Contoh Mahar untuk Pernikahan - Wedding Market

Contoh Mahar untuk Pernikahan

09 Jun 2021 | By WeddingMarket | Viewers: 277
Contoh Mahar untuk Pernikahan
foto: seserahan_id on instagram

Saat ini, banyak sekali contoh mahar yang bisa digunakan di acara pernikahan. Di mana mahar merupakan bentuk penghargaan yang diberikan oleh pengantin pria pada pengantin wanita, dan wajib adanya. 

Dalam agama Islam, mahar juga disebut shadaq, yang berarti jujur, benar, dan tulus. Bentuknya tidak melulu sesuatu yang bernilai ekonomis, namun sebaiknya bermanfaat dan berguna bagi pengantin itu sendiri. Dan yang terpenting adalah tidak membebani atau menyusahkan pengantin pria dan keluarganya. 

Namun, jika pengantin pria ternyata sanggup memberikan mahar yang bernilai tinggi, itu pun diperbolehkan. Yang tidak diperkenankan adalah pengantin wanita dan keluarganya yang menuntut pemberian mahar dengan nilai atau batas tertentu.

Di Indonesia sendiri, lazimnya mahar pernikahan diberikan dalam bentuk uang yang disertai benda lainnya, seperti pakaian adat, atau alat salat. Namun seiring berkembangnya zaman, kini mahar lumrah ditemukan dalam berbagai macam. Jika kamu pun tidak ingin menggunakan uang sebagai mahar, sepertinya ini bisa menjadi contoh yang tepat.

Beberapa Contoh Mahar yang Bisa Jadi Pilihan


Foto: seserahan_id on instagram

1. Koleksi

Contoh mahar yang pertama adalah memilih barang yang dijadikan koleksi pengantin wanita. Meskipun mungkin nilainya tidak besar karena syarat mahar juga tidak harus yang mahal, namun akan memberikan kesan mendalam bagi pasanganmu. 

Salah satu contohnya adalah tas dan pasangan priamu bisa memilihkan tas dari merek tertentu yang memiliki desain unik. Jika memiliki dana lebih untuk mahar, bisa juga dipilih tas dengan harga yang cukup tinggi, sehingga mahar pun tetap akan terlihat elegan. 

Pengantin pria juga bisa memilihkan perhiasan jika benda tersebut adalah bagian dari koleksi pasangannya. Namun sebetulnya, perhiasan sendiri bisa menjadi koleksi pertama yang akan menjadi pintu bagi koleksi-koleksi perhiasan kalian nantinya. 

Bagaimana pun juga mengoleksi perhiasan akan sangat berguna dan mahar dalam bentuk perhiasan, bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Pilih desain yang paling disukai oleh pasangan, baik itu berupa cincin, kalung atau gelang misalnya. 

Begitu juga bahan dasarnya, piihannya bisa dijatuhkan pada emas kuning atau putih, perak, atau berlian. Sesuainya dengan kesukaan dan pastinya dana yang ingin dikeluarkan. 

2. Reksa dana

Tidak hanya perhiasan yang bisa digunakan sebagai investasi, reksadana juga bisa menjadi pilihan jenis mahar pernikahan. Dan menariknya, ini juga bisa menjadi mahar yang unik. Di mana reksa dana juga bisa didapat dengan modal yang cukup terjangkau dan bisa disesuaikan dengan dana yang kamu miliki.

Mahar dari reksa dana bisa menjadi alternatif yang tepat. Setelah menikah, investasi bisa terus dipupuk, hingga akhirnya bisa berguna untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Kelebihan dari reksa dana lainnya adalah, karena memungkinkan kamu untuk mendapatkan keuntungan lebih yang tentunya berbeda dengan uang yang akan terkena inflasi. 

3. Perlengkapan Salat dan Ibadah

Mahar Perlengkapan Salat dan ibadah juga bisa menjadi contoh mahar pernikahan. Mulai dari mukena, sajadah, hingga kitab suci Al-Quran bisa disertakan. Tujuan dari pemberian mahar ini tentu saja untuk mengingatkan kalian berdua akan pentingnya beribadah. 

Bila dikaitkan dengan ibadah, ternyata mahar tidak hanya bisa diberikan dalam bentuk benda seperti yang disebutkan tadi. Karena pengantin wanita juga bisa meminta mahar, seperti hapalan surat Al-Quran, mengajarkan membaca Al-Quran, hingga mahar kalimat Syahadat. 

