Pahami dengan Teliti, Inilah Contoh Undangan Pernikahan Islami

27 Nov 2020 | By Wedding Market | Viewers: 288
Pahami dengan Teliti, Inilah Contoh Undangan Pernikahan Islami
Foto: ketan_galeriundangan from Instagram

Contoh undangan pernikahan islami memberikan banyak rekomendasi yang mana didalamnya terdapat banyak rangkaian kata-kata undangan pernikahan yang identik dengan muslim dan muslimah. Penggunaan bahasa yang baik dan tatanan yang tepat tentu saja menjadi hal yang terpenting sebagai bagian dari gelaran pernikahan bagi umat muslim.

Pada bagian ini, rupanya kerap kali menjadi satu hal yang kurang diperhatikan yang disepelekan. Bahkan sebagian orang lebih mengutamakan agar informasi gelaran pernikahan tersampaikan, akan tetapi tidak memilih atau cenderung tidak memperhatikan perihal tatanan bahasa yang harus digunakan.

Beberapa di antaranya itu lebih condong terhadap pembuatan undangan pernikahan yang mengutamakan tema ataupun bentuk yang lebih unik dari biasanya dalam menentukan desain undangan pernikahan. Padahal sebetulnya, kata-kata dalam undangan pernikahan yang islami sangatlah penting untuk diperhatikan karena apabila tidak jelas dapat membuat orang yang diundang menjadi lebih bingung.

Didalam contoh undangan pernikahan islami, tatanan kata-kata pada undangan pernikahan lebih harus diperhatikan mungkin dari segi keindahan bahasa ataupun dari segi jenis huruf yang dipilih. Kamu tentu ingin menggunakan dan menyebarkan undangan pernikahan yang memiliki kata-kata yang sangat baik dengan tulisan huruf yang bagus pula. Hal ini pun tentu akan menjadi nilai plus pada desain undangan.

Maka dari itu, kamu perlu untuk mencari banyak-banyak referensi ataupun rekomendasi perihal kata-kata yang tepat untuk undangan pernikahan islami. Berikut adalah beberapa referensi ataupun contoh yang dapat kamu gunakan.

Struktur Kata serta Contoh Undangan Pernikahan Islami

Pahami dengan Teliti, Inilah Contoh Undangan Pernikahan Islami

Foto: kreasiundangan

Biasanya dalam contoh undangan pernikahan islami, memiliki struktur yang tidak jauh berbeda dengan yang umumnya digunakan. Hanya saja terdapat pilihan kata-kata mutiara yang akan dipakai dalam undangan. 

Di dalam desain undangan tersebut, biasanya kata-kata undangan pernikahan akan dibagi menjadi dua halaman yaitu pada awal dan akhir. Dan umumnya, setelah kalimat pembuka akan diterapkan terjemahan dari suatu hadits ataupun penggalan terjemah dari suatu ayat yang berkaitan erat dengan pembahasan pernikahan atau anjuran untuk menikah sebagai ibadah.

Kemudian, akan diiringi dengan kalimat yang diawali permohonan ridho dari yang maha kuasa dan diikuti dengan kalimat inti yaitu kedua nama mempelai serta nama kedua orang tua mempelai. Setelah itu disertakan waktu dan tempat pelaksanaan pernikahan. 

Pahami dengan Teliti, Inilah Contoh Undangan Pernikahan Islami

Foto: kreasiundangan

Kemudian pada bagian penutup contoh undangan pernikahan islami, pendapat ungkapan terima kasih apabila tamu undangan dapat menghadiri serta ungkapan terima kasih untuk doa restu yang diberikan kepada kedua mempelai. Selanjutnya diakhiri dengan kalimat "Jazakumullah Khairan Katsira" dan ditutup dengan salam. Tidak lupa menyertakan nama keluarga besar serta tamu khusus yang turut diundang.

Sederhananya, memang dalam struktur yang yang dipakai dalam surat undangan pernikahan islami, menggunakan struktur yang umum digunakan. Akan tetapi cenderung lebih memperhatikan penggunaan bahasa yang tepat.

Karena pada dasarnya penyampaian tujuan pernikahan sebagai bentuk ibadah pun harus disampaikan dengan jelas berikut dengan detail pelaksanaan acara pernikahan. 

Kata - Kata Mutiara Islam dalam Undangan Pernikahan

Pahami dengan Teliti, Inilah Contoh Undangan Pernikahan Islami

Foto: kreasiundangan

Hal yang cukup unik dan khas pun terdapat pada penggunaan kata-kata indah atau kalimat yang cenderung lebih puitis dalam contoh undangan pernikahan islami. Biasanya bagian ini akan diletakkan pada bagian depan surat atau kalimat pembuka, dan juga diletakkan pada bagian 

Umumnya, kata-kata mutiara yang digunakan bersumber dari salah satu ayat Alquran yang membahas tentang pernikahan atau ada pula yang menggunakan sabda nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam beserta sumber sumber lainnya.

Ada pula yang mengimbuhkan sebuah paragraf puisi yang merupakan kutipan dari puisi terkenal ataupun kata-kata yang dibuat oleh sendiri. Tentu saja kalimat yang diimbuhkan pun lebih memberikan kesan romantis dan hangat bagi pembacanya. Sebagai contoh undangan pernikahan islami, biasanya kata pernikahan diganti dengan kata dalam bahasa Arab yaitu "walimatul ursy".

Kamu dapat mengimbuhkan kalimat seperti "kehadiran bukan hanya sekedar silaturahmi, tapi merupakan restu dan doa serta kasih sayang yang diberikan dengan keikhlasan.. (dan dilanjut dengan kalimat yang dihendaki).

Atau apabila dimaksudkan merupakan pemberitahuan dari orang tua kedua mempelai terhadap para tamu undangan, dapat menyertakan kalimat "...... Untuk menikahkan putra-putri kami".

Kalimat-kalimat pada contoh undangan pernikahan islami di atas, dapat diletakkan pada bagian pembuka atau depan undangan. Apabila hendak ditaruh pada bagian atas maka sebaiknya diletakkan setelah ucapan salam yaitu “Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh”.

Pahami dengan Teliti, Inilah Contoh Undangan Pernikahan Islami

Foto: kreasiundangan

Namun apabila ingin meletakkan nya pada akhir, akan lebih baik jika ditaruh sebelum bagian tulisan keluarga besar kedua mempelai dan undangan khusus yang turut diundang oleh keluarga besar. yang mana tepat berada dibawah waktu, tempat serta tanggal pernikahan dilangsungkan.

Tentu saja, penggunaan kalimat pun harus tepat agar tujuan dan kaidah undangan yang bersifat lebih islami dapat tersampaikan dengan baik dan sesuai. Kamu dapat mencari banyak referensi contoh undangan pernikahan islami yang sesuai dengan keinginan kamu dari jasa cetak undangan pernikahan di WeddingMarket.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket