Gaun Pengantin Berhijab Mewah dari Berbagai Belahan Dunia

26 Jun 2020 | By Wedding Market | 104
Gaun Pengantin Berhijab Mewah dari Berbagai Belahan Dunia

Gaun pengantin berhijab mewah bisa diadaptasi dari berbagai budaya. Bukan hanya di Indonesia saja, ada banyak baju pernikahan tradisional yang dibuat dengan lengan serta rok panjang.

Dengan demikian, kamu juga bisa mengadaptasi beberapa jenis gaun yang dipakai oleh banyak pengantin dari negara lain. Mulai dari Asia Tenggara, Eropa, Asia Timur dan sebagainya.

Agar lebih terinspirasi, berikut adalah beberapa  jenis gaun pengantin mewah dari berbagai negara. Tentu saja, di antara semua list di bawah, semuanya bisa dipadupadankan dengan hijab.

1. Cheongsam dan Gaun Uyghur Khas China


Di China, ada beberapa suku yang sejak nenek moyang tinggal di dataran Tiongkok. Kebudayaan mereka sangat dekat dengan Fengshui, filosofi China dan berbagai upacara.

Pakaian adat untuk pernikahan juga ada dua jenis umum, yaitu cheongsams dan gaun uyghur. Pada cheongsams, kamu akan menemukan detail khas dinasti-dinasti kerajaan.

Cheongsams pernikahan didominasi warna merah. Lalu, ada motif floral atau beberapa karakter legenda seperti naga. Karena memiliki ekor panjang, pakaian ini sangat mewah dan cocok untuk diadaptasi oleh mempelai wanita Indonesia.

Berbeda halnya dengan gaun Uyghur, yang ragam coraknya dipengaruhi oleh kebudayaan Turki. Meskipun warnanya sama-sama merah, tetapi ada aksen bahan organza dan embroidery yang mewah.

Tidak hanya itu, wedding dress khas Uyghur ini juga bertahtakan mutiara. Bahkan sebagian sudut renda dipayet dengan batu khusus. Kesan glamor bak royal wedding sangat terasa saat kamu memakainya.

Jika kamu memilih jenis ini, sangat disarankan langsung cari gaun pengantin import China dibanding beli buatan Indonesia. Karena untuk bordiran khasnya sendiri, memang produk yang dibeli di Tiongkok kualitasnya lebih baik.

Mix and match hijab yang sesuai dengan kedua dress ini adalah veil berbahan English net warna merah. Jika ingin lebih mewah, berikan sulam benang atau pita emas lambang kemakmuran ala budaya Tiongkok.

2. Wedding Syari Kimono untuk Pernikahan Ala Jepang


Sebagian orang sangat menyukai kebudayaan Jepang. Salah satunya adalah dalam hal berpakaian tradisional yang tertutup dan masih bisa berakulturasi dengan budaya Indonesia.

Apabila kamu juga termasuk orang yang suka hal-hal berbau Jepang, maka baju pengantin Jepang bisa menjadi pilihan. Pernikahan sakral nan mewah selalu bisa disajikan dalam balutan kimono syari.

Jenis kimono untuk pernikahan ala Jepang sendiri sebenarnya ada lebih dari satu. Model yang dimaksud antara lain shiro kakeshita, uchikake, iro uchikake, hikifurisode, dan kakeshita.

Masing-masing model memiliki nilai filosofis sendiri, dan yang paling umum digunakan saat ini adalah kakeshita. Karena kakeshita di Jepang biasanya dipadupadankan dengan gaya rambut non formal, maka jika berhijab kamu juga bisa mengkombinasikannya.

Bukan hanya hijab biasa yang dibentuk, bahkan kamu bisa menggunakan hijab syari maupun cadar. Agar tampak mewah, gunakan berbagai payet, manik dan aksesoris khas Jepang dari batu mulia.

3. Perpaduan Sari dan Dupatta Syari Ala India


Selain Jepang dan China, India juga merupakan ras yang mewarnai beberapa bagian di Indonesia. Karenanya, kebudayaan India pun masing ditemukan di beberapa tempat, khususnya di area komunitasnya.

Kamu ingin mewujudkan pernikahan ala film Bollywood? Jika ya, maka gunakanlah gaun dan sari yang bisa dibuat tertutup. 

Agar semakin lengkap, gaun pengantin berhijab mewah ini juga bisa digabungkan dengan dupatta. Jadi, setelah memakai hijab biasa, kamu dapat melapisinya menggunakan kerudung khas India ini.

Sama halnya dengan pengantin Betawi, kamu juga bisa menggunakan tirai di wajah. Bedanya, di kebudayaan India, tirai wajah yang digunakan hanya setengah bagian muka.

Jadi, jika kamu menggunakan tirai yang menutup sempurna di bagian setengah wajah, tentu dapat mendukung cadar bukan? Ya, kamu yang bercadar bisa memakai konsep ini agar tampak elegan.

 4. Modifikasi Cream Moire Silk Wedding Dress dari Portugal


Gaun pernikahan asal Portugal ini memang sangat unik. Dibuat di tahun 1850 dari bahan silk moire, siapapun yang menggunakannya pasti menyandang aura putri raja.

Kamu bisa membuat baju yang sejenis dengan gaun tersebut, apalagi sekarang sudah banyak penjahit pernikahan custom. Karena didesain dengan lengan panjang terompet, maka kamu akan bisa memakainya secara leluasa.

Rok panjang mengembang pun disematkan dalam desain gaun warna cream ini. Kemewahan dititikberatkan pada bahan, aksesoris dan kelengkapan lainnya.

Kamu bisa memakai pakaian tersebut untuk konsep pernikahan outdoor. Ya, gaun yang satu ini memang sangat anggun dan pada zaman keemasannya, dipadupadankan dengan payung renda bertirai.

Soal padu padan hijabnya, kamu bisa memakai square atau pashmina senada dengan warna cream.

Namun, jika ingin tampilan lebih mewah maka gunakan warna bold seperti gold. Dijamin, kamu akan tampil bak Ratu Elizabeth di masa keemasannya.

5. Gaun Pernikahan Syari Ala Thailand


Salah satu artis yang pernah menggunakan konsep Thailand Bride adalah Dian Pelangi. Faktanya, karena baju adat Thailand memang tertutup, maka para kamu sangat bisa memadupadankannya dengan hijab.

Thailand sendiri sekarang sudah memiliki beberapa jenis gaun pengantin modern internasional. Namun, masih ada pula ide-ide kreatif dari pakaian adatnya untuk mempermanis pernikahan mewah.

Lalu, apa saja yang harus disiapkan saat mengadaptasi gaun pengantin ala negeri gajah putih ini? Pertama kamu harus menyiapkan sabai. Sabai merupakan atasan yang menutup bagian dada. Jadi, kamu bisa mengkombinasikan warna sabai dengan hijab yang dikenakan.

Setelah itu, gunakan blouse khusus dengan kombinasi warna emas. Sebagai bawahannya, pakailah Chong Kben, bawahan khas tradisional Thailand yang panjangnya sampai lutut.

Kamu bisa menentukan sendiri tingkat kelonggaran pakaiannya. Karena baju ada Thailand memang tidak ketat dan sangat nyaman dipakai, bahkan di acara pernikahan.

Di antara berbagai rekomendasi gaun pengantin berhijab mewah di atas, manakah yang ingin kamu coba? Yuk buat gaun pengantin idamanmu di WeddingMarket!


Foto: AliExpress, Flickr, Dulha and Dulhan, Fashion Dressess, Rizal Hakimm, Araya WP, Wolipop


Artikel Terkait



Temukan Vendor Untuk Pernikahan