Pilih Kategori Artikel

5 Pilihan Aksesoris untuk Pengantin Laki-Laki
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Ketika melangsungkan pernikahan, tidak hanya mempelai perempuan saja yang ingin tampil cantik, mempelai laki-laki juga ingin tampil maksimal di hari bahagia tersebut. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan aksesoris pengantin laki-laki. 

Walaupun tidak se-ribet perempuan, namun penting untuk menggunakan aksesoris agar mempelai laki-laki dapat tampil prima. Jika kamu hendak melangsungkan pernikahan dan bingung dengan pilihan aksesoris yang hendak dipakai, berikut adalah rekomendasi yang tepat untukmu.

Pilihan Aksesoris Pengantin Laki-Laki Modern

wm_article_img

Foto: Rampley & Co

1. Sepatu 

Sepatu termasuk aksesoris pengantin yang wajib dikenakan ketika pernikahan berlangsung. Sebab ia bisa menunjang penampilan mempelai pria tanpa terlihat berlebihan, apalagi jika ia menggunakan jas sebagai busana pernikahan. 

Berbeda dengan pengantin perempuan, yang sepatu atau heels yang dipakai kadang akan tertutup gaun pengantin yang ia pakai, sepatu laki-laki akan terus terlihat sepanjang acara pernikahan berlangsung. Karena akan terus dipandang, sebaiknya kamu memperhatikan dengan baik aksesoris pengantin laki-laki ini. 

2. Dasi 

Selain sepatu, kalau kamu memilih menggunakan jas di hari pernikahan, dasi tidak boleh dilupakan. Dasi akan memberikan kesan formal sebagai aksesoris pengantin pria, sehingga kamu tidak terlihat sedang bermain-main. Untuk dasi, kamu bisa memilih sesuai dengan gaya pakaian dan postur tubuhmu. 

Misalnya, kalau kamu melangsungkan pernikahan formal, maka dasi panjang bisa kamu gunakan, sebab akan memberikan kesan serasi dan formal. Namun untuk pernikahan yang dilangsungkan dengan model semi-formal, kamu bisa menggunakan dasi kupu-kupu untuk kesan yang lebih santai. 

3. Ikat Pinggang 

Penggunaan ikat pinggang memang tidak hanya hiasan sebagaimana aksesoris pengantin laki-laki pada umumnya. Yaitu menggunakan ikat pinggang agar penggunaan celana bisa lebih aman dan nyaman. Apalagi jika kamu menggunakan jas dan tuksedo, ikat pinggang memiliki fungsi yang penting. 

Dengan pemakaian ikat pinggang, maka kamu bisa mendapatkan siluet yang lebih menarik ketika menggunakan ikat pinggang. Kamu bisa membeli sendiri ikat pinggang tersebut jika ingin menggunakannya kembali setelah pernikahan. Namun pastikan bahwa kamu membeli produk yang benar-benar berkualitas agar tahan lama. 

4. Vest 

Untuk memberikan kesan yang lebih santai, kebanyakan pria enggan menggunakan jas atau tuksedo. Sebagai gantinya, mereka menggunakan vest untuk memberikan kesan yang lebih rapi. Lebih sering disebut sebagai rompi, vest pernikahan memiliki jenis yang beragam. 

Kamu bisa menanyakan kepada vendor persiapan pernikahan yang mengurusi busana pernikahanmu, apakah mereka menyediakan aksesoris pengantin laki-laki yang satu ini. Jika tidak, kamu bisa membelinya sendiri, sebab harganya juga tidak terlalu mahal. 

5. Boutonniere

Boutonniere merupakan bunga pernikahan yang digunakan oleh mempelai pria, biasanya disematkan dalam dada kiri laki-laki. Ia merupakan pasangan dari corsage, yang merupakan rangkaian bunga yang dikenakan oleh mempelai wanita di tangannya. 

Bunga yang digunakan untuk boutonniere umumnya merupakan bunga palsu, namun boleh juga menggunakan bunga yang asli. Kamu bisa memilih mana yang sesuai dengan tema pesta pernikahan yang kamu langsungkan. 

Aksesoris pengantin laki-laki ini memang biasanya disematkan di dada kiri pada bagian saku. Namun jika busana pernikahan yang kamu kenakan tidak memiliki saku, kamu bisa memasangkan aksesoris ini dengan pin, kemudian menyematkannya di bagian dada kiri bajumu. 

Tips Mengenakan Aksesoris Pengantin 

Sama seperti mempelai wanita, mempelai pria juga tidak boleh sembarangan dalam memadu padankan aksesoris yang ia kenakan. Agar tidak salah dalam menggunakan aksesoris tersebut dan tidak bertabrakan konsep dengan busana yang kamu gunakan, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan. 

  • Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Aksesoris

Usahakan kamu tidak mengenakan aksesoris yang berlebihan, jika menggunakan jam tangan, kamu tidak perlu berlebihan dalam mengenakan cincin. Tentu akan terlihat kurang serasi jika mempelai pria mengenakan banyak aksesoris dibandingkan dengan mempelai wanita. 

  • Nyaman

Kamu mungkin melihat sepatu keren yang akan tampak serasi dengan tuksedo yang hendak kamu gunakan untuk hari pernikahan. Namun setelah dicoba, ternyata aksesoris pengantin laki-laki ini tidak nyaman, Untuk itu, kamu bisa memilih sepatu lain yang lebih nyaman, sebab acara pernikahan akan memakan waktu panjang. 

Jika kamu memilih sepatu yang tidak nyaman, nantinya kamu tidak akan menikmati hari bahagia yang kamu tunggu dengan pasangan tersebut. Memilih aksesoris yang nyaman sebaiknya didahulukan dibandingkan dengan aksesoris yang terlihat modis. 

  • Gunakan Bahan yang Tepat

Setiap aksesoris tentunya dibuat dengan jenis yang berbeda, yang sesuai dengan fungsi dari aksesoris tersebut. Misalnya untuk vest, kalau kamu ingin vest lebih awet sebaiknya pilih dari bahan yang berkualitas. 

Itulah beberapa rekomendasi aksesoris pengantin laki-laki yang bisa kamu pertimbangkan untuk di pakai di hari pernikahan. Jika menggunakan aksesoris yang tepat, tidak hanya mempelai wanita yang terlihat cantik, mempelai pria juga terlihat fit dan serasi jika disandingkan bersama. 

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...