Jangan Sepelekan, Ketahui Contoh Kata-kata Undangan Pernikahan

27 Nov 2020 | By Wedding Market | Viewers: 177
Jangan Sepelekan, Ketahui Contoh Kata-kata Undangan Pernikahan
Foto: anticipateinvitations

Kata-kata undangan pernikahan merupakan salah satu bagian penting dan tidak dapat disepelekan. Dalam persiapannya, tentu kita akan menjadi cukup pemilih agar dapat memberikan kesan yang baik sebelum gelaran pernikahan diselenggarakan. Oleh karenanya, berikut contoh kata-kata undangan pernikahan yang bisa kamu ikuti.

Walaupun surat undangan menjadi satu hal yang tidak asing dalam kehidupan masyarakat, terutama penggunaannya yang sering digunakan untuk kegiatan atau acara tertentu yang bersifat besar serta menghadirkan banyak tamu. Penggunaan bahasa yang tepat dan sesuai harus dapat diaplikasikan dengan baik mengikuti keperluan penggunaannya.

Hal yang lebih umum mungkin adalah penggunaan surat undangan untuk gelaran pernikahan. Terdapat banyak contoh kata-kata undangan pernikahan yang biasa digunakan oleh masyarakat umum. Namun, kamu juga perlu berhati-hati, tak banyak kata yang cocok dengan surat undangan pernikahan.

Selain itu, penggunaan bahasa dalam undangan pernikahan akan berbeda dengan jenis undangan yang lainnya. Hal ini tentu saja karena tujuan dari penyampaian undangan itu sendiri. Sehingga, dalam penyusunan undangan pernikahan terdapat struktur serta pemilihan kata yang perlu diperhatikan.

Dalam pengertian bahasa Indonesia, undangan adalah sebuah panggilan atau ajakan untuk datang dan menghadiri suatu acara yang diselenggarakan oleh orang yang mengundang. Undangan sendiri dibuat untuk memberitahukan seseorang kelompok agar menghadiri dan datang ke suatu kegiatan atau suatu pertemuan pada waktu yang telah ditentukan.

Untuk contoh kata-kata undangan pernikahan, kamu dapat menyesuaikan pada jenis undangan yang dibuat. Karena undangan sendiri memiliki 3 jenis yaitu undangan resmi, undangan semi resmi dan undangan tidak resmi atau pribadi.

Sedangkan undangan pernikahan, merupakan salah satu jenis undangan yang masuk ke dalam kategori undangan tidak resmi atau pribadi. Dan untuk jenis teks undangan tidak resmi, memiliki bentuk serta struktur yang berbeda yaitu dibuat dengan lebih menarik serta penggunaan kata kata yang non formal.

Adapun struktur teks yang dimiliki dalam pembuatan undangan pernikahan umumnya terdiri atas pembukaan, isi dan penutup. Pada bagian pembukaan terdiri dari salam pembuka serta kalimat pembuka. dan pada bagian isi akan diawali dengan mencantumkan orang yang diundang.

Dalam rekomendasi contoh kata-kata undangan pernikahan, setelah pencantuman nama orang yang diundang yang biasanya diletakkan pada bagian muka undangan, akan dicantumkan nama kedua mempelai yang mengundang beserta dengan nama kedua orang tua dari mempelai. Kemudian akan diiringi dengan waktu serta tempat penyelenggaraan acara pernikahan. Yang biasanya berada ada pada bagian tengah atau isi undangan. Dan yang terakhir, ditutup dengan kata-kata undangan pernikahan pada bagian penutup dan disertai dengan salam penutup.

Berikut adalah beberapa apa contoh penggunaan bahasa dalam undangan pernikahan sesuai dengan tujuan mempelai.

1. Undangan Pernikahan Digital

Jangan Sepelekan, Ketahui Contoh Kata-kata Undangan Pernikahan
Foto: WeddingMarket

Mengikuti perkembangan zaman, contoh undangan pernikahan diaplikasikan pula dengan metode digital. Sehingga mempermudah untuk penyebaran undangan melalui media sosial pribadi atau sejenisnya.

Kata-kata yang digunakan pun tidak jauh berbeda dari yang biasa digunakan dalam surat undangan pada umumnya. hanya saja mungkin bentuk undangan akan berupa foto atau pun mungkin dibuat dalam video.

2. Contoh Undangan Pernikahan Islami 

Jangan Sepelekan, Ketahui Contoh Kata-kata Undangan Pernikahan
Foto: suratresmi

Adapun yang umum digunakan dalam pernikahan di di Indonesia adalah teks undangan pernikahan yang islami. Dimana menggunakan atau menyertakan beberapa ayat Alquran dan hadist beserta dengan terjemahnya. Dan biasanya akan diawali dengan salam serta kalimat syukur dalam bahasa Arab. 

Dan biasanya contoh kata-kata undangan pernikahan pada kata pernikahan diganti dengan kata "walimatul ursy". dan isinya akan sesuai dengan struktur umum seperti penyertaan nama orang yang diundang, kedua mempelai dan orangtua kedua mempelai, waktu pelaksanaan dan disertai dengan kalimat doa atau ayat Alquran dan hadist.

3. Contoh Undangan Pernikahan Sederhana 

Jangan Sepelekan, Ketahui Contoh Kata-kata Undangan Pernikahan
Foto: ayuprint

Selanjutnya terdapat undangan pernikahan yang dibuat lebih sederhana yaitu dengan penggunaan bahasa yang tidak terlalu bertele-tele. Dalam pengaplikasian bahasanya pun tidak menggunakan kata-kata yang terlalu formal sehingga cenderung lebih santai dan menonjolkan kesan lebih sederhana. Asalkan kebutuhan informasi waktu dan lokasi pernikahan tersampaikan.

4. Contoh Surat Undangan dengan Kata-Kata Mutiara 

Jangan Sepelekan, Ketahui Contoh Undangan Pernikahan
Foto: Pixabay

Selanjutnya, jika kamu ingin menghasilkan surat undangan yang tidak terlalu monoton, kamu dapat memasukkan beberapa kata-kata mutiara dalam undangan pernikahan. adapun untuk contoh kata-kata dalam undangan pernikahan yang dapat kamu tiru dari beberapa contoh berikut.

 “Tak perlu mencari keindahan kisah cinta dalam dongeng Cinderella, karena bagiku kisah cinta kita bahkan lebih indah”. Setelah itu disertakan informasi inti dari undangan tersebut.

Khusus untuk jenis undangan yang lebih formal, kamu perlu memilih beberapa kata yang cocok diaplikasikan dalam jenis undangan yang formal seperti peruntukan bagi beberapa petinggi atau orang khusus. atau mungkin jika kamu ingin lebih menggunakan bahasa yang kekinian untuk sahabat serta rekan terdekat kamu, kamu dapat menggunakan contoh kata-kata undangan pernikahan yang tidak formal dengan mengimbuhkan beberapa kalimat yang lucu.

Kamu pun bisa andalkan jasa cetak undangan pernikahan dari WeddingMarket dan dapatkan berbagai contoh kata undangan pernikahan yang sesuai dengan yang kamu inginkan.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket