bisa dikatakan kesuksesan acara bergantung pada pemilihan venue yang tepat.

2. Fasilitas

Andai pun lahan di rumah cukup luas untuk menyelenggarakan pesta pernikahan, kamu juga perlu untuk memikirkan hal lain. Misalnya saja lahan parkir atau fasilitas yang diberikan sewa gedung lebih lengkap (tata rias, dan lain sebagainya).

Tidak sedikit pengguna jalan merasa kesal saat jalanan diblokir untuk acara pernikahan. Kalaupun ingin melakukannya, sediakan jalan alternatif ya untuk pengguna jalan lain. Sebaiknya jalan alternatifnya bukan yang memutar lebih jauh karena hanya akan membuat pengguna jalan lain menggerutu.

3. Durasi

Kadang durasi acara menjadi salah satu pertimbangan lebih memilih menggunakan venue pernikahan. Seperti acara hanya berlangsung sekitar tiga atau empat jam mengikuti etika jam makan. Akan lebih praktis menggunakan gedung agar tidak repot di rumah.

4. Praktis dan Representatif

Praktis ini berkaitan dengan poin sebelumnya. Jika Anda hanya menyelenggarakan acara dengan durasi pendek dan tidak ingin repot di rumah dengan berbagai persiapannya maupun setelahnya, menyewa gedung adalah pilihan tepat dengan segala fasilitas yang disediakan. Yakni tidak perlu mendekor, tata rias, katering, dan lain sebagainya karena bagian dari fasilitas yang disewa.

5. Menunjukkan Kesuksesan atau Gengsi

Saat menikah, ada pasangan yang memang sudah merencanakan jauh-jauh hari untuk menggunakan gedung dengan finansial yang terkontrol baik. Namun, tidak sedikit pasangan yang merasa gengsi atau hanya mengikuti tren.

Apalagi kesan dari pernikahan yang dilakukan di gedung selain keren juga mewah. Ketika ingin mengundang seseorang yang penting, misal pejabat daerah atau lainya, menikah di gedung akan menaikkan gengsi atau pamormu sebagai pemilik acara.

Pertimbangan dalam Memilih Venue Pernikahan 2020

wm_article_img

Jika kamu sudah merasa final dengan keputusanmu dan sudah mendapatkan beberapa venue pernikahan yang bisa digunakan dan bingung memilih yang sesuai dengan keinginan, coba terapkan beberapa pertimbangan ini:

1. Cuaca

Salah satu faktor yang mempengaruhi untuk memilih sebuah venue adalah cuaca. Biasanya, jika tengah musim kemarau orang bebas untuk memilih menggunakan tema outdoor tanpa takut akan hujan yang datang kapan saja.

Pun sebaliknya ada beberapa alasan mengapa orang lebih memilih menggunakan gedung. Di antaranya konsep acara yang memang mengharuskan untuk indoor, cuaca sedang musim hujan atau pancaroba, lebih privasi, suasana di gedung yang ber-AC sehingga dingin dan nyaman membuat riasan tetap menawan.

2. Budget

Ada banyak pilihan yang bisa dipilih sebagai venue pernikahan di tahun 2020, seperti kafe atau restoran, gedung serbaguna, hotel, pantai, taman, dan lain sebagainya, Semua itu biasanya disesuaikan dengan budget dan fasilitas yang diberikan.

Contohnya saja budget menggunakan gedung serbaguna yang lebih murah sewanya dibanding dengan hotel. Fasilitas juga bisa menentukan tinggi rendahnya Anda mengeluarkan biaya.

Misal menggunakan wedding organizer dengan permintaan penggunaan venue di luar rekanan akan dikenakan biaya tambahan.

3. Konsep Pernikahan

Konsep pernikahan mungkin sudah disepakati bersama, tapi kamu juga perlu membuatnya lebih detail, Dear. Apakah ingin menggelar acaranya secara indoor atau outdoor? Bagaimana dengan dananya?

Tema undangan juga bisa mempengaruhi tingkat kenyamanan tamu undangan. Setelah semua sudah final, kamu bisa mulai mencari venue pernikahan yang tepat dengan tema dan konsep yang ditentukan.

4. Lokasi

Jangan lupakan lokasi dari venue yang dipilih. Usahakan untuk memilih gedung yang berlokasi strategis, mudah dijangkau baik menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

Jika memilih menggunakan konsep outdoor, biasanya venue pernikahan bertempat sedikit jauh dan bukan di pusat kota.

Kamu perlu mempertimbangkan waktu tempuh ke sana, Dear dan waktu dimulainya acara untuk menghindari para tamu datang terlambat atau bahkan enggan datang karena tempatnya yang sedikit jauh.

5. Vendor Pernikahan

Beberapa venue pernikahan sudah memiliki kerjasama dengan beberapa vendor seperti untuk masalah catering, tata rias, fotografi, dan lain sebagainya. Biasanya, venue akan meminta untuk menggunakan jasa vendor tersebut jika ingin menggelar acara di sana.

Tidak ada salahnya mengikuti aturan, tapi pelajari dengan baik vendor yang disediakan. Pastikan memiliki rekam jejak yang baik dan detail lainnya untuk menghindari adanya biaya tambahan tanpa sepengetahuan.

Jika merasa tidak cocok dengan vendor yang disediakan, cobalah beralih ke venue lain yang lebih fleksibel atau mencari venue di mana vendor kepercayaanmu bermitra.

Langkah Penting Menentukan Venue Pernikahan agar Acara Sukses

wm_article_img

a. Kumpulkan Beberapa Venue Terbaik

Langkah pertama adalah mencari beberapa rekomendasi venue pernikahan terbaik di daerahmu. Kumpulkan data-datanya dan pilih dua atau tiga tempat saja yang sekiranya cocok dengan konsep pernikahan.

b. Survei Lokasi

Sebelum benar-benar memutuskan memesan salah satu venue, datang dan lihat sendiri bagaimana kondisi tempat tersebut. Tanyakan pula ada fasilitas apa saja yang disediakan dan beberapa detail lain yang perlu Anda ketahui, misal biaya lain yang harus Anda keluarkan di luar fasilitas yang tersedia.

c. Pesan Segera

Jika sudah merasa cocok dengan lokasi dan tempatnya serta tanggal telah ditentukan, lebih baik segera memesannya. Apalagi jika acara digelar pada saat weekend yang bakal banyak berebut dengan pasangan lain.

Beberapa venue menyebutkan bahwa idealnya untuk memesan tempat sekitar 6 sampai 12 bulan sebelum acara. Ini untuk menghindari tanggal yang semula kosong sudah terisi dengan calon pengantin lain. Akibatnya kamu dan pasangan harus susah payah mencari venue lain.

d. Lakukan Technical Meeting

Banyak pasangan melakukan technical meeting sebelum acara, ini dimaksudkan agar vendor lain mampu mempelajari venue tersebut sebelum terlaksananya acara. Sehingga semua bisa terkonsep dengan baik dan kesan acara pun sempurna di mata undangan. Semua tertata rapi.

e. Mendatangi Venue sebelum Hari H

Mendatangi venue sebelum acara juga penting loh untuk memastikan semua berjalan aman, sempurna, dan sesuai dengan rencana. Semisal ada yang kurang berkenan kamu bisa masih ada waktu untuk mengubahnya. Tentunya jika itu hanya perubahan kecil yang tidak memakan waktu lama.

Bagaimana dengan langkah-langkah memilih venue pernikahan 2020 di atas? Sudah memberikan gambaran bagaimana memulai mencari venue yang tepat untuk acaramu? Jika susah, saatnya kamu temukan vendor venue pernikahan terbaik hanya di Wedding Market.

Foto: Gusmank Photo, Bali Pixtura

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...