Pilih Kategori Artikel

Fungsi Undangan Pernikahan yang Belum Kamu Ketahui
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Jika mendengar undangan pernikahan, yang kita bayangkan adalah surat yang didesain unik dan penuh warna. Padahal, sebenarnya undangan pernikahan tidak lebih dari sebuah surat yang meminta penerima untuk menghadiri pernikahan atau upacara pernikahan. Undangan pernikahan sendiri biasanya dikirim enam sampai delapan minggu sebelum tanggal pernikahan.

Percaya atau tidak, undangan menjadi sangat memusingkan bagi setiap pasangan yang akan menyelenggarakan pernikahan atau akan menikah. Mereka kebingungan dengan desain yang diinginkan. Calon pengantin ingin undangan yang spesial, tapi tetap sesuai budget. Jalan tengah dari keinginan adalah memilih undangan simpel.

Fungsi undangan pernikahan saat ini tidaklah untuk meminta penerima untuk menghadiri pernikahan atau upacara pernikahan. Berikut beberapa fungsi undangan pernikahan saat ini tidak menjadi sekedar pemberitahuan acara pernikahan:

  • Memberikan detail pernikahan

Undangan pernikahan membuat pasangan yang akan menikah bisa memberitahukan mengenai detail acara pernikahan mereka, berikut beberapa detail lain yang mungkin akan berbeda dengan pernikahan milik pasangan lain. Selain akan ada penjelasan tempat dan waktu berlangsungnya pernikahan, secara tidak langsung nama anggota keluarga terutama orang tua/wali  juga turut serta dikenalkan. Sehingga, tamu undangan pun bisa membaca keluarga mana saja yang akan terlibat dalam pernikahan ini.

  • Memberikan patokan pada catering

Catering merupakan salah satu hal yang wajib ada ketika saat menggelar suatu pesta termasuk pesta pernikahan. Hal ini karena catering dapat digunakan sebagai jamuan para tamu yang hadir sebagai bentuk penghormatan. Dengan adanya jumlah undangan yang jelas, maka secara tidak langsung kamu juga bisa dapat menentukan jumlah porsi makanan yang akan disajikan dalam rangkaian acara pernikahan nantinya. Entah itu model buffet atau bukan, tentunya kamu selalu perlu untuk memperkirakan jumlah tamu yang datang, ya!

  • Jumlah tamu yang bisa diatur

Fungsi yang lain undangan pernikahan adalah untuk mengatur jumlah tamu undangan yang akan hadir. Memang, cara ini memang belum umum digunakan, tetapi kamu bisa menulis undanganmu berlaku untuk berapa orang. Dengan begini, kamu dapat meminimalisir jumlah tamu yang tiba-tiba datang dan memboyong segenap keluarganya, demi kesempatan makan gratis di pernikahanmu! Semisal kamu tidak ingin membatasi pun, kamu bisa menerapkan sistem RSVP dalam undanganmu. Alias, sebelum datang ke pernikahanmu, semua tamu akan kamu wajibkan untuk menjawab jumlah orang yang akan datang menemani mereka ke pernikahan kamu!

  • Sebagai bentuk penghormatan

Dengan adanya undangan pernikahan akan terkesan lebih sopan dan menghormati para tamu ataupun pihak-pihak tertentu yang akan membantu dating atau mengikuti selama proses pernikahan. Undangan pernikahan tidak hanya digunakan sebagai cara mengundang tamu, tetapi juga bisa digunakan sebagai souvenir. Saat ini telah banyak desain kartu undangan yang bisa digunakan sebagai souvenir.

Akan tetapi, ingatlah selalu bahwa undangan pernikahan haruslah sesuai kapasitas calon penyelenggara suatu acara. Dalam hal ini tidak ada batasan untuk seberapa banyak atau semewah undangan tersebut  yang penting calon pengantin sanggup dan sesuai catering yang dipesan.

Ada banyak sekali desain undangan pernikahan yang tersedia baik online/internet maupun offline. Untuk mencari inspirasi, kamu harus melakukan penelitian dan melihat sebanyak mungkin contoh desain yang ada sebagai bahan referensi desain yang dapat kamu jadikan pilihan dalam mencetak undangan kamu. Undangan harus bisa menjelaskan sejelas mungkin tentang kapan, tempat, dan acara akan dilangsungkan dan hindari penggunaan kata-kata yang tidak diperlukan. Walaupun pernikahan adalah event dari kedua mempelai, ada baiknya jika kamu berbagi dengan keluarga atau teman dalam menentukan desain. Terkadang, kita tahu apa yang kita inginkan, tetapi tidak tahu bagaimana menuangkannya dalam selembar kertas. 

Undangan pernikahan yang unik biasanya menggunakan foto kedua mempelai. Kemudian, usahakan desain undangan mencerminkan diri kamu, karena itu bisa menjadi nilai tambah khususnya untuk kamu dan keluarga. Paling tidak. Gunakan desain yang sederhana, tapi romantis dan menggambarkan apa yang kamu inginkan.

wm_article_img

Ada beberapa hal yang harus selalu kamu ingat ketika mencetak undangan pernikahan yaitu undangan harus jelas, mudah dibaca dan dimengerti. Ingat bahwa undangan pernikahan akan diberikan dan diterima oleh relasi atau temen dari kedua belah pihak dan pastinya kamu harus mencantumkan ke mana dan untuk siapa undangan itu ditujukan. Besaran biaya pernikahan saat suatu keluarga akan mengadakan resepsi menjadi agenda utama yang harus direncanakan secara matang. Demikian halnya dengan siapa saja yang akan diundang. Memilih mengundang secara personal berarti ada risiko yang harus ditanggung penyelenggara. Seperti empat hal di bawah ini:

  • Kerepotan dengan daftar nama

Membuat undangan pernikahan secara khusus untuk dibagikan kepada perorangan membuat penerimanya merasa dihargai. Akan tetapi, bagi pemberi undangan hal tersebut berarti menjadi lebih repot saat membuat daftar nama, karena harus dibuat satu-satu per undangan.

  • Waktu yang lebih banyak untuk mengantar

Berhubung aktivitas membuat undangan pernikahan secara perorangan lebih membutuhkan banyak benda, maka secara sendirinya waktu yang dibutuhkan lebih banyak. Namun, kalau memang ingin simpel, undangan atas nama instansi menjadi solusinya.

  • Sedikit menguras tenaga

Repotnya membuat undangan pernikahan satu per satu untuk setiap orang, membuat tenaga yang dikeluarkan bertambah. Butuh bantuan teman dan saudara meski sekilas kelihatannya membuat undangan merupakan kegiatan sepele.

  • Jarak yang jauh

Karena dicantumkan perorangan maka tujuan yang diundang menjadi lebih banyak. Untuk mengantisipasi hal tersebut, manfaatkan kumpulan seperti rapat agar surat undangan pernikahan sampai ke orangnya langsung.

Kamu bisa memasukkan kata-kata mutiara ke dalam undangan pernikahan. Kata mutiara sendiri bervariasi. Bisa kamu ambil dari film atau buku favoritmu, bisa dari kata-kata orang terkenal yang menginspirasi kamu, bisa dari meme yang ada di internet, dan bisa juga dari Al-Quran. Bila mengambil dari kitab suci, berikut kata-kata yang bisa kamu jadikan pemanis undangan pernikahan:

Q.S Ar Rum ayat 21

“Dan di antara tkamu-tkamu kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tkamu-tkamu bagi kaum yang berfikir.”

Q.S An Nisa ayat 1-3

  1. Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam), dan (Allah) menciptakan pasangannya (Hawa) dari (diri)-nya; dan dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Bertakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta, dan (peliharalah) hubungan kekeluargaan. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu.
  2. Dan berikanlah kepada anak-anak yatim (yang sudah dewasa) harta mereka, janganlah kamu menukar yang baik dengan yang buruk, dan janganlah kamu makan harta mereka bersama hartamu. Sungguh, (tindakan menukar dan memakan) itu adalah dosa yang besar.
  3. Dan jika kamu khawatir tidak akan mampu berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yatim (bilamana kamu menikahinya), maka nikahilah perempuan (lain) yang kamu senangi: dua, tiga atau empat. Tetapi jika kamu khawatir tidak akan mampu berlaku adil, maka (nikahilah) seorang saja, atau hamba sahaya perempuan yang kamu miliki. Yang demikian itu lebih dekat agar kamu tidak berbuat zhalim.

Q.S An Nahl ayat 72

Allah menjadikan bagi kamu isteri-isteri dari jenis kamu sendiri dan menjadikan bagimu dari isteri-isteri kamu itu, anak-anak dan cucu-cucu, dan memberimu rezeki dari yang baik-baik. Maka mengapakah mereka beriman kepada yang bathil dan mengingkari nikmat Allah?"

Q.S An Nuur ayat 26

Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga).

Q.S An Nuur ayat 32

Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Masih banyak lagi ayat-ayat Al-Quran yang bisa kamu gunakan dalam undangan pernikahan. Semua ayat di atas hanyalah beberapa dari ayat yang lazim digunakan untuk mengisi undangan pernikahan. Apabila kamu ingin mencari yang lain, tentu saja boleh. Asalkan, sesuai dengan tema pernikahanmu dan tidak menyinggung pihak tertentu. Bagaimana caranya membuat undangan pernikahan yang paling baik ya? Yuk, konsultasikan dengan vendor undangan pernikahan Wedding Market!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...