Sangat Lezat, Masakan Ini Wajib Ada dalam Catering Pernikahan di Madura

28 Oct 2020 | By Wedding Market | Viewers: 48
Sangat Lezat, Masakan Ini Wajib Ada dalam Catering Pernikahan di Madura
Foto: Pixabay

Madura adalah bagian dari Jawa Timur dengan berbagai ciri khas yang sangat menonjol. Tak terkecuali makanan. Makanan yang biasanya juga dihidangkan dalam acara pernikahan. Kamu bisa menggunakan jasa catering pernikahan di Madura jika ingin menyajikan menu-menu khas Madura.

Pulau Madura terdiri dari beberapa kabupaten, yaitu Sumenep, Bangkalan Sampang dan Sumenep. Karena terdiri dari beberapa daerah, setiap daerah memiliki keunikan masakan yang beragam.  

Meskipun terlihat sangat sederhana, tetapi makanan khas Madura tentu tidak perlu diragukan lagi kelezatannya. Perpaduan antara bahan-bahan yang digunakan dengan rempah-rempah khas Indonesia menghasilkan makanan yang enak dan banyak diminati masyarakat Indonesia.

Di Madura, ketika menggelar  acara pernikahan, hanya orang-orang tertentu saja yang menyewa catering. Sebab, orang Madura biasanya lebih suka bergotong royong menyiapkan semua kebutuhan dalam pernikahan. Mulai dari seserahan hingga membuat makanan yang akan dihidangkan.

Namun, kamu tidak perlu khawatir jika ingin menghadirkan makanan khas Madura dalam pernikahanmu. Sebab, ada banyak sekali jasa catering pernikahan khas Madura yang akan siap untuk menghidangkan makanan terbaik sesuai permintaanmu.

7 Menu Terenak dalam Catering Pernikahan di Madura

7 Menu Terenak dalam Catering Pernikahan di Madura
Foto: Pixabay

Sebelum memilih beberapa jasa catering pernikahan di Madura untuk pernikahanmu, alangkah baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu makanan khas Madura yang akan dihidangkan. Untuk itu, di bawah ini akan dijelaskan beberapa makanan khas Madura yang bisa kamu pesan dan hidangkan dalam pernikahanmu.

1. Sate Madura

Tentu kamu sudah tidak akan asing lagi dengan sate. Makanan yang satu ini sudah bisa ditemukan diberbagai daerah dengan keunikannya masing-masing, begitu pula dengan sate khas Madura. Biasanya, sate Madura menggunakan ayam, tapi bisa juga daging kambing.

Makanan yang satu ini banyak diburu orang. Jadi, kamu bisa memasukkan menu sate dalam menu catering pernikahan di Madura. Di berbagai daerah di luar Madura, kamu akan dengan mudah menemukan sate ini. Sebab, banyak orang Madura yang merantau ke berbagai daerah di Indonesia dan bahkan ke luar negeri. 

Bumbu sate Madura biasanya menggunakan campuran kacang yang ditumbuk halus dan dicampur dengan bumbu-bumbu yang lainnya. Sementara di Madura, bagian Pamekasan memiliki bumbu khusus untuk sate yaitu menggunakan bumbu kecap. 

Penggunaan bumbu tersebut akan menjadikan sate Madura lebih nikmat. Ditambah lagi dengan penggunaan batok kelapa dalam proses pemanggangan atau pembakaran, pastinya cita rasa yang dihasilkan pun akan lebih nikmat.

2. Nasi Serpang 

Nasi merupakan salah satu makanan pokok bagi orang Indonesia. Maka dari itu, tak asing jika dalam sebuah pernikahan tak luput dari keberadaan nasi beserta lauk pauknya. Contohnya adalah nasi serpang. Nasi serpang merupakan makanan khas Madura, khususnya di kabupaten Bangkalan. 

Nasi ini bisa kamu jadikan sebagai menu dalam catering pernikahan di Madura. Pastinya, para tamu undangan akan menyukainya. Ciri khas dari nasi serpang yakni banyaknya lauk pauk dan beberapa pendamping lainnya.

Nasi serpang sendiri terdiri dari sepiring nasi yang dilengkapi dengan telur asin, kerang, pepes tongkol, udang, dendeng sapi, tahu, mie soun, hingga kerupuk kulit dan kemudian disirami dengan kuah santan.

Bagi orang yang pecinta pedas, bisa menambahkan sambal terasi, yang tentunya akan membuat kamu ketagihan untuk memakannya. Menu ini sangat cocok kalau kamu menyajikannya dalam menu catering pernikahan di Madura.

3. Soto Madura

Sama seperti sate, kamu akan mudah menemukan makanan yang bernama soto. Sebab diberbagai daerah juga memiliki soto khasnya tersendiri. Tak terkecuali Madura. 

Soto Madura biasanya berkuah yang terbuat dari beberapa rempah-rempah dan dimasak dengan santan. Keunikan dari soto Madura sendiri adalah bahan-bahan yang digunakan tidaklah direbus, melainkan digoreng terlebih dahulu dan kemudian dicampur dengan kuah soto yang sangat gurih.

4. Soto Mata Sapi

Masih berkutat dalam dunia persotoan, kita beralih ke soto mata sapi. Soto mata sapi tak kalah enaknya dengan soto Madura. Dikatakan sebagai soto mata sapi sebab salah satu bahan yang digunakan adalah mata sapi dan tulang sapi. 

Bahan-bahan tersebut diolah dengan berbagai macam rempah-rempah dan juga irisan daging sapi. Rasa yang dihasilkan pun sangat enak. Apalagi jika dimakan dengan nasi yang masih hangat. Bagaimana, apakah kamu ingin menjadikan soto mata sapi sebagai menu utama dalam catering pernikahan di Madura?

5. Topak Ladhe

Topak ladhe merupakan makanan khas Madura yang bisa kamu temukan ketika perayaan hari-hari besar seperti hari Raya Idul Fitri. Namun, kamu bisa menyajikan topak ladhe dalam acara pernikahanmu. 

Mengingat hari raya hanya terjadi 2 kali dalam satu tahun, tentu akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa menyantapnya lagi dan bahkan bisa saja kamu akan  merindukan makanan ini. Untuk itu, jadikanlah topak ladhe menjadi salah satu menu dalam catering di hari pernikahan dengan tema Madura kamu.

Jika dilihat secara sekilas, topak ladhe hampir sama dengan ketupat sayur. Namun, tentu rasanya akan berbeda. Ketika kamu mencicipi makanan, akan terasa sangat nikmat dengan kuah yang dibuat dengan berbagai macam rempah dengan parutan kelapa serta ada campuran daging sapi. Perpaduan tersebut tentunya akan menghasilkan makanan yang sangat lezat, bukan?

6. Kaldu Kokot

Makanan selanjutnya yang bisa kamu masukkan dalam list menu catering pernikahan Madura adalah kaldu kokot. Kaldu kokot merupakan makanan khas Madura. Kokot dalam dalam bahasa Jawa berarti tulang sapi.

Hal tersebut sangat sesuai dengan namanya, sebab kaldu kokot memiliki bahan utama tulang sapi. Tulang sapi tersebut dimasak  sehingga gurihnya sumsum dan tulang akan menjadi daya tarik dari makanan ini.

Selain tulang sapi, bahan-bahan lain yang digunakan adalah berbagai macam rempah dan kacang hijau. Perpaduan tersebut akan menghasilkan makanan dengan rasa yang sangat khas yang tak bisa kamu temukan dalam makanan yang lainnya.

Untuk pelengkapnya, kaldu kokot biasanya disajikan dengan nasi hangat atau menggunakan lontong.

7. Lorjuk

Untuk kamu pecinta seafood, lorjuk bisa kamu jadikan sebagai menu dalam catering pernikahan di Madura. Lorjuk merupakan makanan yang terbuat dari kerang. Kerang yang digunakan pun bukan sembarangan kerang, melainkan kerang bambu. Disebut sebagai kerang bambu sebab memiliki bentuk yang memanjang.

Lorjuk sendiri bisa kamu hidangkan dalam berbagai macam kuliner, misalnya lorjuk goreng, tumis lorjuk hingga bisa juga dijadikan sebagai camilan seperti rengginang lorjuk. Kamu tidak perlu mengkhawatirkan rasanya, sebab rasanya sudah pasti sangat enak. 

Makanan ini tentu sangat disayangkan jika kamu lewatkan begitu saja, sebab rasanya yang sangat lezat dan gurih. Karena terbuat dari kerang, tentu baunya sedikit amis. Untuk mengurangi bau amis yang berasal dari kerang, maka usahakan mencuci kerangnya hingga bersih. 

Demikianlah beberapa makanan khas Madura yang bisa kamu jadikan sebagai referensi dalam menentukan menu dalam catering pernikahan di Madura. Makanan Madura memang sangat khas dengan penggunaan rempah-rempah yang beragam. Kamu tidak perlu ragu untuk rasanya, meski terlihat sederhana.

Jika kamu masih bingung dalam menentukan menu masakan beserta vendor dalam pernikahanmu. Kamu bisa menggunakan vendor yang menyediakan jasa catering pernikahan dari WeddingMarket. Banyaknya pilihan menarik, terbaik, dan harga terjangkau, membuat kamu tak perlu lagi mencari kesana-kemari dalam mencari vendor pernikahan.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket