Pilih Kategori Artikel

Inilah 9 Keuntungan Memakai Gaun Pengantin Warna Hitam
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Banyak mempelai wanita yang lebih memilih gaun pengantin warna putih daripada gaun pengantin warna hitam pada hari pernikahannya. Alasannya, cukup simpel. Warna putih lebih melambangkan kesucian dan ketulusan sesuai dengan makna dari pernikahan itu sendiri.

Sedangkan warna hitam dipandang sebaliknya. Warna gelap dipandang sebagai warna yang melambangkan kedukaan, kejahatan, dan karena itu sering diasosiasikan dengan para penjahat di dalam cerita-cerita dan film-film.

Padahal, hitam mempunyai arti yang positif jika ditelisik. Warna ini mempunyai banyak makna seperti melambangkan ketegasan, keeleganan, keanggunan, kegemerlapan, kewibawaan, dan kebijaksanaan.

Karena makna-makna yang positif tersebut, banyak para pesohor Hollywood seperti Sarah Jessica Parker, Avril Lavigne, dan Shenae Grimmes memakai gaun warna gelap untuk hari pernikahan mereka untuk mendobrak gaun pengantin yang selama ini didominasi warna putih.

Warna hitam pun sesungguhnya juga menjadi warna tradisional di beberapa negara seperti Spanyol yang memakai hitam karena merupakan warna sakral yang dianjurkan dalam ajaran Katolik kemudian ada negara-negara Skandinavia seperti Swedia dan Norwegia. Tak ketinggalan, di Indonesia warna hitam dipakai oleh orang Jawa.

Selain makna-makna positif tersebut, ternyata memakai gaun berwarna hitam juga akan mendatangkan banyak keuntungan buat kamu saat hari pernikahan. Keuntungan-keuntungan ini nantinya akan memberikan kesan yang positif kepada para tamu undangan. Apa saja keuntungan-keuntungan tersebut? Yuk, mari disimak!

1. Membuat Badan Terlihat Lebih Ramping

Keuntungan pertama yang kamu rasakan saat memakai gaun pengantin warna hitam adalah kamu akan merasa terlihat lebih ramping sehingga gaun ini cocok untuk kamu yang berbadan gemuk atau besar karena dapat menyamarkan lipatan lemak di tubuhmu.

Mengapa warna hitam bisa membuat badan terlihat lebih ramping? Hal itu karena adanya efek ilusi optik yang membuat garis tubuhmu tidak terlihat di cahaya redup dan membuat dirimu menjadi hilang dan menyatu dengan latar belakang.

2. Memberikan Kesan yang Elegan

wm_article_img
Foto: Luxury Pictures

Ternyata selain membuat badanmu terlihat lebih ramping, warna hitam juga akan memberikan kesan yang simpel tapi elegan, dan membuatmu terlihat lebih dewasa, juga seksi. Tak hanya itu, jika kamu mengenakan warna hitam kamu akan terkesan sebagai wanita dengan intelegensia tinggi.

Kesan yang elegan, terlihat lebih dewasa, seksi, dan intelegensia tinggi didapat karena hitam merupakan warna gelap yang simpel serta tidak melambangkan kearoganan. Warna yang simpel ini justru cocok untuk kamu yang ingin tampil sederhana di hari pernikahan serta ingin memberikan kesan rendah hati pada dirimu.

3. Mudah Dipadupadankan

wm_article_img
Foto: David's Bridal

Warna hitam ternyata merupakan warna yang bisadipadupadankan dengan warna apa saja bahkan termasuk putih sekalipun. Hal ini dikarenakan hitam sekali lagi merupakan warna netral sehingga aman untuk dapat dipadukan.

Kamu bisa memadukan warna hitam dengan putih, yaitu dengan putih sebagai bawahan atau atasan. Begitu juga sebaliknya. Perpaduan dua warna dasar klasik ini akan memberikan kesan keseimbangan serta evergreen atau timeless.

Kemudahan warna hitam untuk bisa dipadupadankan dengan segala jenis warna, baik gelap maupun terang, cocok untuk kamu yang tidak mau terlalu ribet dalam urusan warna pada hari pernikahan karena hitam bisa menjadi solusi yang tepat.

4. Cocok untuk Segala Suasana Pernikahan

Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dari memakai gaun pengantin warna hitam adalah warna tersebut ternyata cocok untuk segala suasana pernikahan yang kamu rancang bersama pasangamu.

Hitam bisa kamu pakai pada suasana pernikahan yang formal. Kamu bisa memakai gaun model ball gown atau A-Line berwarna tersebut atau pakaian adat Jawa. Selain itu, hitam bisa digunakan pada suasana pernikahan yang kasual dan santai. Kamu bisa menggunakan model off-shoulder warna hitam yang bahannya tipis dan dapat menyerap keringat.

Hitam juga cocok untuk kamu yang berhijab. Soalnya, warna ini sebenarnya sangat dianjurkan serta sesuai dengan syariat karena tidak menampilkan kesan yang mewah serta memberikan kesan yang longgar alias tidak membuat lekuk tubuh terlihat.

5. Cocok untuk Segala Jenis Kulit

Warna hitam juga merupakan warna yang cocok untuk segala jenis kulit, baik itu kulit putih, sawo matang, kuning langsat, bahkan gelap sekalipun. Itu berarti kamu yang jenis kulitnya disebutkan di atas bisa memakai warna gelap tersebut. Bahkan untuk yang berkulit gelap ketika memakai gaun warna hitam kamu malah akan terlihat eksotis dan memesona.

Selain cocok untuk segala jenis kulit, warna hitam juga cocok untuk semua warna rambut, baik rambut blonde, hitam lurus atau brunette, bahkan rambut yang kamu warna-warnai. Dengan kecocokan ini kamu tidak perlu repot-repot pada hari pernikahan untuk kulit dan rambutmu karena hitam bisa menjadi solusi yang tepat.

6. Mudah Menyamarkan Kotoran

Warna hitam bisa menjadi solusi yang tepat apabila kamu ingin menikah di outdoor dan tidak ingin gaun pengantinmu kotor karena warna gelap tersebut dapat menyamarkan kotoran sehingga tidak benar-benar terlihat.

Selain itu, hitam merupakan warna yang tidak repot ketika dibersihkan daripada warna-warna lain seperti warna putih yang akan memperlihatkan dengan jelas bentuk noda. Kamu cukup gunakan shampoo atau deterjen untuk membersihkannya

7. Terlihat Anggun dalam Fotografi

Karena merupakan warna gelap, warna hitam juga akan terlihat begitu anggun dan memesona saat dalam bidikan kamera. Apalagi warna ini juga cocok dengan segala macam latar belakang pemandangan alam apabila kamu berniat mengadakan pesta pernikahan outdoor.

Fotografi yang bagus akan menghasilkan efek yang kamu inginkan saat memakai gaun pengantin warna hitam seperti efek ramping. Tentu saja hal ini akan membuat kamu terus-menerus tersenyum dan bangga saat melihat dokumentasi foto pernikahan.

8. Harganya Jauh Lebih Murah

Karena sering digunakan dalam setiap acara pernikahan, baik internasional maupun tradisional, gaun pengantin warna putih cenderung menjadi lebih mahal apalagi jika gaun tersebut adalah gaun yang dipakai oleh para pesohor publik.

Berbeda halnya dengan gaun pengantin hitam. Harganya bisa jauh lebih murah karena memang jarang digunakan. Harga yang murah ini tentu saja cocok untuk kamu yang sedang mencari gaun bagus berkualitas namun dengan harga yang masih bisa dijangkau.

9. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Keuntungan terakhir yang bisa kamu dapatkan dari memakai gaun pengantin warna hitam untuk hari pernikahanmu adalah warna tersebut mampu meningkatkan rasa percaya dirimu, Dears!

Hal itu dikarenakan adanya psikologi warna pada warna hitam yang mengandung ketegasan serta membuat dirimu tidak diremehkan atau dibuat bercanda terutama saat kamu menjadi pusat perhatian di hari pernikahan. Para tamu yang datang ke pernikahanmu akan merasa segan padamu tanpa harus melihat bentuk tubuhmu.

Dapat disimpulkan, baju dengan warna gelap ini cocok untuk kamu yang agak grogian tampil di depan umum dan menjadi pusat perhatian terutama di hari pernikahan. Kamu pun akan merasa tenang karena tidak banyak diperhatikan.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika memilih mengenakan gaun pengantin warna hitam untuk resepsi pernikahanmu. Untuk model-model gaunnya pun bisa kamu sesuaikan mulai dari yang banyak corak hingga minimalis serta dipadukan dengan warna lain.

Selain sebagai alternatif supaya tidak terlalu monoton pada saat hari pernikahan karena dominannya gaun pengantin warna putih, memilih warna hitam sebagai busana pernikahanmu menandakan kamu telah berani mendobrak tabu yang selama ini berlaku bahwa hitam adalah warna yang negatif.

Apabila kamu sedang mencari gaun pengantin warna hitam untuk pernikahanmu, jangan lupa untuk mampir ke vendor gaun pengantin Wedding Market. Ada ratusan vendor yang menyediakan gaun pengantin yang sesuai dengan dirimu. Klik di sini!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...