Pilih Kategori Artikel

Inspirasi Kue Pernikahan Sederhana: Fondant Atau Buttercream?
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Ada banyak jenis dan desain kue pernikahan, dari inspirasi kue pernikahan sederhana 1 tingkat sampai kue pernikahan mewah bertingkat-tingkat. Ada mempelai yang menginginkan kue pernikahan yang luar biasa besar dan mewah, ada juga yang ingin kue pernikahan sederhana saja. Sebenarnya apa fungsi kue pernikahan?

Fungsi utama wedding cake, baik kue pernikahan sederhana ataupun mewah, tentu ada pada sesi suap-menyuap antara mempelai pria dan wanita sebelum naik ke pelaminan. Bersama-sama memegang pisau panjang, saling bertatap, memotong kue dengan senyum bahagia diiringi para fotografer yang mulai menekan tombol kamera dan handycam untuk mengabadikan setiap momennya. Tidak berhenti sampai di situ, ada bagian saling suap antara kedua mempelai yang akan tampak begitu romantis di tengah kemeriahan pesta pernikahan.

Selain untuk sesi potong dan suap, kue pernikahan juga punya peran penting dalam dekorasi pernikahan. Kue pernikahan mewah, tentu akan membuat dekorasi pernikahan tampak mewah pula, apalagi wedding cake yang membentuk kastil besar atau pegunungan yang memenuhi hampir ⅙ ruang resepsi pernikahan. Biasanya, calon pengantin yang memilih wedding cake mewah memang tujuan utamanya adalah memeriahkan dekorasi.

Nah, jika kue pengantin mewah punya peran penting dalam dekorasi pernikahan, kue pernikahan sederhana lebih mengarah ke kehangatan antara kedua mempelai. Tidak berarti kue pengantin sederhana tidak memengaruhi dekorasi, wedding cake tetap selalu ambil andil dalam dekorasi, baik itu kue sederhana atau mewah.

Sebenarnya, kue pernikahan tidak perlu mewah-mewah. Toh, biasanya hanya terbuat dari gabus saja. Kue yang benar-benar dapat dimakan paling hanya 1 atau 2 tingkat saja. Lebih baik memilih kue pernikahan sederhana. Wedding cake sederhana akan menampilkan keindahan dan keeleganan tersendiri pada pesta pernikahan kamu. Kuenya juga benar-benar kue yang dapat dipotong dan dimakan semua! Bukan hanya sekedar kue bohongan untuk dekorasi. Lain lagi ceritanya jika kamu memang menginginkan kue pernikahan untuk dekorasi ya!

Nah, untuk kamu yang ingin memesan kue pernikahan sederhana untuk wedding party kamu, di sini kami akan berikan beberapa inspirasi kue pengantin sederhana yang patut jadi pertimbanganmu. Check it out!

Ada 2 jenis lapisan untuk kue pernikahan: fondant dan buttercream. Kamu pilih yang mana untuk pestamu?

Inspirasi kue pernikahan sederhana dilapisi  fondant

Kue pernikahan umumnya berlapis fondant karena selain lebih tahan lama, kue berlapis fondant punya lebih banyak desain dibandingkan kue berlapis buttercream.

wm_article_img
Foto: The Knot

Kue pernikahan sederhana biasanya selalu bertingkat 1. Namanya juga sederhana, kalau bertingkat-tingkat bisa-bisa tidak sederhana lagi. Jika kamu mengambil tema pernikahan yang didominasi oleh warna putih, white wedding cake 1 tier dengan hiasan di atasnya secukupnya adalah pilihan yang sangat tepat. Tidak hanya bunga, hiasan di atas kue pernikahan ini bisa bermacam-macam, sesuaikan dengan dekorasi pernikahanmu ya!

wm_article_img
Foto: Something Sweet Pastry

Jika ingin kue pernikahan sederhana yang lebih manis, kamu bisa memilih desain yang lebih menonjolkan sisi manis tersebut. Seperti wedding cake dengan hiasan di pinggirannya dan dipadukan dengan warna baby pink. Cocok sekali disajikan di pesta pernikahan yang mengambil tema warna white and pink!

wm_article_img
Foto: The Cottage Market

Kue pernikahan sederhana tidak melulu harus berwarna putih. Kamu bisa memesan wedding cake dengan variasi warna lain, pastinya yang sesuai dengan tema pesta pernikahanmu! Kue pengantin dengan gradasi warna pink ini tampak begitu cantik, bukan? Cocok jadi penambah keindahan dekorasi pernikahan yang didominasi oleh warna merah muda yang lembut!

wm_article_img
Foto: Something Sweet by Maddie Lu

Tidak hanya warna pink, kue pernikahan simple juga tetap cantik dengan kombinasi warna-warna lain. Kalau sudah dibuat berwarna, tidak perlu lagi menambahkan banyak hiasan pada kue, nanti malah terlihat norak. Sebuah kelopak bunga saja sudah dapat membuat kue pernikahan berwarnamu tampak begitu manis dan elegan.

wm_article_img
Foto: Sweets O' Treats

Kue pernikahan sederhana tidak selalu harus dihiasi dengan fondant, kamu bisa memesan wedding cake lapis fondant putih polos yang kemudian kamu kreasikan sendiri! Kamu bisa menambahkan hiasan di kuemu sesuai dengan keinginanmu. Tidak hanya bunga, kue pernikahanmu bisa kamu hiasi dengan daun-daun sintetis, lilin, boneka, atau apapun. Selain akan lebih hemat biaya, bukannya menyenangkan bisa mengkreasikan kue pernikahan sendiri?

Inspirasi kue pernikahan sederhana dilapisi buttercream

Tidak banyak kue pernikahan yang dilapisi buttercream karena selain tidak punya banyak desain, kue berlapis buttercream mudah rusak, tersenggol sedikit saja buttercream-nya jadi kacau! Namun, asalkan hati-hati, tidak masalah.

wm_article_img
Foto: snackncake

Umumnya, desain kue pernikahan sederhana berlapis buttercream seperti ini. Terlihat seperti dioles begitu saja, padahal tidak begitu saja, perlu keahlian untuk melakukannya. Wedding cake buttercream walaupun hanya dilapisi krim butter putih dengan hiasan bunga di atasnya juga sudah terlihat elegan dan cantik, bukan? Kamu juga bisa menambahkan topper sesuai keinginanmu.

wm_article_img
Foto: bluedolz

Selain desain yang seperti diolesi begitu saja, kue pernikahan sederhana berlapis buttercream bisa dibuat seperti tali-tali kecil yang melingkari seluruh kue. Tampak begitu manis, ya? Hanya perlu menambahkan sebuah hiasan kelopak bunga di atasnya, kue pernikahan unik ini sudah bisa memikat mata para tamu undangan.

wm_article_img
Foto: Weddingomania

Selain warna putih, kue pernikahan sederhana bisa juga dilapisi krim butter dengan variasi warna lain. Hasilnya juga akan tidak kalah cantiknya dengan buttercream putih. Dan, topper kue pengantin tidak melulu dari plastik atau kertas tebal, kamu bisa membuat topper menggunakan kain, menjahit, bahkan menyulamnya! Kue pernikahanmu akan tampak lebih spesial, bukan?

wm_article_img
Foto: Zomato

Selain dihiasi dengan bunga atau topper, kue pernikahan sederhana kamu bisa juga dihiasi dengan buah-buahan. Selain akan terlihat indah, buahnya juga bisa dimakan. Wedding cake seperti ini cocok sekali untuk tema pernikahan rustic.

wm_article_img
Foto: Weddingchicks 

Kue pernikahan sederhana dengan desain buttercream yang melingkar-lingkar menghiasi seluruh kue pasti sudah tidak asing lagi di matamu, bukan? Tidak hanya wedding cake, kue dengan krim butter memang umumnya dibuat dengan desain seperti itu. Jika kamu merasa terlalu sederhana, kamu bisa menambahkan macaron, donat, atau cupcakes untuk menambah hiasan kue pernikahanmu!

Itu dia beberapa inspirasi kue pernikahan sederhana yang patut kamu pertimbangkan. Kue berlapis fondant punya banyak desain dan tahan lama, asalkan tidak dimasukan ke kulkas. Kalau dimasukan kulkas, fondant-nya akan mudah meleleh. Kue berlapis buttercream tidak punya banyak desain, tetapi selalu tampak cantik dan elegan. Kamu lebih prefer yang mana, kue dengan fondant atau krim butter? Pilihlah sesuai kebutuhan dan seleramu ya. Selamat memilih kue pernikahan sederhana untuk acara besarmu.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...