Kisaran Harga Fotografer Pernikahan dan Apa Saja yang Bisa Kamu Dapatkan

16 Sep 2020 | By Wedding Market | Viewers: 72
Kisaran Harga Fotografer Pernikahan dan Apa Saja yang Bisa Kamu Dapatkan
Foto: Weddbook

Setiap orang pasti ingin memiliki momen pernikahan impian sesuai dengan yang diharapkan. Beberapa orang ada yang memiliki konsep pernikahan idaman yang berusaha diwujudkan dengan berbagai kriteria seperti mencari informasi harga fotografer pernikahan yang dilakukan sejak awal merencanakan pernikahan. Namun beberapa kalangan lainnya ada juga yang tidak memiliki konsep secara detail dan hanya berharap acara pernikahannya berjalan dengan lancar.

Meski tidak  memiliki konsep pernikahan idaman, namun tentu kamu tetap harus menyusun segala aspek penting dalam pernikahanmu dengan teliti. Ada berbagai hal yang wajib untuk kamu urus dengan baik sejak awal proses pernikahan seperti dekorasi, venue pernikahan, susunan acara, busana pernikahan, hingga dokumentasi pernikahan.

Kamu tentu harus mengetahui kisaran harga vendor dan biaya lainnya untuk menyusun rincian biaya pernikahan secara keseluruhan. Untuk mempersiapkan pernikahan yang sempurna, kamu bisa memulai proses pernikahanmu dengan mempersiapkan hal yang ringan seperti dokumentasi pernikahan terlebih dahulu.

Dokumentasi pernikahan terkadang menjadi hal yang terakhir di urus karena dinilai cukup mudah diurus. Namun sebenarnya dokumentasi pernikahan menjadi hal penting yang harus diurus seteliti mungkin sama seperti persiapan lainnya karena akan memberikan pengaruh yang cukup penting untuk pernikahanmu.

Memilih team fotografer yang tepat bisa mempengaruhi hasil dokumentasi dari acara sakral yang kamu gelar sehingga pemilihannya harus dilakukan seteliti mungkin. Saat memilih team fotografi yang akan kamu gunakan, ada beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan diantaranya :

  • Harga fotografer pernikahan
  • Jenis layanan yang disediakan
  • Testimoni dari konsumen lain
  • Hasil pekerjaan sebelumnya

Hal-hal tersebut merupakan hal dasar yang wajib kamu pertimbangkan untuk mendapatkan team fotografer yang sesuai dengan harapanmu. Sama seperti jenis jasa lainnya, setiap vendor di dunia fotografi memiliki jenis layanan yang serupa yaitu menyediakan jasa untuk mengabadikan momen-momen tertentu lewat kamera baik berupa foto maupun video.

Namun meski memiliki jenis layanan yang serupa, namun setiap vendor tentu memiliki perbedaan dari segi prosedur dan kualitas pekerjaan. Jika kamu sering bertanya mengapa harga jasa fotografer berbeda-beda, maka hal inilah yang menjadi penyebab utamanya.

Harga fotografer pernikahan memang dipengaruhi oleh beberapa hal seperti jenis layanan yang disediakan hingga hasil pekerjaan yang akan kamu terima. Untuk membedakan harga sesuai dengan hasil pekerjaan yang diberikan, team fotografer biasanya membuat layanan jasa dalam bentuk paket.

Range Harga Fotografer Pernikahan dan Apa Saja yang Akan Kamu Dapatkan

Range Harga Fotografer Pernikahan dan Apa Saja yang Akan Kamu Dapatkan
Foto: Leah and Mark

Jika kamu mempersiapkan sebuah pernikahan, maka fotografer pernikahan yang akan kamu sewa pasti memberikan pilihan paket pernikahan sesuai dengan layanan yang dimiliki. Ada beberapa range harga yang biasanya diterapkan sesuai dengan paket yang dimiliki. Berikut ini beberapa range harga yang sering ditawarkan oleh vendor fotografi beserta dengan rincian paket yang diberikan.

Range Harga Rp.1.000.000,- hingga Rp. 5.000.000,-

Dalam dunia bisnis jasa, range harga fotografer pernikahan biasanya tidak kurang dari Rp. 1.000.000,- . Jika kamu mendapatkan vendor fotografi yang kurang dari Rp. 1.000.000,- maka kamu harus benar-benar meneliti kualitas dari vendor tersebut sebelum kamu melakukan kerjasama.

Harga yang paling wajar biasanya berkisar antara Rp. 1.000.000,- hingga Rp. 5.000.000,- . Di range harga ini, kamu bisa mendapatkan berbagai vendor pilihan sebagai referensi untuk kamu pilih.

Vendor  fotografi pernikahan yang memiliki paket dengan kisaran harga ini biasanya menyediakan Jenis layanan yang cukup sederhana. Paket yang disediakan diantaranya:

  • Foto saat acara wedding
  • Satu video selama acara wedding
  • Hard copy hasil liputan foto dan video berbentuk DVD
  • Album cetak

Salah satu vendor yang menyediakan layanan dengan harga fotografer pernikahan ini adalah Fes Production  yang menyediakan paket seharga Rp Rp3.000.000 untuk layanan foto dan video dengan output berupa album cetak sebanyak 22 halaman, DVD soft copy file foto, serta DVD berisi video selama liputan wedding.

Selain vendor tersebut ada juga beberapa vendor yang membanderol  biasanya senilai Rp1.000.000 namun hanya menyediakan jasa foto saja. Kisaran harga 1 sampai  5 jutaan memang termasuk dalam range harga yang paling murah jika dibandingkan dengan jenis layanan yang ditawarkan oleh para vendor.

Range Harga Rp. 6.000.000,- Hingga Rp. 10.000.000,-

Range harga fotografer pernikahan yang termasuk dalam range harga menengah ada di Kisaran 6 hingga 10 jutaan. Paket jasa fotografi pernikahan dengan kisaran harga ini bisa dengan mudah kamu dapatkan di berbagai daerah.

Salah satu vendor yang menyediakan paket fotografi dengan kisaran harga ini adalah Proscapictura. Proscapictura menawarkan paket termurah seharga Rp. 7.000.000. Dengan memilih paket ini, kamu akan mendapatkan hasil layanan berupa :

  • Durasi foto dan video selama 6 jam
  • Proses dikerjakan oleh 2 fotografer dan 1 videografer
  • 1 album kolase 20x60cm
  • 1 album pengantin custom
  • Hasil rekaman video klip berdurasi 1 menit
  • Hasil rekaman video dokumenter berdurasi 20 menit
  • 1 buah flashdisk berisi seluruh soft file dokumentasi
  • Fasilitas edit 50 file

Harga fotografer pernikahan dan paket yang disediakan di Proscapictura ini juga banyak dimiliki oleh vendor lain meski dengan rincian paket dan spesifikasi harga yang sedikit berbeda. Dengan paket dokumentasi kelas menengah ini, kamu bisa menggelar pernikahan yang sempurna dengan dokumentasi yang apik.

Range Harga Rp. 11.000.000,- Hingga Rp. 20.000.000,-

Untuk range harga vendor dokumentasi pernikahan selanjutnya ada di kisaran 11 hingga 20 juta. Untuk range harga ini, biasanya kamu akan mendapatkan fasilitas layanan yang cukup lengkap seperti yang dimiliki oleh Prisma Picture. Prisma Picture menyediakan paket premium wedding yang dibanderol seharga Rp. 15.270.000,- .

Harga fotografer pernikahan ini termasuk harga yang tepat jika dibandingkan dengan hasil yang akan kamu terima. Dengan menggunakan paket ini, kamu akan mendapatkan fasilitas dan hasil sebagai berikut :

  • Sesi foto selama satu hari
  • Proses dokumentasi dibantu oleh 3 fotografer dan 2 videografer
  • Hasil output berupa sinematik klip wedding berdurasi 3 hingga 5 menit
  • Fasilitas pembuatan video dokumenter berdurasi 30 menit
  • Fisik album 10 sheet 20x30cm lengkap dengan suitcase sebanyak 2 album
  • Hasil cetak 2 foto berukuran 40x60cm + frame
  • Flashdisk berisi semua soft file hasil perekaman
  • Free 1 menit video untuk diposting di instagram

Dengan fasilitas yang ada, harga fotografer pernikahan yang dipatok oleh Prisma Picture dinilai menjadi harga yang tepat. Kamu bisa mendapatkan layanan yang cukup lengkap dengan membayar harga yang tidak terlalu mahal.

Itulah beberapa range harga beserta isi paket yang bisa menjadi patokan saat kamu mencari team fotografer untuk acara sakralmu. Selain ketiga range harga tersebut, banyak juga vendor-vendor yang mematok harga lebih tinggi dengan fasilitas yang lebih mewah seperti perekaman yang dimulai sejak proses pranikah (pengajian dan siraman).

Harga fotografer pernikahan dipatok berdasarkan fasilitas yang dimiliki oleh vendor yang bersangkutan. Kamu hanya perlu memilih dan mempertimbangkan dengan teliti vendor dan fasilitas mana yang akan dipilih sesuai dengan selera dan budget yang kamu miliki. Ketelitian dalam memilih vendor pernikahan akan mempengaruhi kebahagiaanmu selama acara sakralmu berlangsung.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket