Pilih Kategori Artikel

Deretan Menu Paket Catering Pernikahan Hemat Yang Bisa Kamu Coba
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pernikahan menjadi salah satu momen sakral yang banyak dinantikan oleh setiap orang. Momen yang cukup istimewa ini membuat banyak pihak berupaya untuk memberikan hal yang terbaik mulai dari prosesi upacara pernikahan hingga acara resepsinya. Namun, dengan budget terbatas, kamu perlu mensiasati dengan baik. Salah satunya memilih menu paket catering pernikahan hemat!

Ketika melangsungkan sebuah acara resepsi, salah satu komponen utama yang tidak bisa dilepaskan adalah sajian makanan atau catering. Selain dekorasi dan juga susunan acara yang berkesan, sajian catering merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan karena catering menjadi salah satu kesan utama yang aka dikenang oleh para tamu undangan yang hadir dalam rangkaian acara istimewa tersebut.

Semakin istimewa sajian yang ada dalam acara resepsi tersebut, tentu akan semakin banyak tamu yang juga terkesan dengan menu-menu sajian yang ada. Sebagai tuan rumah yang baik, tentu kamu tidak ingin bukan jika rangkaian acara istimewa tersebut menjadi ‘hambar’ karena pilihan catering yang terkesan biasa-biasa saja dan bahkan bernilai kurang?

Deretan Menu Alternatif Untuk Paket Catering Pernikahan Yang Hemat

wm_article_img

Catering dalam bentuk prasmanan kini banyak dipilih oleh berbagai kalangan karena terkesan lebih hemat. Tak terkecuali dalam acara resepsi pernikahan. Kini banyak menggunakan catering dalam bentuk prasmanan dengan beberapa pilihan menu. Gaya prasmanan yang digunakan pada acara-acara seperti pernikahan tentu akan memudahkan para tamu dalam memilih jenis hidangan hanya yang mereka suka.

Selain memudahkan para tamu undangan dalam memilih menu-menu hanya yang mereka suka, catering prasmanan juga lebih hemat. Sebelum memilih paket catering pernikahan hemat, hal penting yang perlu kamu lakukan adalah memperkirakan jumlah tamu yang akan hadir pada acara istimewa tersebut.

Setelah memperkirakan jumlah tamu yang akan hadir pada acara istimewa tersebut, maka kamu bisa mulai memilih paket-paket menu yang akan digunakan sebagai sajian pada acara resepsi pernikahan tersebut. Memilih catering dalam bentuk prasmanan tentu akan memberikan mu kebebasan dan juga keleluasaan dalam mengatur menu serta perkiraan porsinya. Sebagai bahan referensi, berikut adalah beberapa menu pilihan paket catering pernikahan hemat yang bisa kamu coba.

1. Nasi Putih

Menu yang satu ini rasanya menjadi menu wajib yang harus ada dalam acara pernikahan. Seperti yang telah diketahui bahwa nasi menjadi makanan pokok sebagian besar rakyat Indonesia. Banyak yang mengatakan ‘belum makan jika belum makan nasi’. Oleh karena itu, menyediakan menu nasi putih merupakan pilihan yang sangat pas untuk lidah orang Indonesia.

Meskipun nasi merupakan makanan utama orang Indonesia, namun sebaiknya jangan terlalu banyak dalam memesan porsi nasi pada acara resepsi pernikahan. Hal ini karena orang-orang cenderung mengambil menu-menu berbahan nasi dalam porsi yang lebih sedikit. Dengan mengurangi menu porsi nasi, maka sebagian dananya bisa kamu alihkan ke pilihan menu lainnya sebagai pelengkap.

2. Daging Teriyaki

Sebagai pelengkap nasi, menu daging teriyaki merupakan pilihan yang pas untuk menu catering yang hemat. Daging teriyaki dapat dijadikan sebagai menu lauk pendamping yang sangat pas untuk menu nasi putih.

Fillet daging yang dipadukan dengan saus teriyaki bisa menjadi ‘pengobat’ bagi para tamu yang ingin menyantap menu nasi. Menu fillet daging teriyaki cenderung lebih terjangkau dan juga praktis bila dibandingkan dengan menu-menu lauk pendamping lainnya.

3. Pakcoy Saus Tiram

Selain menu nasi putih dan daging teriyaki sebagai lauk, Pakcoy Saus Tiram pun bisa menjadi menu istimewa yang bisa disajikan sebagai pelengkap menu hidangan catering. Tambahan menu berupa sayuran tentu akan membuat hidangan menjadi terkesan lebih berwarna dan juga kaya rasa.

Meskipun terkesan sederhana, namun jika menu-menus ini memiliki cita rasa yang cukup menggoda selera, tentu akan menjadi kesan tersendiri bagi para tamu undangan yang menghadiri acara resepsi pernikahan kamu.

4. Menu Gubukan Bakso

Ketika menghadiri suatu acara biasanya banyak para tamu yang cenderung akan melirik menu gubukan terlebih dahulu ketimbang menu utama. Menu gubukan yang terkesan berbeda tentu akan lebih menarik para tamu bila dibandingkan dengan menu utama yang dihidangkan dibagian tengah.

Salah satu menu  paket catering pernikahan hemat yang bisa kamu pilih untuk menu gubukan adalah Bakso Malang. Menu yang banyak digemari oleh berbagai kalangan ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk menghemat budget paket yang kamu miliki. Rasa bakso lezat dengan kuah segar ini sangat cocok untuk semua lidah. Melihat menu gubukan ini, siapa yang akan menolak?

5. Siomay

Menu paket catering pernikahan hemat yang bisa kamu pilih berikutnya adalah Siomay. Menu yang termasuk ke dalam jenis gubukan ini tentu banyak yang akan menyukainya. Perpaduan siomay dengan bumbu kacang yang lezat tentu akan membuat siapa pun menyukai sajian hidangan yang satu ini.

Relatif cukup banyak penggemar siomay di Negeri ini. Mulai dari anak-anak, remaja, dan bahkan hingga orang tua pun banyak yang gemar untuk menyantap makanan ini. Oleh karena itu, menyediakan menu gubukan siomay bisa menjadi salah satu pilihan hemat yang bisa kamu pilih untuk acara resepsi pernikahan mu.

6. Menu Pempek Palembang

Cita rasa Pempek yang lezat menjadikan hidangan ini sebagai salah satu menu yang cukup banyak penggemarnya. Keberadaan pempek tentu akan sangat sulit untuk ditolak oleh para tamu undangan mengingat cita rasa menu hidangan yang satu ini cukup lezat. Pempek termasuk ke dalam golongan camilan berat karena menggunakan bahan pembuatan dari tepung yang dicampur dengan kaldu ikan dan juga sejumlah isian di dalamnya.

Menu Gubukan Pempek termasuk ke dalam salah satu menu paket catering pernikahan hemat karena harganya yang cukup ramah di kantong. Selain itu, penyajian menu yang satu ini juga cukup mudah dan praktis karena tinggal mencampurnya dengan kuah cuka dan juga acar.

7. Es Krim

Es krim bisa kamu pilih sebagai menu hidangan penutup. Selain menu-menu makanan berat, para tamu biasanya juga akan mencari menu-menu ringan sebagai salah satu pilihan. Es krim bisa menjadi pilihan yang sangat pas untuk digunakan sebagai pencuci mulut. 

Ketika memilih es krim sebagai menu penutup, kamu perlu cermat dalam memperkirakan biaya untuk menu yang satu ini. Tidak perlu memilih es krim bermerek yang tentu justru akan menguras kantong. Pilih saja es krim dengan harga terjangkau yang bisa kamu temui atau direkomendasikan oleh jasa catering yang kamu pilih.

8. Potongan Buah

Potongan buah juga menjadi menu yang tidak boleh kamu lupakan. Tidak perlu menggunakan berbagai macam jenis buah-buahan. Pilih saja dua atau tiga jenis buah berbeda untuk dijadikan hidangan ini. Agar lebih hemat, kamu bisa memilih buah-buahan seperti melon, semangka, ataupun pepaya.

Buah-buahan yang disajikan dalam bentuk potongan dadu dengan ukuran yang tidak terlalu besar  tentu bisa menjadi salah satu cara untuk mengatur pengeluaran yang berlebih. Jika kamu memesan menu ini ke jasa catering, biasanya mereka sudah memiliki standar ukuran potongan tersendiri yang tidak terlalu ‘memalukan’ untuk dipandang.

Itulah beberapa rekomendasi pilihan menu paket catering pernikahan hemat yang bisa kamu jadikan referensi. Deretan menu di atas bukanlah sesuatu yang mutlak karena juga disesuaikan dengan konsep acara dan juga budget yang ingin kamu habiskan dalam acara resepsi tersebut. 

Namun setidaknya, beberapa menu rekomendasi di atas bisa menjadi sedikit gambaran dalam memilih menu-menu istimewa untuk sajian di acara yang penuh momen. Jangan lupa konsultasikan dengan vendor catering pernikahan pilihanmu, ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...