Pilih Kategori Artikel

15 Menu Makanan Catering Pernikahan Adat Jawa Terlezat dan Populer
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Salah satu moment terbesar dalam hidup yang harus dilewati oleh setiap orang adalah pernikahan. Tidak jarang beberapa orang mendambakan pernikahan yang sempurna dengan impian pernikahan sesuai dengan keinginannya. Penyelenggaraan pernikahan pun harus dipersiapkan sebelumnya secara matang. Mulai dari proses saat lamaran sampai menjelang hari pernikahan. Bagi kamu yang menyelenggarakan adat Jawa, tentunya juga perlu mempersiapkan makanan catering pernikahan adat Jawa.

Negara Indonesian memiliki beragam tradisi dan budaya yang tersebar dari Sabang sampau Merauke. Sebagian masyarakat saat melakukan pernikahan akan memakai tema atau adat darimana mereka berasal. Salah satu adat yang paling banyak digunakan adalah adat Jawa. Dalam prosesi pernikahan adat Jawa banyak terdapat ritual yang harus dijalani. 

Selain dekorasi dan pakaian, yang harus diperhatikan juga adalah menu makanan yang akan disajikan untuk para tamu undangan saat pesta pernikahan. Mulai dari menu utama sampai dengan menu penutup. Berikut merupakan makanan catering pernikahan adat Jawa yang terkenal sering disajikan dalam pernikahan, diantaranya adalah:

Menu Makanan Catering Pernikahan Adat Jawa yang Bisa Kamu Sajikan

wm_article_img

1. Nasi Rawon

Makanan rawon yang berasal dari Jawa Timur ini sangat mudah dijumpai di seluruh Pulau Jawa. Ciri khas dari rawon ini adalah mempunyai kuah yang hitam yang berasal dari bumbu kluwek yang membuat cita rasanya semakin sedap. 

Rawon ini dilengkapi dengan potongan daging sapi juga ditambah dengan tauge dan daun melinjo yang sebelumnya sudah direbus terlebih dahulu. Rawon ini sudah terkenal di masyarakat, dijamin para tamu yang hadir akan menyukai hidangan tersebut.

2. Soto

Hampir semua daerah di Indonesia mempunyai soto khas dari daerahnya masing-masing. Tidak terkecuali dari masyarakat Jawa yang mempunyai soto yang bervariasi seperti salah satunya soto, pacitan, soto kudus, soto Kendal, soto semarang dan soto lainnya.

Dari beberapa soto tersebut ada soto yang sudah cukup terkenal di masyarakat akan kelezatannya. Soto pacitan, soto yang berisi irisan dari kentang goreng, tahu, kacang merah dan kol yang disajikan dengan tambahan sambal petai.

3. Rujak Cingur

Makanan catering pernikahan adat Jawa selanjutnya adalah rujak cingur. Rujak cingur merupakan potongan buah-buahan yang diberi dengan cingur atau mulut sapi yang ditambah dengan sayuran, tahu serta bumbu rujak. Bumbu rujaknya dibuat dengan cabe, petis, gula merah, bawang putih dan kacang goring.

4. Ayam Kalasan

Ayam kalasan ini merupakan masakan khas Jawa yang paling cocok dihidangkan saat pernikahan. Resep masakan catering pernikahan Ayam kalasan juga cukup mudah bila ingin kamu coba, cukup membuat dari ayam yang diungkep dengan menggunakan bumbu khusus terlebih dahulu.  

Setelah proses ungkep dilanjutkan dengan membakar ataupun dengan cara menggorengnya. Selanjutnya ayam tersebut disajikan bersama dengan bumbu kalasan.

5. Nasi Liwet

Nasi liwet merupakan makanan andalan saat mengadakan acara pesta pernikahan. Nasi liwet ini merpakan makanan khas dari Solo. Nasi liwet ini biasanya disebut sego gurih atau nasi gurih karena memiliki rasa gurih yang berasal dari santan kelapa.

Nasi liwet ini biasanya disajikan dengan sayur labu siam, daging ayam suwir, dan areh atau bubur gurih dari santan kelapa. Nasi ini akan bertambah nikmat saat disajikan dalam keadaan panas maupun hangat dan dengan berbagai lauk yang berbeda.

6. Empal Gentong

Empal gentong makanan catering pernikahan adat Jawa jika dilihat secara sekilas mirip dengan masakan gulai dengan bumbu yang digunakannya pun hampir sama. Perbedaan yang terdapat pada empal gentong dan gulai adalah empal gentong menggunakan jeroan sapi sebagai bahan utamanya.

Selain itu juga saat penyajiaannya pun menggunakan gentong yaitu kuali yang terbuat dari tanah liat dengan ukuran yang cukup besar. Dengan rasanya yang enak dan lezat dijamin empal gentong ini mampu membuat kamu ketagihan untuk memakannya kembali.

7. Sate

Sate pada umumnya banyak dijumpai pada catering pernikahan di daerah mana saja. Tapi yang membedakan sate khas dari Jawa adalah dengan menggunakan bumbu kacang sebagai bumbunya. Sate termasuk salah satu makanan yang terkenal dengan kelezatannya. Hampir setiap orang suka olahan sate. Kamu bisa memilih sate ayam, kambing, atau sapi untuk disajikan kepada para tamu yang datang.

8. Baceman

Menu makanan catering pernikahan adat Jawa selanjutnya yaitu baceman yang merupakan menu yang sangat kental dengan budaya Jawa. Tidak heran bacem-baceman ini tersedia pada setiap pesta pernikahan yang menggunakan adat dari Jawa. Baceman sendiri merupakan olahan makanan yang pada umumnya terbuat dari tahu dan tempe yang terlebih dahulu direbus dalam bumbu dari gula jawa. Setelah direbus tahu dan tempe tersebut digoreng agar mendapatkan rasa gurih dari masakan tersebut.  

9. Pecel

Pecel merupakan makanan yang dibuat dari berbagai bahan dasar aneka sayuran seperti bayam, kol, kacang panjang dan sayuran hijau lainnnya.  Makanan ini disajikan dengan lontong atau tempe mendoan atau dengan telur yang sudah dipotong kecil-kecil. Untuk menambah kenikmatannya ditambah dengan sambal kacang yang menambah cita rasa makanan gado-gado tersebut.

10. Tengkleng

Makanan catering pernikahan adat Jawa Makanan ini berasal dari daerah solo, Jawa Tengah yang merupakan sup ditambah degan bahan utama yaitu tulang dan tetelan kambing. Tengkleng ini cocok disantap dengan nasi dan sangat mengenyangkan.

11. Jadah dan Wajik

Makanan jadah dan wajik ini terbuat dari beras ketan. Perbedaan daru jadah dan wajik ini biasanya jadah berwana putih da nada rasa sedikit gurih, sedangkan wajik berwarna coklat danrasanya manis. Biasanya makanan khas dari Jawa ini dihidangkan bersama dengan teh manis yang dihidangkan sebagai hidangan pertama yang disajikan kepada para tamu undangan

12. Bubur Sumsum

Bubur sumsum ini merupakan makanan yang terbuat dari beras putih yang dicampur degan beras ketan. Biasanya bubur sumsum ini disajikan dengan lelehan gula merah di atasnya.

13. Sop Manten

Makanan catering pernikahan adat Jawa Sop manten ini merupakan salah satu makanan pembuka yang berisikan beraneka macam sayuran diantarnya seperti kol, buncis, wortel, jamur, kentang, macaroni dan juga tentunya ditambah dengan daging ayam yang dicampur dengan kaldu ayam yang enak.

Sayuran dari sop manten dan isinya ini dimasak secara terpisah kemudian diguyur dengan kuah yang panas. Sop berkuah bening ini menggunakan kaldu yang gurih namun segar. 

14. Lontong Balap

Lontong balap ini merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah Surabaya Jawa Timur. Makanan ini terdiri dari lontong, tauge, tahu goreng, lenthok, kecap dan tidak ketinggalan ditambah dengan sambal.

15. Es Putar

ES putar ini tak jauh berbeda dengan es krim yang dijumpai saat menghadiri pernikahan. Namun pada pernikahan yang mengusung adat Jawa menggunakan es putar sebagai makanan penutupnya. Es krim ini berbahan dasar dari santan sebagai pengganti susu. Es putar ini tak kalah enak dengan es krim lainnya. Walaupun tekstur dari es putar ini tidak selembut es krim biasa karena es ini dibekukan dengan cara tradisional 

Itulah beberapa makanan catering pernikahan adat Jawa yang biasa di temui saat berlansungnya pesta pernikahan dan tentunya bisa jadi pilihan untuk kamu yang ingin menyajikan catering pernikahan untuk hari bahagia nanti.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...