Pilih Kategori Artikel

Tips Cerdas Menghemat Catering Pernikahan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Beberapa dari kalian pastinya merasa bahwa pernikahan tersebut merupakan tujuanakhir dari perjalanan mencri pasangan, akan tetapi faktanya, pernikahan sendiri itu barulah awal dair kehidupan kita bersama pasangan.  Maka dari itu bersikaplah bijak untuk menghitung dana pernikahan dengan cara menghemat catering pernikahan supaya pernikahan dapat berjalan dengan baik.

Disisi lain, alangkah baiknya untuk tidak menganggap pernikahan harus mahal ataupun mewah, faktanya banyak sekali pasangan yang menghabiskan dananya untuk pesta mewah namun sampai sekarang belum memiliki tmpat tinggal, investasi, kendaraan dan lain sebagaiya. Maka dari itu sangatlah penting menghemat pengeluaran ketika di acara pernikahan.

Ketika merencanakan acara pernikahan. Pasangan sering kali menghadapi stres karena dituntut membuat perencanaan yang matang serta dengan adana yang terbatas. Akan tetapi faktanya kamu dapat menggelar pernikahan dengan hemat. Walaupun demikian tetap berkesan.

Perlu kamu ketahui juga, masih banyak alternatif jasa catering pernikahan yang menawarkan dengan harga yang murah atau pas di kantong dengan kualitas dan hasil maksimal. Apabila kamu ingin pernikahan yang indah nan mewah tanpa menguras dompet. Selain itu juga biaya catering pun perlu dipertimbangkan demi kenyamanan para tamu.

Seperti yang kita ketahui, hal pertama yang biasanya mereka obrolkan selain acara pernikahan adalah makanan yang disajikan di pernikahan tersebut. maka dari itu kita harus memesan vendor catering dengan kualitas terbaik. Namun bila begitu pasti akan merogoh kocek uang banyak.

Walaupun demikian, tidak perlu khawatir. Saat ini banyak sekali cara menghemat catering pernikahan yang tentunya bisa diandalkan. Nah berikut adalah ulasannya untukmu.

1. Lebih Cermat Ketika Penghitungan Jumlah Porsi

Perlu kamu ketahui bahwa jumlah porsi catering tentunya akan menentukan berada uang yang mesti dikeluarkan. Oleh karena itu, cara menghitung jumlah porsi sangatlah mudah. Kamu dapat menjumlahkan tamu undangan, setelah itu dikali dua. Hal tersebut karena tamu yang diundang, umumnya selalu membawa gandengan.

Apabila kamu mengundang 500 orang maka jumlahnya kurang lebih 1000 porsi. Akan tetapi berhubung tidak akan semuanya hadir, maka jumlah tersebut dapat kita kurangi sebesar 10%

2. Membatasi Tamu Undangan

Supaya kamu bisa membantasi dana pada catering, selanjutnya yaitu kamu bisa membantasi tamu undangan. Nah dengan jumlah tamu yang sedikit  tentu resepsi pernikahan pun akan jauh lebih hemat. Disisi lain juga resepsipun akan terkesan lebih intim dan juga akrab dibandingkan banyak oang yang diundang.

Nah tamu yang akan kamu undang mereka hanyalah orang – orang yang paling dekat dengan mu saja seperti kerabat dan juga sahabat. Ataupun mereka yang hanya kamu dan pasanganmu mengenalinya. Hal tersebut tentunya akan berdampak pada pengeluaran.

3. Pilihlah Menu yang Tepat

Kita tahu bahwa menu merupakan salah satu hal yang dapat menghemat dana catering. Oleh karena itu, pilihlah menu yang sangat tepat. Sebagai contoh, pada menu buffert, maka kamu bisa memilih lauk bertulang dibandingkan dengan menu filet, alasnanya filet akan mudah dimakan oleh tamu sehingga tamu pun cepat menghabiskan sajiannya.

Setiap catering tentunya terdapat cukup banyak menu lauk yang bertulang dan bisa kamu pilih. Contohnya seperti ayam mentega, ayam kecap dan lain sebagainya bisa kamu pilih sesuai dengan selera.

Selain itu, untuk menu stall, terdapat berbagai macam pilihan, maka pilihlah yang paling murah diantaranya seperti soto, sate, siomay. Umumnya yang memiliki harga mahal yaitu ikan, steak kambing. Pondokan atau stall tersebut merupakan tempat kudapat untuk tamu undapan.

Hal tersebut sebagai pengantar makanan berat. Biasanya menu tersebut disajikan kecil jumlah porsi dari stall tersbut juga umumnya lebih sedikit jika dibandingkan dengan buffet. Bisa kita bandingkan, jumlahnya kurang lebih 20% untuk menu stall dan untuk menu buffet yaitu 80%. Walaupun demikian, kamu dapat menaruh menu yang sangat beragam.

4. Kurangi Jenis Stall Serta Perbanyak Porsinya

Kamu harus tahu bahwa setiap vendor biasanya menyediakan menu stall yang bervarian, akan tetapi dibandingkan memilih banyak jenis menu dengan porsi terbatas, alangkah baiknya batasi varian stall menjadi 3 atau 4 jenis makanan saja. Walaupun demikian, kamu dapat meningkatkan jumlah porsinya.

Cara menghemat catering pernikahan ini tentunya sangat bermanfaat sekali bagi kamu yang sedang merencanakan pernikahan serta bingung, bagaimana cara supaya kamu dapat berhemat soal catering, oleh karena itu hal diatas bisa kamu coba.

5. Mengadakan Resepsi Pada Malam Hari

Ketika siang hari, umumnya orang – orang akan makan dengan porsi yang lebih banyak alasasannya karena lapar yang dialaminya. Disisi lain pada malam hari, sebagian orang ada yang cenderung mengurangi porsi makan maupun menghindari makan di jam – jam malam. Apalagi bagi mereka yang sedang melakukan diet.

Oleh karena itu, jika kamu menggelar resepsi malam jam 19.00. karena rasa lapar para tamu akan berkurang sehingga keinginan untuk makan hidangan pun bisa saja hanya sedikit saja tidak makan dengan porsi yang ebsar. Nah dengan demikian, dana yang dikeluarkan pun bisa dikurangi.

6. Hindari Mengundang Tamu Secara Online

Di poin ini maksudnya yaitu jangan sampai kamu mengundang orang-orang melalui grup chat atau melalui status di media sosial. Hal tersebut tentunya akan membuat kamu kesulitan dalam menghitung jumlah tamu yang akan datang. Yang pada akhirnya makanan yang kamu hidangkan pun bisa saja kurang karena tamu yang datang di luar perhiungan

Ataupun makanan yang kamu sajikan mungkin saja kurang karena tamu yang datang tidak terencanakan ataupun bisa saja sisa karena terlalu banyak sekali porsi untuk jaga-jaga banyaknya tamu. Hal tersebut tentunya bisa terjadi.

7. Kurangilah Hal yang Dianggap Tidak Perlu

Pada dasarnya kamu masih dapat mengurangi berbagai hal di pesanan catering nanti. Contohnya kamu dapat mengurangi jumlah nasi putih. Biasanya tamu undangan lebih menggemari sajian yang tersedia di stall atau gubukan dibandingkan di prasmanan karena bagi mereka hal tersebut dianggap variatif.

Akan tetapi, selain kita bisa mengurangi nasi putih. Kamu juga dapat mengurangi minuman yang dihidangkan. Seperti yang kita ketahui bahwa menyediakan minuman seperti jus ataupun soft drink tentu akan membuat budget catering kamu menjadi lebih besar. Oleh karena itu sebagai alternatif air putih bisa menjadi pilihan terbaik.

8. Memilih Prasmanan Atau Piring

Banyak sekali acara pernikahan zaman sekrang, orang – orang menggunakan model catering prasmanan di penyajian makanan. Meletakan makanana diatas meja serta tamu undangan pun bisa bebas mengambil makanan yang ada. Disisi lain prasmanan tentu lebih praktis dan disukai oleh tamu.

Namun apabila prasamanan masih terlalu berat bagimu, alternatifnya bsia memilih model piring terbang. Nah cara tersebut sangat familiar di zaman dahulu bahkan sekarang sering kali digunakan. Nah dengan piring tersebut kamu dapat berhitung lebih akurat soal dana yang bisa kamu kurangi lagi sehingga akan mempertajam hasil akhir.

Setiap tahu hanya disediakan satu porsi saja dan menu pun sudah ditentukan. Jika ingin nambah pasti harus bicara dengan pelayan. Walaupun hemat cara menghemat catering pernikahan yang satu ini bisa kalian lakukan. Walaupun terkesan hemat, makan dengan gaya tersebut sangat nikmat sekali, apalagi jika kamu memilih jasa catering pernikahan yang berkualitas. Sekian informasi yang bisa disampaikan soal cara menghemat catering pernikahan, semoga bisa menjadi inspiarasi bagi kamu.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...