Pilih Kategori Artikel

Ternyata, Ini Loh Makna Honeymoon!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pernahkah kamu mencari tahu honeymoon artinya apa? Pada artikel kali ini, kamu akan diajak untuk mengenal lebih dekat dengan istilah tersebut.

Untuk merayakan pernikahan, maka pasangan pengantin baru, biasanya melakukan perjalanan yang familiar disebut bulan madu atau honeymoon. Pilihan destinasinya sendiri beragam, namun cenderung tempat yang romantis dan privat. 

Honeymoon sendiri bertujuan untuk membuat suasana yang lebih intim dan bisa semakin dekat satu sama lain. Selain itu momen tersebut juga dijadikan saat yang tepat untuk melepas lelah setelah merayakan pernikahan. 

Banyak hal menarik jika membahas masalah yang satu ini dan tahukah kamu, dari mana asal usul kata Honeymoon tersebut? Kemudian manfaat apa saja manfaatnya, simak, yuk!

Pengertian dari Honeymoon

Ungkapan honeymoon sendiri berasal dari istilah 'hony moone' yang telah dikenal sejak tahun 1542 silam. Ada pun makna dari istilah tersebut sebenarnya bukanlah perjalanan untuk pengantin baru. Namun lebih kepada fase hubungan yang dilewati setelah pernikahan dilangsungkan.

Di abad ke-19, barulah kata honeymoon benar-benar diartikan sebagai bentuk perjalanan oleh pengantin baru yang dilakukan setelah menikah. Tidak hanya itu, Times of India, 22 Mei 2011, memberitakan, kata itu berasal dari masa Babilonia, 4.000 tahun yang lalu.

Istilah honeymoon atau bulan madu merujuk pada bulan setelah pernikahan, yaitu ketika ayah pengantin wanita akan memberikan semua madu yang diinginkannya kepada pengantin pria.

Orang Babilonia mulai menyebut bulan itu sebagai "honey month", tetapi seiringi berjalannya waktu istilah itu berubah menjadi "honeymoon". Pada akhir 1500-an, penggunaan istilah honeymoon muncul dalam salah satu karya sastra Robert Greene.

Dalam penuturannya, dikutip dari Insider, 28 Maret 2017, istilah itu muncul setelah dua orang menikah dan menghabiskan waktu bersama selama satu bulan.

Sekarang kamu sudah mengetahui honeymoon artinya seperti apa. Lantas, apa saja sih manfaat yang bisa didapat dari honeymoon, ini dia penjelasannya. 

Manfaat Honeymoon

wm_article_img

Foto: Leslie Anglade on Pinterest

1. Menimbulkan Efek Positif

Memulai kehidupan berumah tangga bukanlah sesuatu yang mudah. Dan tahukah kamu ternyata honeymoon memiliki efek positif yang signifikan terhadap pernikahan, terutama di masa mendatang. 

Jika diibaratkan, kamu perlu membahagiakan diri dan pasangan terlebih dahulu, sebelum akhirnya bersiap memasuki babak baru dari pernikahan yang akan penuh dengan cerita yang sulit ditebak. Jadi ketika melakukan honeymoon, inilah saat pertama kamu menjalani petualangan sebagai pasangan suami istri.

Jangan lupa abadikan momen selama honeymoon karena foto-foto romantis tersebut bisa membantu kamu dan pasangan menarik kembali kepada ingatan saat bulan madu tersebut. Terlebih ketika kamu sedang bermasalah atau bertengkar dengan pasanganmu.

Dengan mengingat masa-masa indah tersebut, setidaknya bisa menjadi reminder bahwa kalian pernah menemukan keistimewaan satu sama lain dan membuat kamu dan pasangan kembali jatuh cinta. 

2. Saatnya Rileks

Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, bahwa honeymoon bisa menjadi saat yang tepat untuk melepas lelah, stres karena pernikahan. Jadi honeymoon artinya digunakan sebagai saat yang tepat untuk berlibur dan melepaskan diri sejenak dari hal-hal rutin agar bisa mengosongkan pikiran. 

Karenanya, ketika kamu bulan madu, selain memanjakan diri dengan pasangan, pastikan juga beristirahat sebanyak mungkin. Hingga akhirnya kamu bisa bersiap menghadapi babak baru kehidupan.

3. Kesempatan untuk Berdua

Manfaat berikutnya dari honeymoon adalah kesempatan untuk merenung, berdiskusi sangatlah besar. Jadi tidak hanya bersenang-senang, kamu dan pasangan bisa membicarakan hal apapun, terlebih terkait kehidupan berumah tangga yang akan kalian jalani.

Bagaimanapun juga dalam sebuah hubungan, saling membuka diri sangatlah penting. Terlebih lagi jika selama ini kamu dan pasangan sama-sama sibuk hingga kerap kesulitan untuk bicara lebih intim. Sehingga kamu dan pasangan bisa memperbaiki pola komunikasi. 

4. Bermesraan dengan pasangan

Honeymoon juga bisa digunakan sebagai saat yang tepat untuk bermesraan dengan pasangan tanpa gangguan. Kamu bisa memiliki lebih banyak waktu untuk berduaan sebelum akhirnya kembali ke dunia nyata dan kembali bergelut keluarga, teman, kerabat.

Pastikan kamu dan pasangan tidak banyak menggunakan gawai selama honeymoon, bila perlu matikan ponsel agar momen indahmu tidak terganggu oleh bunyinya. 

Agar bisa berjalan dengan baik, kamu dan pasangan sebaiknya membuat rencana yang matang, termasuk menentukan lokasi yang akan dijadikan tempat untuk honeymoon. Ini bisa dimulai dengan membuat daftar nama lokasi yang belum pernah dikunjungi oleh masing-masing pasangan, kemudian tentukan juga tempat untuk menginapnya. 

Honeymoon sendiri tidak melulu bicara tentang lokasi dan hotel yang mewah. Kamu dan pasanganmu bisa juga memilih perjalanan wisata alam, seperti mendaki gunung yang menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Bahkan dengan cara ini, juga bisa meninggalkan pengalaman baru yang pasti menyenangkan dan tidak mudah untuk dilakukan.

Jelas sudah apa manfaat dan honeymoon artinya apa, bukan? Berikutnya jangan lupa siapkan bujet untuk kegiatan ini dan rencanakanlah sebaik mungkin!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...