Inilah Inspirasi Baju Pernikahan Adat di Indonesia - Wedding Market

Inilah Inspirasi Baju Pernikahan Adat di Indonesia

14 Jul 2021 | By WeddingMarket | Viewers: 124
Inilah Inspirasi Baju Pernikahan Adat di Indonesia
foto: i2.wp

Seperti yang kita ketahui bahwa pernikahan merupakan hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua pasangan. namun walaupun demikian sebelum melaksanakan pernikahan tentunya banyak sekali hal-hal yang diperhatikan. Salah satunya adalah busana. Banyak sekali pilihan yang bisa digunakan, salah satunya adalah baju pengantin adat.

Memikirkan pakaian untuk pernikahan memanglah menjadi salah satu persiapan yang sangat penting sekali. Baju yang yang hanya pas saja tidak cukup. Tapi banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan, begitu dengan pasanganmu. Mulai dari motif hingga adat istiadat pun pastinya harus menjadi pertimbangan demi momen pernikahan yang ditunggu-tunggu.

Di era modern ini memang hampir semua orang lebih memilih untuk menggunakan busana atau baju pengantin modern. Mungkin hal tersebut diusung karena supaya tidak ketinggalan zaman dan lebih modern, namun disisi lain jangan lupa juga dengan busana pernikahan adat yang dimana sudah secara turun temurun digunakan.

Pakaian Adat yang Trendy dan Elegan Ada di WeddingMarket



Inspirasi Beragam Baju Pernikahan Adat di Indonesia

Apabila kamu termasuk orang yang lebih memilih baju pengantin adat, maka membaca artikel ini tentunya menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya kali ini kami akan membagikan beberapa inspirasi mengenai busana atau baju pernikahan adat di Indonesia yang mungkin bisa menjadi pertimbangan. Simak ulasannya!

1. Baju Pernikahan Bali


Foto: Pariwisata Indonesia

Di zaman dulu, setiap adanya acara pernikahan di Bali, bagaimanapun tampilan baju pernikahan memang tidak begitu diperhitungkan. Namun mereka lebih fokus pada prosesinya saja, walaupun demikian hal tersebut tentu berubah dari waktu ke waktu. Saat ini baju pernikahan adat bali menjadi salah satu bagian yang penting di setiap acara pernikahan.

Walaupun kini sudah ditambahkan beberapa sentuhan modern, busana ataupun pakaian untuk pengantin bali ini masih mencerminkan adat istiadat dari sana. Terkadang juga beberapa diantaranya memadukan unsur modern dan juga tradisional.

2. Busana Pengantin Sunda


Foto: Kapanlagi

Seperti yang kita tahu dan sudah menjadi rahasia umum, bahwa wanita-wanita sunda itu memang terkenal karena kelembutan hatinya dan juga kecantikannya. Hal tersebut tentunya terbukti sangat jelas pada busana pengantin Sunda yang dimana dari busana yang digunakan oleh mempelai wanita tersebut memang menampilkan kedua sifat dari wanita itu sendiri.

Walaupun saat ini di daerah Sunda memang sedang ramai dengan busana pengantin yang terbilang modern, akan tetapi kebanyakan mereka lebih memilih menggunakan baju pengantin adat yang sudah menjadi kebanggaan dan juga terkadang dipadukan dengan beberapa unsur modern.

3. Busana Pernikahan Khas Solo


Foto: Tumpi

Perlu kamu ketahui bahwa baju pengantin baik itu Jogja maupun Solo itu memiliki perbedaan. Nah perbedaan yang paling menonjol itu bisa kita lihat pada sisi paes maupun lukisan dahi pada mempelai wanita. Untuk pengantin Jogja akan digambarkan lebih runcing, namun untuk yang Solo akan lebih berkurva.

baik itu budaya serta adat istiadat di sana memang masih dijunjung tinggi. Pasalnya Solo itu adalah salah satu daerah kerajaan dan kesultanan. Bahkan di acara pernikahan juga, adat istiadat tersebut masih ditonjolkan dengan cara menggunakan pakaian adatnya yang juga sering disebut sebagai Solo Basahan.

Selain itu busana khas Solo tersebut pun memiliki identitas tersendiri yaitu pada kemben yang juga disebut jarik serta memiliki fungsi untuk bsia melestarikan budaya dari nenek moyang atau leluhur mereka.

4. Busana Pengantin Madura


Foto: Hipwee

Madura ini bisa dibilang salah satu provinsi dari Indonesia yang memang terkenal dari Adat Istiadatnya. Jika berbicara mengenai pakaian pengantin khas Madura itu sendiri memang tidak bisa lepas dari budaya yang berbau keberanian dari masyarakat pulau Garam tersebut. walaupun kini zaman sudah modern namun pakaian adat ini sering digunakan pada acara pernikahan.

Disisi lain dari warnanya sendiri, pakaian pernikahan adat khas Madura ini didominasi dengan warna yang merah serta hitam. Yang dimana dua warna tersebut mencirikan ataupun mengisyaratkan sebuah keberanian yang hakiki.

5. Busana Pengantin Khas Lampung


Foto: Tribunnews

Apabila kamu bertanya apa yang menjadi khasnya pakaian pernikahan Lampung, maka salah satunya pada aksesoris kepala atau juga bisa disebut mahkota. Disisi lain setiap potongan pakaiannya dipasangi dengan berbagai ornamen. Kemudian perlu kamu tahu juga bahwa nilai-nilai estetik dan kearifan lokal memang dijunjung tinggi.

Walaupun demikian hal tersebut pun tentunya memiliki dampak yang bagus dan menjadikan pakaian atau busana pengantin dari Lampung ini tidak banyak mengalami perubahan seperti busana-busana adat lainnya.

6. Busana Pengantin Khas Betawi


Foto: perpustakaan.id

Betawi memang sudah identik dengan Ibu Kota Jakarta. Perlu kamu ketahui bahwa pakaian Jakarta memang sangat berbeda dengan yang dimiliki dari Sunda. Selain itu bisa saja busana khas Betawi ini bisa menjadi inspirasi untukmu. 

Disisi lain Betawi ini bisa dianggap baru serta  merupakan percampuran dari berbagai budaya dari berbagai bangsa yang memang pernah singgah di Jakarta. Mulai dari Tiongkok, India, Arap, Melayu bahkan Eropa. Nah dengan campuran tersebut membuat busana dari pernikahan Betawi inilah membuatnya berbeda dari pakaian pengantin adat lainnya.

Baik itu dari warna dan juga aksesorisnya yang digunakan. Bisa kita lihat dari baju pengantin adat betawi wanita yang memang kental dengan budaya dari Tiongkok serta untuk pengantin laki – laki kental dengan budaya dari Arab.

7. Busana Pengantin Khas Banjar


Foto: borneochannel

Untuk yang selanjutnya mungkin kamu bisa mempertimbangkan pakaian pernikahan adat khas Banjar ini. busana Poko Ba-Amar Galung atau juga disebut Banjar Galung Pancaran Matahari ini adalah salah satu busana pengantin yang dimana sudah ada pada abad 17. Selain itu pakaian tersebut mempunyai kesan anggun serta kebesaran para raja beserta bangsawan di masa kesultanan Keraton Banjar.

Sama seperti sejarah dari suku Banjar itu sendiri, busana mereka adalah busana percampuran dari adat Hindu dan juga Jawa.

8. Busana Pengantin Khas Bugis


Foto: IDN Times

Apabila kamu mendengar Sulawesi maka kamu akan teringat dengan suku Bugis. Yang dimana pakaian pengantin dari Bugis ini mempunyai makna serta filosofi tersendiri secara adat. Apabila kamu mendapatkan inspirasi pernikahan dari adat suku ini, kamu juga harus tahu berbagai aturan yang mesti dipahami.

Dalam baju pengantin adat Bugis atau Makassar ini mempunyai aturan mengenai warna. Diantaranya yaitu warna putih dan ungu itu hanya bisa digunakan bagi mereka kalangan bangsawan tinggi. Selain itu merah untuk masyarakat dari kasta menengah. Kemudian masyarakat umum boleh menggunakan warna apapun selain ketika warna diatas tadi.

Pakaian pengantin wanita itu dinamai dengan busana Bodod yang artinya tanpa lengan, sedangkan bagi pengantin pria namanya adalah Belladada dan bentuknya seperti Jas.

9. Pakaian Pengantin Khas Palembang


Foto: Widya jojo on Pinteresr

Jika mendengar Palembang maka yang dibenak kalian pastinya adalah makanan pempek. Selain itu mereka juga memiliki busana adat yang sangat keren sekali. Disisi lain Palembang ini mempunyai dua jenis busana seperto Aesan Paksangka dan Aesan Gade.

Nah pakaian tersebut dulunya hanya digunakan bagi kalangan kerajaan maupun bangsawan ketika kejayaan Sriwijaya. Namun sekarang siapa saja bisa menggunakan busana tersebut.

Sekian informasi yang bisa disampaikan untuk Anda mengenai baju pengantin adat di Indonesia. Selain yang diatas tadi masih banyak lagi busana pengantin adat lainnya yang harus kamu ketahui.

Temukan Vendor Makeup dan Pakaian Adat di WeddingMarket

Silahkan Klik Disini


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket