Your Smart Wedding Platform

12 Inspirasi Backdrop Pelaminan untuk Beragam Konsep Pernikahan

14 Dec 2022 | By Nurma Arum Wedding Market | 6690
Dekorasi: White Pearl Decoration

Pelaminan adalah sebuah area yang akan menjadi pusat perhatian selama acara pernikahan berlangsung karena di situlah tempat pengantin berada dan tempat berbagai prosesi dilangsungkan. Area ini biasanya terdiri dari tempat duduk meskipun ada juga yang memilih berdiri jika konsep pernikahan adalah standing party atau intimate. Kemudian, ada juga panggung kecil jika diperlukan. Yang paling penting adalah backdrop yang menjadi latar dari pelaminan ini.

Kamu bisa berkreasi dengan maksimal untuk backdrop pelaminan menyesuaikan dengan tema apa yang diangkat. Tentu saja backdrop pernikahan tradisional akan berbeda dengan backdrop yang digunakan untuk pernikahan intimate modern yang lebih minimalis. Tenang, beberapa inspirasi ini akan membantumu untuk menemukan mana yang paling cocok dengan tema yang dipilih. Yuk kita lihat!

1. Backdrop berbentuk string dengan warna klasik

Dekorasi: Elior Design

Backdrop yang satu ini membiarkan pemandangan di bagian belakang tetap terlihat karena transparan, tapi tetap memiliki aksen string yang menjuntai dengan cantik. Pastikan memilih string dengan bahan yang kuat ya sehingga tidak mudah putus walaupun mungkin dibuat dengan tipis. Pemilihan warna juga tak kalah penting dalam backdrop ini. Warna yang dipilih adalah gold dan putih karena ingin memunculkan kesan klasik.

2. Backdrop dengan bentuk grid

Foto via foxtailrentals.com

Backdrop yang satu ini masih memiliki konsep yang sejenis dengan yang sebelumnya, yaitu membuatnya transparan supaya tak menutup pemandangan. Kali ini bentuk yang dipilih adalah grid dengan hiasan bunga yang menyilang di bagian tengahnya. Backdrop ini akan cocok digunakan untuk acara pernikahan luar ruangan dengan konsep simpel, privat, dan minimalis. Kamu juga bisa memakainya untuk acara pernikahan dengan konsep standing party karena tidak ada tempat duduk di pelaminan. Pengantin bisa lebih leluasa berbaur dengan tamu.

3. Backdrop dengan bunga yang menyebar

Dekorasi: Ourstory Decoration

Jika kamu perhatikan biasanya hiasan bunga pada backdrop akan dibuat berkerumun di area-area tertentu, misalnya di sudut, di tengah, atau dibuat menyilang. Ternyata kamu bisa membuat bunga-bunga tersebar di papan backdrop untuk tampilan yang beda dari yang lain, lo. Supaya masih memiliki center of interest, kamu bisa menambahkan tiang kayu persegi seperti pada gambar.

4. Backdrop dari kertas yang artistik

Foto via greenweddingshoes.com

Ingin membuat pernikahanmu naik level? Backdrop dari bahan kertas seperti ini akan membuat suasana pernikahan jadi semakin artistik. Bahkan, kamu bisa membuatnya sendiri alias dengan DIY, lo. Jika ingin menggelar pernikahan dengan menekan bujet dalam konsep intimate serta memiliki keterampilan dalam bidang kreasi, kamu wajib mencobanya. Pastikan menggelar pesta pernikahan bukan di musim hujan ya jika tak ingin backdrop ini bubar sebelum acara selesai.

5. Backdrop kain putih

Dekorasi: It's True Design Styling

Kain putih polos ternyata bisa dikreasikan menjadi backdrop yang cantik. Pilih kain berbentuk persegi panjang dan kamu bisa menatanya secara bersilang. Manfaatkan barang di sekitar yang sudah ada, seperti tembok atau tiang yang berdiri sejajar pada gambar. Supaya tidak terlalu polos, kamu juga bisa menambahkan bunga-bunga dengan nuansa putih dan dedaunan hijau.

6. Backdrop bunga kering untuk konsep boho

Dekorasi: Infinity Decoration

Bunga kering dapat diterapkan di berbagai bagian dari pernikahan, mulai dari brooch untuk jas, hiasan buku tamu, souvenir, dan tentu saja untuk backdrop pelaminan. Bagian ini bisa dibuat dari perpaduan antara dekorasi alang-alang, daun palem kering, dan bisa juga ditambahkan bunga kapas atau pampas.Jangan lupa taruh kursi rotan untuk duduk jika ingin mengusung konsep pernikahan ala bohemian.

7. Backdrop menggunakan makrame

Dekorasi: Our Story Decoration

Masih mengusung tema bohemian, kamu juga bisa mempertimbangkan menggunakan makrame untuk mendekorasi backdrop pelaminanmu. Kamu bisa menggantungkannya di tiang kayu dan memadukan dengan berbagai properti di sekeliling. Sebenarnya, selain digunakan untuk pesta di luar ruangan, kamu juga bisa kok menggunakan hiasan yang satu ini saat pesta digelar di dalam gedung atau bangunan.

8. Backdrop dengan kain yang “berantakan”

Dekorasi: Keola Project

Backdrop yang satu ini dibuat dari pergola berbentuk setengah lingkaran yang dihias dengan kain berwarna cokelat. Kain ini sengaja dibuat “berantakan” untuk menambah kesan artistik dan membuatnya lebih natural. Cocok digunakan untuk pernikahan yang digelar di siang maupun malam hari.

9. Backdrop mewah dengan chandelier

Dekorasi: Elior Design

Selain manis, dekorasi ini juga terlihat mewah dengan tiga buah chandelier yang digantung di area pelaminan. Perpaduan antara warna merah muda dengan gold juga mempertegas kesan mahal pada dekorasi. Tak kalah penting, untukmu yang menyukai elemen dalam bentuk simetris, backdrop ini akan sempurna untukmu.

10. Backdrop bernuansa icy yang dingin

Dekorasi: White Pearl Decoration

Ingin menggelar pernikahan bak di negeri es? Kamu bisa memilih warna biru ini untuk menggantikan warna putih yang mungkin terkesan biasa bagi beberapa orang. Untuk menambahkan kesan dreamy, kamu juga bisa menaruh bunga-bunga dengan warna pastel yang cantik di permukaannya. Saat berdiri di tengahnya, kamu akan tampak seperti putri dari negeri es yang anggun.

11. Backdrop ala adat Minang

Dekorasi: Suryo Decor

Setiap adat biasanya memiliki cara sendiri untuk menata pelaminan, termasuk pernikahan dengan adat Minang. Salah satu yang tak boleh ketinggalan adalah backdrop dalam bentuk kain-kain bersulam emas dan memiliki motif ukiran Minang. Kain ini biasanya dibuat berlapis-lapis sehingga membentuk pola yang cantik.

12. Backdrop megah berbentuk candi

Dekorasi: Suryo Decor

Jika mendapatkan akses dan izin, beberapa orang bisa menggelar pernikahan di candi sungguhan. Namun, beberapa yang lain mungkin sulit mewujudkannya karena kendala izin maupun akomodasi karena letaknya yang jauh. Untuk mengatasi hal ini, ternyata kamu bisa membawa candi ke dalam ruangan, lo. Ya, ada vendor dekorasi yang bersedia membangunkan replika candi untuk backdrop pernikahan yang megah di pernikahanmu. Tanpa perlu banyak hiasan tambahan pun dijamin semuanya sudah cantik paripurna.

Nah, itu dia beberapa inspirasi dekorasi backdrop pelaminan yang tentunya bisa kamu sesuaikan dengan konsep acara secara keseluruhan, bisa modern hingga tradisional. Yang mana yang jadi favoritmu?


Artikel Terkait



Artikel Terbaru