Beberapa Contoh Makanan Catering Pernikahan Nusantara yang Menggiurkan

14 Oct 2020 | By Wedding Market | Viewers: 145
Beberapa Contoh Makanan Catering Pernikahan Nusantara yang Menggiurkan
Foto: Mealfit

Pernikahan adalah suatu hal yang sangat sakral. Kebanyakan dari mereka hanya ingin menikah satu kali seumur hidup tentunya dengan orang yang terkasih. Mereka ingin pernikahan mereka menjadi pernikahan yang sangat berkesan dan akan dikenang hingga ke anak cucu. Maka tak heran terkadang orang-orang memikirkan dengan secara matang konsep pernikahan apa yang diinginkan, sampai contoh makanan catering pernikahan sudah kamu cari.

Kamu bisa menentukan atau merundingkan konsep acara dan menu makanan yang dihidangkan untuk para tamu dengan Vendor. Pastikan kamu sudah menggunakan jasa catering terbaik serta terpercaya di Kotamu untuk meminimalisir keluarnya uang secara cuma-cuma dan juga jika kamu menyewa jasa vendor yang sangat profesional, kamu tidak akan kecewa dengan pelayanan mereka yang sangat bagus serta profesional.

Dalam acara pernikahan tentunya ada satu hal yang paling ditinggu-tunggu oleh para tamu undangan yaitu makanan. Makanan atau hidangan dalam acara pernikahan terkadang menjadi momok pembicaraan jika hidangan yang ada tidak enak atau porsi yang tidak sesuai dengan tamu undangan. Supaya pestamu tidak kacau, mungkin contoh makanan catering pernikahan di bawah ini cocok dengan yang kamu inginkan.

9 Contoh Makanan Catering Pernikahan Khas Nusantara

Foto: Alicia godsey omaha

Indonesia adalah Negara yang tidak hanya kaya akan keindahan destinasi wisatanya, melainkan juga kaya akan kuliner yang khas dengan cita rasa tinggi akan rempah-rempah. Mulai dari Sabang sanpai Merauke terdapat banyak menu masakan yang cocok untuk pesta pernikahanmu serta rasa yang dijamin membuat air liur ingin menetes. Berikut contoh masakan nusantara yang bisa kamu coba untuk acara pernikahanmu yang dijamin tidak akan rugi.

1. Nasi Rawon

Mungkin kamu yang berasal dari daerah Jawa Timur sudah tidak asing lagi dengan makanan ini. Rawon sangat mudah dijumpai di rumah makan manapun yang ada di Pulau Jawa. Ciri khas dari masakan ini adalah kuahnya yang berwarna cokelat agak kehitaman yang berasal dari rempah Kluwek sehingga mempunyai aroma yang khas. 

Di dalam masakan rawon terdapat potongan daging sapi kecil-kecil berbentuk dadu dan ditambah dengan tauge serta daun melinjo yang sebelumnya sudah direbus. Masakan ini juga terkenal luas di kalangan masyarakat. Rawon tidak hanya disajikan ketika acara pernikahan saja, melainkan segala elemen hajatan terkadang menggunakan masakan legenda yang satu ini.

2. Kambing Guling

Contoh makanan catering pernikahan berikutnya yang wajib kamu coba yaitu kambing guling. Masakan ini ditemukan pertamakali oleh orang Asia Tengah, dimana mereka sudah terbiasa mengonsumsi daging kambing atau domba dalam sehari-hari. Cara memasaknyapun cukup unik yaitu daging kambing atau domba yang sudah di bumbui di putar-putar di atas bara api.

Masakan ini sangat identik dengan hidangan yang biasa dibuat untuk menyambut suatu perayaan maupun upacara adat. Hidangan kambing guling memiliki cita rasa yang lezat dan tekstur daging empuk serta baunya tidak begitu menyengat, sehingga aman bagi kamu atau tamu undangan yang tidak suka dengan hidangan kambing karena baunya yang menyengat.

3. Daging Rendang

Sudah tidak asing lagi jika masakan ini masuk dalam daftar contoh makanan catering pernikahan yang paling direkomendasikan. Masakan asal Sumatera ini memiliki rasa yang khas yaitu pedas, juga bumbu dari masakan padang ini meresap sampai kebagian dalam daging. Tidak heran begitu lezat, cara pengolahannyapun membutuhkan waktu berjam-jam dimana daging tadi dimasak dengan santan yang sudah diberi bumbu rendang.

Masakan rendang juga sering hadir mengisi berbagai acara dengan hidangan lainnya. Di asalnya kuliner yang satu ini wajib ada ketika ada acar adat ataupun acara lainnya seperti pernikahan. Kuliner dari padang ini juga sudah terkenal hingga ke mancanegara karena memiliki rasa dan terkstur yang khas apalagi bila disajikan dalam kondisi hangat.

4. Nasi Liwet

Next contoh makanan catering pernikahan yang berasal dari Solo yaitu nasi liwet. Nasi lewet ini memiliki rasa yang gurih yang di dapat dari santan serta orang-orang biasa menyebutnya nasi gurih (sego gurih). Nasi liwet ini biasanya disajikan dengan daging ayam suwir, sayur labu siam, dan areh atau bubur gurih dari santan kelapa. Nasi liwet paling pas jika dihidangkan saat masih panas dengan lauk lainnya.

5. Sate 

Sate merupakan makanan yang sering dijumpai pada setiap catering pernikahan, ada beragam jenis sate yang ada di Nusantara. Salah satunya sate yang berasal dari Jawa, sate dari Pulau ini tidak seperti sate padang yang di pemanggangannnya di baluri dengan bumbu. Melainkan di panggang biasa dan nanti dibubuhi bumbu kacang yang rasanya sangat gurih.

Untuk daging yang dijadikan sate pun kamu bisa menggunakan daging apa saja seperti sapi, ayam, kelinci, kambing. Semua orang menyukai sate jadi kuliner ini bisa jadi contoh makanan catering pernikahan yang akan kamu sajikan saat acara pernikahanmu dengan  makanan lainnya. Pengolahan kkuliner yang satu ini juga tidak terlalu sulit, jadi cukup praktis.

6. Ayam Teriyaki

Nama teriyaki di kuliner yang satu ini sebenarnya di ambil dari bahasa Jepang  yang berarti memasak dengan cara dipanaskan atau dipanggang. Jenis-jenis daging yang dimasak ikan, cumi, daging, dan jenis ubi konyaku. Salah satu daging tersebut kamu bisa menggukan daging ayam sebagai pilihan karena selain murah ayam mudah ditemukan dimana-mana.

Menu ayam teriyaki saat ini sangat popular menjadi hidangan di berbagai acara termasuk pernikahan karena harga dan bahannya mudah ditemukan sekaligus harganya murah. Kuliner yang satu ini memiliki cita rasa khas ayam dan guyuran saus teriyaki yang gurih dan nikmat di atas ayamnya. Makanan modern yang satu ini bisa dijadikan contoh makanan catering pernikahan yang wajib kamu coba karena bisa menghemat budget yang dimiliki.

7. Seafood

Kuliner ini merupakan olahan makanan laut yang sedang popular akhir-akhir ini. Bagi kamu penyuka seafood tidak perlu pusing karena biasanya penyedia jasa catering memiliki menu kuliner yang lezat ini. Hidangan yang satu ini memiliki bahan-bahan dasar dari laut seperti tumbuhan atau hewan-hewan laut yang ditangkap oleh para nelayan atau hasil budidaya.

Dibarat seafood tak hanya makanan yang berasal dari laut dengan air asin, melainkan dari air tawar juga memiliki julukan yang sama. Hidangan ini paling nikmat jika diolah pas waktu segar karena rasa dagingnya enak dan gurih. Contoh makanan catering pernikahan yang satu ini bisa dijadikan menu hidangan yang pas untuk tamu undangan pernikanmu. Seafood sangat direkomendasikan untuk mengisi meja prasmanan pernikahanmu dan merupakan kuliner yang paling degemari oleh semua kalangan masyarakakt.

8. Salad Buah

Salad buah biasanya digunakan sebagai makanan puncuci mulut atau penutup, karena rasa manis dan segar yang berasal dari buah serta asam dari yogurt dan asin dari mayonnaise menjadi paket komplit untuk mengisi meja prasmanan. Mengomsumsi salad buah juga bisa menambah asupan vitamin serta protein yang masuk ketubuhmu.

Hidangan spesial yang satu ini adalah menu favorit yang akan diincar oleh para tamu, apalagi bagi tamu pernikahanmu yang sedang melakukan program diet mereka tidak akan menyia-nyiakan kuliner yang satu ini sebagai pengganjal perut mereka. Pastikan buah-buahan yang dipakai adalah buah yang segar agar rasanya semakin nikmat. Contoh makanan catering pernikahan yang satu ini sangat pas di jadikan rekomendasi pilihan menumu.

9. Es doger

Daftar terakhir yang bisa kamu gunakan adalah es doger, minuman ini terbuat dari dari susu dicampur dengan kelapa muda dingin. Minuman ini sebenarnya berasal dari kota Cirebon, namun kamu bisa menemukannya diberbagai tempat di Indonesia mulai dari pedagang keliling hingga café dan restoran juga menyediakan. 

Bahan yang digunakan yaitu parutan kelapa, susu, tape, ketan hitam, agar-agar, dan kamu bisa menambahkan buah sebagai toping diatasnya. Es doger sangat cocok disajikan sebagai minuman pelepas dahaga karena rasanya yang segar juga dingin yang berasal dari es sehingga membuat tubuh kamu segar. Es doger bisa menjadi teman santaimu di acara pernikahan. Es doger merupakan contoh makanan catering pernikahan yang wajib kamu coba dan sajikan di acara pernikahanmu.

Itulah beberapa kuliner yang bisa kamu gunakan sebagai sajian catering  di acara pernikahanmu. Pesta pernikahan akan terasa mengesankan jika kamu memilih menu yang sesuai dengan tema dan konsep yang di usung. Seperti pembahasan diatas masalah menu memang seppele tapi berakibat sangat fatal jika ada kesalahan sedikit didalamnya. Pilihlah sajian makanan yang sesuai dengan konsep serta sesuai dengan budget yang ada.

Beberapa  contoh makanan catering pernikahan di atas memungkin bisa dijadikan rekomendasi bagi kamu. Untuk jenis makanan sesuaikan sesuaikan dengan konsep, jika kamu menggunakan konsep tradisional pastikan masakanmu adalah masakan tradisional. Jika konsep yang kamu gunakan adalah bebas, maka pilihlah berbagai menu yang menarik, berkelas dan lezat.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket