5 Desain Gaun Pengantin Berhijab Syari Kekinian, Mau Coba?

26 Jun 2020 | By Wedding Market | 186
5 Desain Gaun Pengantin Berhijab Syari Kekinian, Mau Coba

Gaun pengantin berhijab syari kini semakin marak digunakan. Akses para muslimah untuk menggunakan pakaian di hari istimewa yang terbaik namun tidak melanggar syariat pun jadi bagian dari tren fashion.

Tidak dapat dipungkiri, memilih desain yang paling pas adalah tantangan bagi wanita saat menjelang pernikahan. Pasalnya, tidak semua desain bisa cocok dengan hijab syari yang akan dikenakan.

Namun demikian, ternyata ada beberapa inspirasi desain gaun pengantin muslimah simple tapi elegan. Kamu bisa melihat beberapa list berikut untuk desain unik mulai dari yang tradisional sampai modern.

1. Gaun Beludru Adat Jawa Klasik dengan Cape Rangkaian Melati


Bagi kamu ingin mempertahankan pernikahan adat Jawa dengan pakaian syar'i, pakaian ini sangat recommended. Ya, sesuai dengan adat Jawa klasik, kamu bisa memakai gaun panjang berbahan beludru yang senada dengan mempelai pria.

Agar tampak syari, gunakan cape dari bahan rangkaian melati. Tentu saja, agar benar-benar tertutup, desain cape unik ini bisa diberi inner kain yang tidak tembus pandang.

Bukan hanya saat resepsi, tetapi kamu juga bisa memakai desain cape unik ini saat ritual siraman. Jadi, seluruh bagian dada akan tertutup sempurna dan pastinya tidak longgar.

Model pengantin syari adat Jawa sejenis pernah digunakan beberapa artis, seperti Oki Setiana Dewi. Bedanya, Oki tidak menggunakan cape, tetapi hijab panjang dan mahkota.

Apakah kamu masih ingin menggunakan paes ageng ala pengantin Jawa tradisional? Jika ya, maka desain ini pun masih bisa diadaptasi.

Jadi, bagian cape tidak hanya dibuat round cape, tetapi juga dibuat memanjang mulai di bagian belakang sanggul. Adapun sanggul tersebut sebenarnya adalah hijab yang menutupi seluruh bagian rambut.

Dengan demikian, kamu akan bisa memakai baju adat yang syari. Poin utama desain unik ini adalah pada penggunaan kain yang tepat dan jahitan rapi, karena yang dipakai adalah melati hidup.

2. Peplum Dress dengan Glimmer Illusion


Peplum dress merupakan salah satu trend model baju pengantin muslimah yang sedang ngetren saat ini. Selain bentuknya yang unik, padu padannya dengan hijab juga cukup mudah.

Model peplum yang ada potongan mengembang di area pinggang akan membuat kamu lebih imut. Apalagi, jika kamu menggunakan hijab panjang yang dilapisi glimmer illusion, maka penampilanmu pasti paripurna.

Soal warna, ada banyak pilihan untuk model yang satu ini. Jadi, tinggal di sesuaikan saja dengan konsep acara resepsi.

Kamu bisa memilih warna salem, pink atau ungu untuk acara yang elegan. Bagi pecinta desain klasik, pilihan warna nude akan sangat recommended.

3. Perpaduan Baju Kurung dan Mahkota


Di Indonesia, ada banyak pakaian adat pernikahan yang memadupadankan baju kurung dengan mahkota. Misalnya seperti adat Aceh, Koto Gadang, hingga Palembang.

Dari model baju kurung dan mahkotanya, kamu bisa mengadaptasi model ini untuk pernikahan syari. Jadi, kamu tetap menggunakan baju kurung yang pastinya tidak press body. Lalu, kombinasikan dengan hijab menutup dada dan mahkota.

Ada beberapa keunggulan saat mengadaptasi desain yang satu ini. Pertama, untuk baju dan mahkotanya kamu bisa menyewa, jika ingin menekan budget. Kedua, hijabnya pun bisa menyesuaikan sesuai baju kurung.

Soal hiasan, kamu tidak perlu lagi memakai veil tambahan. Karena penampilanmu dengan baju kurung, hijab syari dan mahkota sudah sangat mewah.

Itulah keunggulan dari pakaian adat, di mana tampilannya memang sangat elegan. Ditambah lagi, hiasan gaun pengantin syar'i simple dan nyaman ini juga detail dari atas ke bawah. Tapi, kesannya tidak terlalu glamor.

Jika kamu ingin menambahkan aksesoris, pakailah kalung besar seperti adat Minang. Jadi, antara kalung dengan hijabnya tidak akan berbenturan. Tapi, pastikan hijabnya tidak bermotif ya.

4. Sultana Hurrem Wedding Dress


Gaun yang satu ini merupakan perpaduan dari desain fashion  tradisional Eropa dan Timur Tengah. Hurrem sendiri adalah sebutan untuk wanita-wanita pendamping raja di zaman Ottoman. Jadi, kamu tentu model dress tersebut sangat istimewa.

Bahan dari pakaian berwarna elegan ini didominasi sheer chiffon, dan satin. Lalu, terdapat pula gold embroidered sebagai pelengkap keindahannya.

Soal hijab, ada beberapa pilihan yang bisa kamu pakai. Misalnya seperti pashmina hitam berbahan satin yang menutup dada, atau square dengan pinggiran warna emas.

Karena traditional patternnya sangat bold, maka kamu bisa memilih hijab yang polos. Apalagi, set pakaian ini juga dilengkapi dengan ikat kepala khas yang membuat penampilan syarimu sempurna.

5. Hanbok Syari Wedding Dress

Pernah membayangkan menikah dengan hanbok syari? Tentunya ide ini bisa dicoba, karena memang hanbok adalah pakaian panjang yang sangat longgar.

Kamu tinggal memakai hijab menutup dada yang berwarna ceria. Karena set pakaian pernikahan Korea memiliki aksesoris hiasan kepala, selain hanbok kamu juga bisa memakainya.

Dengan menggunakan hanbok, kamu sangat bisa menciptakan impian menikah ala Korea. Tentunya, hal ini bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus memakai pakaian ketat.

Bukan hanya bagi kamu yang menggunakan hijab panjang, tetapi ini juga bisa menjadi inspirasi desain gaun pengantin syar'i bercadar. Ini akan sangat bermakna, terutama bagi kamu para K-Wave lovers yang suka boyband Korea atau hobi nonton dramanya.

Dari yang tradisional sampai modern, dan juga rekomendasi asal budaya luar negeri. Kira-kira, manakah gaun pengantin berhijab syari yang menarik perhatianmu? 

Pilih dan rencanakan dengan baik desain gaun yang akan digunakan untuk momen spesial bersama orang terkasih, selamat mencoba.

Foto: @adhityaputri, hijabtuts, AliExpress


Artikel Terkait



Temukan Vendor Untuk Pernikahan