Pilih Kategori Artikel

9 Rekomendasi Bunga Pernikahan untuk Dekorasi
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Sebuah pesta pernikahan tentunya tidak akan terasa lengkap jika tidak ada hadirnya bunga pernikahan. Walaupun hanya satu buket untuk dipegang oleh mempelai wanita. Selain itu juga kerap kali dipasangkan menjadi hiasan rambut di mempelai wanita maupun menjadi dekorasi pernikahan.

Tak hanya sebagai hand bouquet, banyak sekali jenis bunga yang bisa digunakan sebagai dekorasi pernikahan supaya acara tersebut menjadi terlihat sangat indah dan juga berkesan. Umumnya bunga yang digunakan merupakan bunga yang mempelai wanita sukai, namun mungkin beberapa ada yang tidak seperti itu tapi menyesuaikan dengan tema resepsi pernikahan.

Disisi lain sebagai mempelai wanita, mereka akan memilih bunga warna putih yang dimana bunga dengan warna putih tersebut melambangkan kesucian serta kemurnian cinta. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga bahwa kemungkinan pengantin wanita akan memilih bunga dengan warna – warna yang lain seperti merah, kuning dan lain sebagainya.

Bunga Pernikahan yang Sering Dipakai untuk Dekorasi

Nah jika kamu penasaran apa saja bunga – bunga yang biasanya menjadi dekorasi pernikahan, simak ulasannya dibawah ini.

1. Bunga Mawar Merah & Putih

wm_article_img

Foto: CDN

Banyak sekali bunga pernikahan yang dijadikan sebagai dekorasi pada acara tersebut, salah satunya adalah bunga mawar. Nah selain bunga ini sangat populer dan harganya cukup mahal, jenis bunga ini juga sangat identik dengan ungkapan cinta, tentunya tidak heran apabila bunga mawar putih ini melambangkan cinta yang suci.

Umumnya kedua warna bunga tersebut dikombinasikan sebagai buket bunga yang nantinya akan digenggam oleh mempelai wanita. Selain itu untuk bunga dekorasi sendiri, umumnya akan menggunakan bunga warna putih yang dimana biasanya akan serasi dengan busana pengantin yang memang umumnya menggunakan warna putih.

2. Bunga Melati

wm_article_img

Foto: Akamaized

Bunga ini disebut – sebut sebagai kembang nasional dari Indonesia. Selain itu juga bunga tersebut juga kerap kali digunakan dalam acara pernikahan, apalagi menjadi aksesoris hiasan kepala dalam riasan mempelai wanita dan baju pengantin pria.

Wangi khas yang terdapat dari bunga tersebut tentunya identik dengan pesta pernikahan Indonesia, umumnya mempelai wanita akan menggunakan ronce bunga melati di kepala serta kalung pada mempelai pria. Nah dengan demikian tentunya tidak merasa aneh jika digunakan sebagai bunga pernikahan. Bunga tersebut melambangkan kesucian, ketulusan dan keagungan.

3. Bunga Anggrek

wm_article_img

Foto: Akamaized

Selain bunga mawar, bunga yang satu ini juga dibandrol dengan harga yang mahal. Bunga yang terlihat eksotis ini biasanya identik menjadi bunga pernikahan untuk dekorasi. Jika pasanganmu suka dengan bunga pengantin tersebut maka harganya bisa saja sampai ratusan ribu per potnya.

Bunga ini sangat cocok apabila dipadukan dengan bunga lain. Walaupun harganya bisa dibilang mahal, namun bunga tersebut tentunya akan menjadi sebuah hal istimewa dalam sebuah acara pernikahan.

4. Bunga Krisan / Seruni

wm_article_img

Foto: Shopify

Selanjutnya adalah Krisani atau lebih dikenal dengan nama seruni. Merupakan sebuah bunga yang memiliki mahkota yang mirip dengan bunga matahari serta bunga tersebut mempunyai banyak corak warna. Biasanya bunga ini kerap kali digunakan di pesta pernikahan dengan warna putih. 

Selain itu, umumnya bunga tersebut akan dikombinasikan dengan bunga warna putih lainnya untuk dekorasi di panggung pelaminan. Perlu kamu ketahui juga bahwa buna tersebut melambangkan optimisme, keceriaan, dipercaya, bisa membawa kebahagiaan dalam pernikahan.

Selain itu bunga tersebut sering kali digunakan dalam acara pernikahan orang Tionghoa yang dimana itu melambangkan pemersatu dalam pernikahan.

5. Bunga Lily

wm_article_img

Foto: Shopify

Bunga yang satu ini juga sangat identik sekali dengan pernikahan. Bunga lily ini juga kerap kali disebut sebagai bunga bakung. Selain acara pernikahan, bunga tersebut juga kerap kali digunakan untuk berbagai acara, seperti ulang tahun pernikahan, wisuda dan lain sebagainya. Jika kamu lihat, bunga tersebut terlihat unik.

Disisi lain, warnanya terlihat sangat cantik sehingga sangat cocok sekali jika kamu gunakan sebagai dekorasi atau hiasan dalam sebuah acara pernikahan. Nah pada warna bunga tersebut terdapat makna yang berbeda – beda.

Ketahuilah bahwa bunga lily dengan warna putih itu melambangkan ketulusan, kehidupan baru, kemuliaan dan pengabdian sehingga tidak heran bunga tersebut dijadikan sebagai bunga untuk dekorasi dari sebuah acara pernikahan.

Kemudian bunga berwarna kuning melambangkan persahabatan dan untuk yang warna merah itu melambangkan harta berlimpa dan kemakmuran. Nah kamu dapat menggunakan kombinasi warna bunga itu dalam acara pernikahanmu nanti. Namun hindari bunga warna oranye karena itu melambangkan kebohongan dan kebencian.

6. Bunga Anyelir

wm_article_img

Foto: harga.web.id

Bunga pernikahan yang selanjutnya ini berasal dari negara Spanyol yang dimana bunga tersebut dianggap sebagai simbol dari kasih sayang, kebanggaan, keindahan, rasa terima kasih dan kekaguman. Dengan demikian tidak heran bahwa banyak sekali orang yang menggunakan jenis bunga Anyelir ini di acara pernikahan mereka.

7. Bunga Gerbera / Daisy

wm_article_imgFoto: Bibit Bunga

Biasanya bunga yang satu ini kerap kali menjadi pilihan populer untuk para party planner sebagai dekorasi. Baik dari bentuk maupun warnanya terlihat cantik. Bukan hanya itu saja, bunga ini dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau. Sehingga tidak heran bunga tersebut bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin memotong biaya pernikahan supaya tidak terlalu besar.

Kemudian bunga tersebut juga mempunyai makna sebagai simbol berbagi rasa yang dimana sangat cocok untuk pernikahan. Disisi lain bunga ini juga melambangkan beberapa hal diantaranya seperti kesabaran, kecantikan, cinta dan keindahan. Bunga ini juga kerap kali disebut sebagai bunga gerbera.

8. Bunga Baby’s Breath

wm_article_imgFoto: Pikiran-rakyat

Mungkin bunga ini akan terlihat dibandingkan bunga yang lain. Pasalnya ukuran kelopak dari bunga tersebut terlihat lebih besar. Disisi lain bunga tersebut termasuk kecil serta mirip seperti bunga liar, namun bunga tersebut saat ini mulai disukai dan dijadikan sebagai bunga pernikahan.

Walaupun demikian, terlihat kecil, bunga tersebut juga melambangkan cinta yang abadi. Hal tersebut tentunya tidak heran membuat banyak orang memilih bunga tersebut sebagai bunga untuk pernikahan. Disisi lain bunga tersebut dapat mewakili perasaan tulus dan suci yang dimiliki oleh pasanganmu.

9. Bunga Tulip

wm_article_imgFoto: Kompas

Bunga ini asalnya dari Belanda atau biasa disebut Negeri Kincir Angin. Nah tahukah kamu bahwa bunga yang satu ini kerap kali dijadikan sebagai hiasan untuk dekorasi maupun buket dalam acara pernikahan. 

Perlu kamu ketahui juga bunga yang satu ini memiliki lambang yang dalam yaitu pemilik cinta. Nah dengan demikian sangat cocok untuk kamu yang kini akan menikah. Oleh karena itu tentunya jangan ragu untuk menggunakan bunga yang satu ini dalam dekorasi pernikahanmu nanti

Selain bunga – bunga diatas tadi tentunya masih banyak sekali bunga yang bisa dijadikan sebagai dekorasi acara pernikahan. Terkadang bunga tersebut disesuaikan dengan tema pernikahan yang diinginkan. Namun disisi lain ada juga yang memilih bunga karena mempelai wanita menyukainya.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai bunga pernikahan untuk dekorasi. Semoga dengan adanya hal ini bisa menjadi referensi untuk kamu yang sebentar lagi akan melaksanakan pernikahan.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...