Berkaitan dengan ibadah, perjalanan ibadah seperti ke Mekkah juga bisa menjadi sebuah mahar. Bahkan jenis mahar ini pun banyak dipilih oleh pasangan-pasangan pengantin saat ini. Tasbih juga bisa sertakan sebagai bagian dari mahar, bahan tasbih yang bisa dipilih dan berharga sepertinya bisa menjadi pilihan yang tidak kalah menariknya. 

4. Sesuai dengan Kebutuhan

Bingung menentukan mahar yang akan diberikan dan tidak ingin terlihat biasa. Mahar juga bisa dipilihkan sesuai dengan kebutuhan dari pengantin wanita itu sendiri. Semisal, pengantin wanita membutuhkan seperangkat alat masak, seperangkat gadget untuk menunjang pekerjaannya, atau yang lainnya. 

Setidaknya dari mahar yang diberikan, barang-barang tersebut bisa digunakan untuk kepentingan bersama dan tentu saja tidak akan sia-sia. Namun untuk yang satu ini, sebaiknya dipikirkan sebaik mungkin, agar mahar benar-benar bisa bermanfaat. 

Pakaian juga digunakan sebagai mahar, karena semua orang juga tahu benar bahwa pakaian sangat bermanfaat. Lengkapi pakaian dengan benda lainnya sebagai penyerta, jika memungkinkan, pengantin wanita juga boleh meminta dibelikan pakaian dari brand tertentu. 

5. Rumah dan Kendaraan

PIlihan berikutnya yang bisa digunakan sebagai contoh mahar adalah rumah. Di negara ini, terutama suku Bugis pemberian mahar dalam bentuk rumah adalah hal yang lumrah. Dan ini bisa kamu pilih, jika kalian berdua memang belum memiliki rumah setelah menikah. 

Furniture untuk diletakkan di dalam rumah juga bisa menjadi alternatif lainnya. Kursi dan meja tamu, tempat tidur atau yang lainnya, bisa pilihan. Motor atau mobil juga bisa menjadi alternatif mahar pernikahan. Selain bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari, kendaraan juga bisa menjadi aset yang menguntungkan, tentunya. 

6. Hewan Ternak

Di masyarakat pedesaan, pemberian hewan ternak seringkali digunakan sebagai mas kawin. Kini, kamu bisa juga menggunakannya sebagai mahar agar pernikahanmu berkesan dan unik. Pilihan hewan ternak pun bermacam-macam, mulai dari ayam, kambing, sapi, kerbau atau kuda.

Pemberian mahar ini tentunya akan sangat berguna, namun yang perlu diperhatikan sebelumnya adalah, pastikan juga lokasi untuk menyimpannya sudah tersedia. 

7. Valuta Asing

Contoh mahar berikutnya adalah valuta asing dan banyak sekali pilihan mata uang yang bisa digunakan sebagai simbol mahar. Pilihan bisa dijatuhkan pada satu jenis valuta asing atau justru bermacam-macam, sesuaikan saja dengan kemampuan atau ditujukan dengan mengingat tanggal pernikahan kalian. 

Sama halnya dengan uang kertas dan koin, valuta asing yang akan digunakan sebagai mahar, sebaiknya tidak dibentuk atau dilipat, hingga menyebabkan kerusakan. 

8. Buku

Buku juga bisa menjadi pilihan mahar yang tidak kalah uniknya. Banyak pilihan buku yang bisa digunakan, seperti buku koleksi pengarang tertentu, buku langka, atau satu paket buku berharga. Mahar buku juga sebetulnya bukan barang baru, banyak pada pesohor di negeri ini yang lebih memilih buku sebagai mahar pernikahannya. 

9. Emas Batangan

Contoh mahar terakhir yang juga bisa kamu gunakan adalah emas batangan. Meskipun invetasi emas dianggap sebagai kebiasaan lama, namun emas masih sangat menarik untuk dijadikan pilihan instrumen investasi dan tentu saja akan sangat berkesan bila diberikan sebagai mahar. 

Harga emas batangan juga cukup beragam, kamu dan pasangan bisa menentukan mana yang paling masuk bujet. Saat ini, emas batangan sendiri sudah bisa kamu dapatkan mulai dari 0,5 gram, dengan harga yang tidak lebih dari Rp 600 ribu rupiah. Nilai emas batangan pastinya akan terus mengalami peningkatan. Jadi, memilih mahar pernikahan emas rasanya tidak akan pernah salah. 

Nah, itu dia beberapa contoh mahar untuk pernikahan. Beberapa di antaranya tentu untuk pernikahan mereka yang muslim, sementara untuk yang beragama lain, masih bisa dipertimbangkan beberapa contoh di atas. Yang terpenting, apapun benda yang dijadikan mahar, sebaiknya tidak mengurangi niat kalian untuk menikah.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket