Pilih Kategori Artikel

Inspirasi Baju Akad Nikah Pria dari Berbagai Adat
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pada pernikahan adat atau Islam, baju akad nikah pria biasanya akan berbeda dengan baju yang digunakan saat resepsi. Meski tidak menutup kemungkinan ada juga yang lebih memilih menggunakan satu baju yang bisa digunakan untuk akad sekaligus resepsi. 

Jika dibandingkan dengan baju pengantin wanita, biasanya baju pengantin pria kerap di nomor duakan. Padahal keduanya sama pentingnya dan saling berkaitan. Sehingga untuk mereka yang memilih pernikahan adat, lebih disarankan untuk memilih satu paket yang menawarkan baju yang seragam. 

Bahkan tidak hanya pengantinnya saja, pada pernikahan adat biasanya sudah meliputi baju keluarga hingga baju pagar ayu dan pagar bagusnya agar terlihat serasi. Rumitnya pemilihan baju untuk pernikahan maka harus dilakukan jauh-jauh hari, sehingga bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Kemudian bagaimana sebaiknya baju yang direkomendasikan untuk menikah, simak, yuk!

Jenis Baju Akad Nikah Pria dari Berbagai Adat

Bila kamu bingung memilih jenis baju apa, berikut ini beberapa jenis baju akad nikah dari berbagai suku, adat, hingga agama. Kamu bisa memilih salah satu dari busana pengantin pria ini, mana yang paling sesuai dengan kamu!

1. Beskap

wm_article_img
Foto: Sering Jalan

Beskap adalah baju akad nikah pria yang digunakan oleh suku di pulau Jawa, terutama Jawa Tengah. Baju adat ini dipakai lengkap dengan blangkon dan kain jarik batik. Beskap juga dilengkapi dengan aksesori lain, seperti keris, bunga melati yang dikalungkan di leher. 

Beskap yang biasa digunakan untuk pengantin memiliki sebutan lain, yaitu Jawi Pangkep. Sementara untuk acara akad sendiri, bisa dipilih jenis beskap yang tidak memiliki motif dan polos. 

2. Jas Buka Prangwedana

wm_article_img
Foto: Ayu Lil Princes on Pinterest

Hampir serupa dengan beskap, di tanah Sunda pun dikenal baju adat yang disebut Jas Buka Prangwedana. Jas ini juga dilengkapi dengan kain sebatas paha dan tidak melebihi lutut. Desain jas ini juga meyerupai baju koko pada masyarakat China. Ini terlihat dari penggunaan kerah berdiri dan kancing yang berbaris memanjang. 

Jas ini cocok digunakan untuk adat dan juga resepsi, namun bisa dibedakan dengan pemilihan warnanya. Sementara jika hanya ingin menggunakan baju ini saat akad saja, juga tidak menjadi masalah. 

3. Baju adat Melayu

wm_article_img
Foto: hipwee

Untuk mereka yang bersuku melayu, maka memilih baju seperti gambar di atas adalah pilihan terbaik. Baju ini terdiri atas, baju koko, celana panjang berwarna senada, dilengkapi dengan kain songket khas daerahnya masing-masing. 

Sementara untuk baju akad nikah pria Betawi biasanya menggunakan jubah panjang uang dilengkapi dengan kopiah. Baju adat ini disebut juga Dandanan Care Haji. Material yang akan digunakan biasanya adalah bahan beludru dengan warna merah cerah. Kemudian bagian dalam baju pengantin pria biasanya adalah baju berbahan halus dan berwarna putih. 

4. Kemeja dan Jas

wm_article_img
Foto: AliExpress

Rekomendasi berikutnya untuk baju akad yang bisa digunakan oleh para pria adalah kemeja dan jas nikah. Berbeda dengan kemeja dan jas yang biasa digunakan untuk resepsi. Di sini, pemilihan warnanya bisa dijatuhkan pada warna putih atau broken white. 

Kemeja yang digunakan pun bisa kemeja berkerah tinggi dan bisa digunakan tanpa menggunakan dasi. Untuk melengkapinya, kamu bisa memilih peci berwarna senada agar terkesan lebih formal. 

5. Kemeja Koko

wm_article_img
Foto: busana muslim trendy

Ini dia rekomendasi lainnya yang bisa dijadikan sebagai baju untuk akad nikah. Baju ini menyerupai baju koko yang biasa digunakan pria muslim untuk beribadah kaum muslim. Agar terkesan berbeda, maka baju koko bisa dipilih dari material pilihan sehingga terlihat berbeda. 

Tambahan bordir pada bagian depan baju juga menambah kesan elegan. Kamu juga bisa menambahkan padding di bahu agar terlihat lebih gagah. Pastikan pemilihan bahan yang nyaman dengan warna yang sesuai dengan pengantin wanitanya, ya.

Yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Busana

Berikutnya yang harus kamu perhatikan betul ketika memilih baju untuk akad adalah, sesuai dengan konsep pernikahan. Kemudian jangan lupa untuk memilih baju yang sesuai dengan warna kulitmu. Karena bagaimanapun juga pengantin pria tetaplah raja sehari yang wajib memperhatikan penampilannya. 

Memilih warna yang cerah seperti putih atau broken white memang tidak akan pernah salah. Namun jika enggan menggunakan warna itu, kamu juga bisa memilih warna lain, seperti biru pastel, atau salem. 

Hal lain yang juga wajib diperhatikan ketika memilih baju akad nikah pria adalah ukurannya. Jangan sampai melewatkan proses fitting baju, agar baju pengantinmu sesuai dan pas di tubuhmu. Jangan sampai baca kekecilan atau terlalu besar, hingga membuatmu tidak nyaman saat menggunakannya. 

Lakukan fitting beberapa kali, termasuk ketika menjelang hari H. Karena bisa saja, tubuhmu menjadi lebih besar atau justru turun berat badan. Sehingga baju bisa dirombak, sesuai dengan kondisi tubuhmu terakhir. 

Nah, itu dia beberapa rekomendasi baju akad nikah pria yang bisa dijadikan referensi. Sekali lagi, baju akad ini sebetulnya opsional, terlebih bila kamu hanya ingin menggunakan satu pasang baju saja. 

Pada pernikahan internasional pun jarang pengantinnya menggunakan dua stel baju. Jadi kamu bisa menentukan sendiri, konsep pernikahan seperti apa yang kamu inginkan. Jangan lupa diskusikan jauh-jauh hari dengan keluarga agar bisa membantumu memutuskan baju nikah pria yang terbaik. Selamat menikah!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...