Pilih Kategori Artikel

Seserahan Pernikahan Sederhana? Tidak Jadi Masalah!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Budget untuk mempersiapkan sebuah pernikahan itu tidak sedikit, jadi tidak heran bila banyak calon pengantin yang memilih untuk memberikan seserahan pernikahan sederhana. Apa kamu salah satunya?

Jika iya, jangan khawatir, meskipun isi dari seserahan kamu itu simple dan bukan barang mewah, ada banyak cara untuk membuatnya tampak istimewa, seperti menyiasati packaging dan hiasannya. Kamu tidak perlu pusing, coba saja tips-tips berikut ini!

  • Kotak mika dengan hiasan simple, bisa jadi alternatif pertama kamu

 wm_article_img

Mika adalah bahan yang terbuat dari plastik tebal dan tembus pandang. Dengan menggunakan kotak tembus pandang ditambah dengan hiasan simple yang oke, seserahan pernikahan sederhana kamu akan tampak cantik.

Kamu bisa memasukkan seperangkat alat sholat, make up, tas, atau apa saja di atas nampan seserahan berwarna emas, bisa juga silver, lalu tutup dengan kotak mika. Sebagai sentuhan akhir, kamu bisa menambahkan pita berukuran sedang atau bunga-bunga sebagai hiasannya. Jangan terlalu berlebihan menghiasinya, apalagi memberi hiasan warna-warni, nanti kesan elegannya akan hilang dan malah terlihat norak.

  • Untuk tempat perhiasan, kamu bisa gunakan kotak berbahan kayu

 wm_article_img

Biasanya wadah perhiasan yang digunakan untuk seserahan adalah yang berbahan beludru dengan warna merah atau hitam. Nah, kamu bisa memilih sesuatu yang berbeda. Kini banyak dijual kotak perhiasan dari kayu yang diukir dengan cantik dan memiliki warna beragam. Kamu bisa membeli yang seperti itu, cari ukiran yang senada dengan kotak seserahan kamu yang lainnya.

Atau, kamu bisa pesan, kalau memesan sendiri, kamu bisa minta ingin design seperti apa, bisa juga minta menambahkan ukiran inisial nama kamu dan pasangan, loh! Atau bisa jadi, kamu mau membuatnya sendiri khusus untuk calon istrimu. Selain lebih istimewa, kotak perhiasan berbahan kayu akan lebih aman dan tidak lagi memerlukan banyak hiasan karena dengan ukirannya saja, kotak tersebut sudah tampak cantik.

  • Tidak hanya kotak kayu, kamu bisa juga gunakan terrarium

 wm_article_img

Terrarium adalah sebuah wadah yang terbuat dari kaca atau plastik yang biasanya digunakan sebagai media untuk menanam tanaman hias seperti kaktus. Namun, seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang kreatif, dan menjadikannya terrarium sebagai kotak untuk seserahan yang biasanya diisi dengan perhiasan. Bentuk terrarium sendiri beragam, seperti persegi lima dan ada juga yang berbentuk sangkar burung.

Nah, karena keunikan bentuk terrarium tersebut, kamu juga bisa menjadikannya sebagai kotak perhiasan untuk seserahan pernikahan sederhana yang kamu pilih. Tidak perlu menghiasnya secara berlebih, cukup dengan rumput hijau segar dan sepucuk bunga, perhiasan seserahan kamu akan terlihat sangat elegan dan cantik.

  • Sangkar burung sebagai wadah seserahan, kenapa tidak?

 wm_article_img

Coba pikirkan bila seserahanmu diletakkan dalam sangkar burung kayu yang kemudian dihias secukupnya dengan pita dan bunga imitasi, pasti akan terlihat sangat menarik dan unik, bukan? Jarang-jarang orang terpikir menggunakan sangkar burung sebagai wadah seserahan pernikahan.

Sekalipun seserahan tersebut hanya berisi handuk dan peralatan mandi, tapi jika tempat dan hiasannya kreatif begini, siapa sih yang tidak akan memuji? Dengan menggunakan sangkar burung yang dibubuhi hiasan cantik, seserahan pernikahan sederhana kamu tidak akan lagi terlihat sederhana, malah jadi mengagumkan!

  • Seperangkat alat make up di dalam kotak kaca. Ah, siapa yang sangka?

 wm_article_img

Semua perempuan suka dan pasti membutuhkan make up. Jadi, memberikan seperangkat alat make up sebagai seserahan adalah hal yang tepat. Tidak perlu memberikan make up yang harganya berjuta-juta, make up sederhana saja sudah cukup, tapi pastikan make up yang kamu berikan adalah yang digunakan pasangan kamu ya, kalau tidak nanti akan sia-sia karena tidak terpakai.

Supaya seserahan pernikahan sederhana yang terdiri dari seperangkat alat make up ini terlihat makin cantik, kamu bisa menatanya dalam kotak kaca yang juga dihiasi oleh bunga mawar asli berwarna merah muda. Make up dan mawar, 2 hal yang bisa membuat tiap perempuan makin tersenyum lebar.

  • Karena buket bunga sudah biasa maka, buket uang bisa jadi pilihan

 wm_article_img

Selain akan layu, memberikan buket bunga, sudah biasa! Ganti saja dengan buket mahar uang kertas. Tidak perlu dibuat dengan uang kertas bernilai tinggi, kamu juga bisa masukan uang-uang kertas zaman dulu, uang kertas 100 rupiah yang berwarna pink itu bisa jadi pilihan pertama kamu. Ditambahkan dengan hiasan secukupnya, buket bunga uang kertas kamu akan tampak indah!

Cara menatanya pun mudah, kamu tidak perlu melipat-melipat uang atau mengkreasikan bentuk uangnya, kamu cukup menatanya seperti sedang menata bunga dan sebagai pemanis kamu bisa menambahkan bunga mawar atau daisy, atau bunga lain yang sesuai dengan warna uang yang kamu gunakan. Untuk seserahan yang satu ini tidak hanya manis, tapi juga akan membuat siapa saja yang melihat berdecak kagum.

Baca juga: Makna Seserahan dalam Pernikahan Adat Jawa

Seserahan pernikahan sederhana bukan jadi masalah. Sebab, dalam sebuah acara pernikahan yang terpenting adalah prosesi akad nikahnya, bukan? Walaupun begitu, seserahan pernikahan juga wajib diperhatikan karena ini adalah simbolis kalau kamu, sebagai calon suami, akan mampu memenuhi kebutuhan istrimu kelak. Tidak harus dengan barang-barang mewah, seserahan pernikahan sederhana saja sudah cukup, asalkan kamu bisa mengakalinya agar tidak terlihat sesederhana isinya. So, semoga tips kami membantu kamu!

Foto: IG/jihanseserahan, mycactusid, seserahan_by_rosearbor, florerist_id

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...