Perlukah Melakukan Cek Kesehatan Pra Nikah? - Wedding Market

Perlukah Melakukan Cek Kesehatan Pra Nikah?

08 Jun 2021 | By WeddingMarket | Viewers: 120
Perlukah Melakukan Cek Kesehatan Pra Nikah
foto: indushealthplus

Kesehatan merupakan hal penting yang perlu diketahui oleh setiap Kesehatan merupakan hal penting yang perlu diketahui oleh setiap calon pasangan yang ingin melanjutkan ke jenjang pernikahan. Melakukan cek kesehatan pra nikah tentu menjadi jalan khusus supaya masing-masing pasangan bisa mengetahui kondisi kesehatannya.

Jika ditanya, perlukah melakukan cek kesehatan pra nikah? Tentu saja melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan sebelum menikah merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan bagi kamu yang ingin melangsungkan pernikahan. Hal ini karena beberapa alasan berikut: 

Alasan Pentingnya Cek Kesehatan Pra Nikah


Foto: Life Partner Academy

1. Mengetahui Kondisi Kesehatan Pasangan

Dengan melakukan pemeriksaan sebelum menikah kamu bisa mengetahui kondisi kesehatan pasanganmu. Jika terdeteksi adanya masalah kesehatan yang mengkhawatirkan maka mempertimbangkan kembali melanjutkan pernikahan bisa kamu lakukan. Kamu dapat melakukan tindakan khusus untuk penyakit yang diderita sebagai solusinya.

2. Mengetahui Kondisi  Mental Pasangan

Dengan adanya tahap pengecekan kondisi kesehatan tentu kamu juga bisa mengetahui kondisi mental pasangan. Apakah ada sedang mengalami stres, kecemasan bahkan depresi. Masalah ini tentu saja harus diketahui bagi kamu yang ingin menikah dan segera mendapatkan solusinya.

3. Supaya Lebih Yakin Melanjutkan Pernikahan

Kondisi kesehatan fisik dan mental tentu saja menjadi pertimbangan bagi setiap calon pengantin. Sangat mempengaruhi keberlangsungan pernikahan. Dengan mengetahui kondisi pasangan masing-masing maka kamu bisa lebih yakin untuk melanjutkan pernikahan. 

Ada beberapa syarat buat kamu yang ingin melakukan cek kesehatan pra nikah. Salah satu syaratnya biasanya sebagian Puskesmas meminta surat pengantar sekaligus KTP. Maka dari itu siapkan persyaratan ini sebelum menuju ke Puskesmas. Akan tetapi ketahui juga apakah Puskesmas tersebut menerima KTP dari daerah lain. 

Terdapat 7 Kondisi yang Perlu Diperiksa, yaitu Sebagai Berikut:


Foto: Labciliwung

1. Pemeriksaan Darah

Pertama kamu bisa melakukan cek kesehatan dengan pemeriksaan darah. Karena upaya pemeriksaan ini bisa mengetahui adanya penyakit anemia, leukimia dan penyakit-penyakit lainnya.

Seperti yang kita ketahui sendiri anemia bisa mengganggu kesehatan janin, jadi kamu sebagai calon pengantin yang bijak ada baiknya untuk melakukan pengecekan darah.

2. Golongan Darah dan Rhesus

Mengetahui golongan darah sekaligus rhesus antar pasangan menjadi sangat urgent untuk segera dilakukan pemeriksaan. Sebab kalau tidak bisa mempengaruhi kesehatan janin dan ibu hamil.

Misalnya jika seorang wanita dengan rhesus negatif dibuahi oleh pria rhesus positif maka akan melahirkan bayi dengan rhesus positif. Masalah ini akan menimbulkan isoimunisasi rhesus yang kemungkinan terjadi darah bayi akan masuk ke tubuh ibu. 

Jika ini terjadi maka kesehatan janin bisa terganggu. Adanya penyakit kuning bahkan anemia bisa menjadi ancaman untuk bayi.

3. Deteksi Hepatitis B

Penyakit hepatitis B bisa menular saat melakukan hubungan seksual. Maka dari itu penting sekali ini lakukan cek kesehatan pra nikah pada bagian organ hati. 

Masalah ini juga bisa berhubungan dengan kehamilan. Melakukan pencegahan infeksi virus menjadi solusi untuk mencegah terjadinya efek buruk terhadap bayi atau janin. Karena penyakit ini bisa menyebabkan bayi cacat bahkan resiko kematian.

4. TORCH

TORCH sangat berkaitan erat dengan masalah kehamilan. Infeksi akut bisa saja terjadi saat kehamilan bahkan sebelum kehamilan.

Hal ini menjadi masalah serius karena bisa menyebabkan keguguran, kelahiran prematur dan kelainan pada janin. Pemberian vaksin TROCH pada ibu hamil dapat mencegah terjadinya efek buruk ini.

5. Infeksi Menular Seksual

Pemeriksaan ini dapat dilakukan dengan uji VDRL atau TPR dengan menggunakan sampel darah. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui antibodi yang bereaksi terhadap bakteri seperti sifilis dan treponema pallidum. Bahkan yang tidak kalah pentingnya yaitu untuk mendeteksi status infeksi HIV.

6. Organ Reproduksi

Cek kesehatan pra nikah dengan medical check up pada organ reproduksi sebelum pernikahan juga menjadi upaya yang sangat penting. Karena masalah ini berkaitan dengan kondisi kehamilan. Penting bagi kamu sebagai pengantin wanita untuk memastikan kondisi organ reproduksi dalam keadaan sehat.

Dokter akan melakukan tindakan USG transvagina untuk mengetahui kondisi kesehatan reproduksi kamu. Selain itu ada juga HSG sebagai pemeriksaan pada bagian rahim dan pemeriksaan indung telur sekaligus saluran telur.

7. Gula Darah

Pemeriksaan gula darah dilakukan untuk mencegah komplikasi yang disebabkan akibat penyakit diabetes. Sebab penyakit jantung, stroke dan gagal ginjal berasal dari adanya masalah terhadap kadar gula darah.

Selain itu pemeriksaan ini dilakukan supaya bisa meminimalisir resiko keguguran atau kelahiran prematur. Karena penyakit diabetes sangat mengkhawatirkan bagi kesehatan janin. Melakukan pengobatan sesegera mungkin sebelum menikah tentu menjadi solusi untuk keterjalinan rumah tangga yang harmonis. 

Itulah pembaca alasan pentingnya melakukan cek kesehatan pra nikah sekaligus syarat dan dan beberapa pengecekan yang perlu dilakukan untuk upaya pranikah. Kamu yang ingin melangsungkan pernikahan semoga bisa melakukan tahapan pemeriksaan dengan kondisi kesehatan yang diharapkan. 


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket