Inspirasi Kebaya Pengantin Hijab untuk Hari Pernikahan

09 Sep 2019 | By Wedding Market | Viewers: 664
Inspirasi Kebaya Pengantin Hijab untuk Hari Pernikahan
Inspirasi Kebaya Pengantin Hijab untuk Hari Pernikahan - Foto: Lixnet AG

Inspirasi kebaya pengantin hijab makin dicari karena Kini semakin banyak wanita Indonesia yang mengenakan hijab, bahkan di hari pernikahan pun kebaya pengantin hijab juga mulai diminati. Sudah sangat banyak vendor atau toko busana yang menyediakan beragam jenis kebaya pengantin hijab yang dapat dipilih sesuai keinginan hati pengantin muslimah. Model-model kebaya pengantin hijab kini berjejer mulai dari yang tradisional hingga modern.

Busana pengantin kebaya juga merupakan salah satu pilihan utama bagi banyak calon pengantin wanita di samping gaun pengantin. Selain karena kebaya menjadi identitas utama busana Indonesia, mengenakan kebaya pengantin pada hari pernikahan juga memberikan kesan yang anggun. Seperti pada proses pemilihan kebaya pengantin lainnya, memilih kebaya pengantin hijab pun harus memperhatikan beberapa aspek penting, mulai dari biaya hingga konsep pernikahan yang diangkat. Meski mengenakan hijab terkadang masih terkesan kontemporer, kebaya pengantin hijab kini sudah banyak yang dirancang dengan model yang sangat modern sehingga cocok dikenakan meski zaman sudah berubah.

Sebelum menentukan pilihan jenis kebaya pengantin hijab yang digunakan, ada baiknya pertimbangkan dulu beberapa hal berikut:

  • Konsep dan Tema Pernikahan

Dengan mengetahui konsep dan tema acara pernikahan, calon pengantin dapat lebih jelas dalam menentukan inspirasi kebaya pengantin hijab yang akan digunakan.

Jika mengangkat konsep pernikahan tradisional atau adat, kamu bisa berkonsultasi dengan vendor penyedia busana pengantin atau pihak wedding organizer untuk menentukan model kebaya hijab seperti apa yang cocok dengan tema pernikahan dan tubuhmu, sehingga akan membuat penampilanmu terlihat sempurna pada hari pernikahan.

  • Biaya

Hal ini juga menjadi salah satu faktor yang sangat penting untuk dipertimbangkan. Pilihlah kebaya pengantin hijab yang harganya sesuai dengan anggaran yang telah dipersiapkan.

Jangan memilih kebaya yang harganya jauh melampaui anggaran. Pemilihan model kebaya yang harganya masuk dalam anggaran biaya akan membantumu tidak bermasalah dengan kebutuhan lainnya.

  • Bahan Tebal dan Tertutup

Tujuan utama dari pemilihan kebaya pengantin hijab adalah untuk memenuhi salah satu syariat dalam agama Islam, yaitu menutupi bagian-bagian tubuh yang tergolong aurat. Pilihlah kebaya pengantin yang berbahan tebal. Model kebaya juga harus tertutup, sehingga tidak menampilkan kulit. Jika bahan kebaya memiliki bagian transparan, atasi dengan pemakaian baju dalam dengan warna senada sebelum mengenakan kebaya.

Selain tertutup, pilihlah model kebaya yang agak lebar sehingga membantu menyembunyikan lekuk tubuhmu. Untuk masalah model kebaya ini, konsultasikan dengan ahlinya agar jangan sampai salah memilih model kebaya pengantin yang nantinya akan membuat penampilan menjadi kurang sempurna.

  • Senada dengan Busana Pengantin Pria

Dalam proses pemilihan kebaya pengantin hijab, perhatikan juga busana pengantin pria agar tetap terlihat serasi. Kebaya pengantin hijab sebaiknya dibuat serasi dan senada dengan busana pengantin pria, khususnya dalam hal warna dan konsep.

Jika memang kebaya pengantin hijab pada pengantin wanita memiliki model yang unik dan kompleks, sebaiknya pengantin pria menggunakan setelan jas dengan warna atau konsep yang senada. Pemilihan busana yang kurang pas antara pengantin pria dan wanita akan membuat penampilan menjadi terlihat kurang elok dan kompak.

Nah, Jika sudah memahami hal-hal dasar dalam pemilihan kebaya pengantin hijab, kini saatnya mengamati model-model inspirasi kebaya pengantin hijab yang dapat menjadi inspirasi di hari pernikahan.

  1. Kebaya Pengantin Dress Hijab

Kebaya pengantin hijab model ini sangat laris manis di kalangan calon pengantin berhijab. Model kebaya dengan bentuk dress sangat mudah dimodifikasi sesuai keinginan. Selain itu, model dan bentuknya pun sangat beragam sehingga dapat membantu calon pengantin dalam menentukan pilihan.

Bentuk dress atau gaun yang identik dengan bawahan yang lebar membuat pengantin muslimah merasa lebih nyaman karena dapat menyembunyikan lekuk tubuh. Perpaduan dress dengan kebaya pengantin hijab sebagai atasan juga membuat pengantin terlihat sangat anggun. Pilih bentuk kebaya yang tertutup hingga bagian leher, kemudian aplikasikan hijab dengan warna dan bahan yang senada dengan kebaya pengantin. Sebagai pelengkap penampilan, pasangkan mahkota pada kepala pengantin.

  1. Kebaya Pengantin Hijab Gamis

Sedikit berbeda dengan kebaya pengantin dress hijab yang cenderung meriah, kebaya pengantin hijab dengan model gamis cenderung lebih sederhana. Seperti model gamis pada umumnya, kebaya ini panjang menjuntai hingga menutupi mata kaki. Untuk bahan sendiri, kebaya pengantin gamis memiliki bahan yang lebih lemas dibanding kebaya pengantin dress. Lapisan dalamnya pun tidak akan terlalu mengembang dan meriah.

Selain itu, kebaya model ini tertutup dari bagian leher hingga mata kaki. Jika ada bagian yang transparan, kamu bisa menggunakan lapisan dalam untuk menutupinya. Pilih kebaya pengantin sesuai dengan ukuran tubuh agar tidak terlalu ketat atau longgar. Pilihlah hijab dengan warna senada dan lapisi lagi dengan kain kerudung atau selendang yang panjang menjuntai karena akan membuat penampilan terlihat lebih syar’i dan anggun.

  1. Kebaya Pengantin Hijab Tradisional

Jika konsep pernikahanmu tradisional, pemilihan kebaya pengantin hijab yang digunakan harus disesuaikan dengan busana pernikahan adat daerah yang diusung.

Biasanya, kebaya untuk pengantin berhijab dimodifikasi sehingga lebih tertutup, tetapi model dan warna yang digunakan tetap akan dipengaruhi oleh busana pengantin daerah tersebut. Komunikasikan dengan perancang busana atau ahlinya agar kebaya pengantin yang digunakan dapat disesuaikan dengan penampilanmu yang berhijab.

  1. Kebaya Pengantin Hijab Batik

Siapa bilang menggunakan batik selalu terkesan kaku? Bagi kamu yang ingin tampil beda, sekarang ini juga populer kebaya pengantin dengan motif batik. Model kebaya pengantin hijab batik dapat disesuaikan untuk pengantin berhijab, misalkan dibuat panjang atau atasan kebaya motif batik dipadankan dengan rok panjang dengan warna yang senada.

Bagian kebaya juga bisa dibuat tertutup dan berlengan panjang sehingga menutup aurat. Hijab yang digunakan harus menggunakan warna senada dan bisa ditambahkan mahkota sebagai penghias kepala. Kebaya pengantin hijab dengan model batik ini akan memuatmu terlihat anggun, tetapi tetap sederhana.

Nah, berikut adalah beberapa inspirasi kebaya pengantin hijab yang dapat dijadikan pertimbangan. Model apa pun yang kamu pilih, pastikan tetap menutup aurat serta lekuk tubuhmu agar tetap terlihat sopan dan syar’i, ya!


Artikel Terkait



Temukan Vendor Untuk Pernikahan